Jangan Dibuang! Manfaat Kulit Buah Nanas untuk Pertanian

20 Sep 2022 16:35 928 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kegunaan Dari Kulit Buah Nanas Yang Difermentasi Untuk Kepentingan Pertanian

Seperti diketahui bahwa kulit buah nanas terkenal dengan kandungan antioksidan, serat, protein dan nanoselulosa. Kandungan yang terakhir yaitu nanoselulosa mempunyai fungsi dalam berbagai bidang seperti pada industry makanan, farmasi dan medis. Saat ini kulit buah nanas lebih banyak digunakan dengan cara memfermentasinya. Berikut adalah manfaat yang bisa diperoleh dari fermentasi kulit buah nanas.

Menjadikan Pupuk Organik Cair / POC

Pupuk yang beredar di pasaran saat ini bisa dibedakan menjadi pupuk organik dan pupuk anorganik. Pupuk organik lebih banyak dijadikan pilihan oleh masyarakat saat ini mengingat ada banyak efek samping pada pemakaian pupuk anorganik. Penelitian yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian RI merilis bahwa penggunaan pupuk anorganik secara terus menerus dan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan pada lingkungan. Kerusakan yang dimaksudkan adalah tanah media tanam menjadi lebih keras dan mikroorganisme yang mempengaruhi jumlah unsur hara yang diperlukan oleh tanaman menjadi berkurang. Alternatif yang bisa ditawarkan dengan adanya kekurangan pada pupuk anorganik ini adalah mulai beralih menggunakan pupuk organik. Adalah kulit buah nanas bisa dijadikan sebagai salah satu sumber pupuk organik. Sebagai salah satu limbah dari rumah tangga, maka dirasa tepat guna apabila kulit buah nanas diolah menjadi salah satu jenis pupuk organik. Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui manfaat dari penggunaan pupuk organik cair / POC yang berasal dari kulit buah nanas ini.  

Kulit buah nanas sebagai POC ternyata mengandung unsur lengkap seperti unsur hara mikro yaitu Fe (besi), boron, mangan, seng dan klor. Pada masing-masing tanaman biasanya akan membutuhkan unsur hara mikro seperti N, P dan K sekitar 0,3 hingga 5 % tergantung dari jenis dan berat tanamannya. Kandungan gula dalam kulit buah nanas bisa mencapai angka 10 gram ditambah kandungan B3, dimana zat ini dibutuhkan oleh tanaman agar lebih kebal terhadap hama yang menjadi sumber berbagai jenis penyakit.

Cara membuat POC dari kulit buah nanas adalah sebagai berikut :

  • Siapkan kulit buah nanas lalu potong menjadi bagian yang kecil-kecil (cincang kasar). Masukkan kulit nanas ini ke dalam urban komposer. Campurkan dekomposer untuk membuat pupuk organik seperti bokashi fermentasi. Tutup lubang dekomposer antara 5 hingga 10 hari.
  • Pada hari ke 11 buatlah perbandingan 1:100 pada POC kulit nanas dan air untuk mengurangi tingkat keasamannya. POC siap digunakan.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel