Buah Naga dan Efek Ajaibnya untuk Rambut

19 Sep 2022 14:35 1296 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Rambut Berkilau Dengan Maksimalkan Khasiat Kulit Buah Naga

Buah naga adalah salah satu jenis buah yang memiliki bentuk unik yaitu berkulit bersisik menyerupai kulit hewan suci dari China yaitu naga sehingga bauh ini diberi nama buah naga yang memiliki nama latin adalah heloserkus undatus. Tanaman ini berasal dari Meksiko di Amerika Tengah dan USA yang semula ditemukan tumbuh liar di tengah hutan dan dikira hanyalah sebagai tanaman kaktus biasa. Suku Indianlah yang mempunyai inisiatif untuk memulai memakan buah yang termasuk ke dalam kelompok tanaman kaktus ini. Saat ini banyak dilakukan penelitian yang telah berhasil dilakukan untuk mengetahui kandungan buah naga secara mendalam. Kulit buah naga mengandung zat seperti antioksidan, vitamin dan nutrisi yang melimpah lainnya sehingga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Baru-baru ini ditemukan manfaat kulit dari buah naga yaitu sebagai media untuk membuat rambut tumbuh sehat dan indah alami. Nah berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat dari kulit buah naga jika digunakan untuk perawatan rambut terutama pada kelompok perempuan.

 

1/ Membantu memperbaiki kerusakan pada rambut

Kerusakan rambut sering terjadi karena adanya penggunaan pewarna rambut dan pemakaian alat pemanas secara berlebihan pada rambut. Juga adanya gaya hidup tidak sehat berperan dalam memperparah kerusakan yang terjadi pada rambut. Jika diabaikan begitu saja maka bisa berdampak buruk pada rambut akan terjadi kerusakan jangka panjang yang menyebabkan kebotakan karena banyaknya rambut yang rontok. Rambut yang mengalami kerontokan biasanya bersifat kering dan rapuh. Nah kandungan nutrisi dalam kulit buah naga bisa dijadikan sebagai salah satu kondisi untuk mengatasi masalah ini. Nutrisi pada kulit buah naga dipercaya ampuh untuk memperbaiki rambut rusak dan mencegah terjadinya kerusakan lebih parah.

 

2/ Membantu mencegah kerusakan pada rambut

Rambut rontok adalah kondisi buruk terhadap rambut yang paling dikhawatirkan terjadi pada kelompok perempuan yang membutuhkan rambut sebagai mahkota untuk mempercantik diri. Rontok yang terjadi pada rambut biasanya disebabkan oleh lemahnya folikel rambut. Untuk dapat memperkuat folikel rambut bisa memanfaatkan kulit buah naga sebagai masker rambut yang dipakai secara rutin tiga kali dalam seminggu akan dapat membantu memperkuat folikel rambut. Folikel rambut yang kuat tentunya akan mengurangi bahkan menghilangkan kerontokan yang terjadi pada rambut.

 

3/ Membantu mencegah rambut kering dan bercabang

Di samping mencegah rambut rontok, vitamin C pada kandungan kulit buah naga bermanfaat untuk mencegah rambut kering dan bercabang. Kandungan vitamin C secara praktis berperan dalam melindungi rambut dari radikal bebas. Radikal bebas inilah yang berperan aktif untuk membuat rambut bercabang.

 

Cara Aplikasikan Kulit Buah Naga Untuk Rambut

Bagaimanakah cara untuk mengaplikasikan kulit buah naga yang kaya akan manfaat untuk rambut sehat dan indah secara alami ? Berikut adalah tips yang disarankan oleh pakar kecantikan, silahkan menyimaknya.

  • Buatlah jus dari kulit buah naga. Dalam membuat jus kulit buah naga perhatikan tingkat kekentalannya. Jangan membuat terlalu encer karena akan sulit diaplikasikan.
  • Setelah jus kulit buah naga sudah tersedia silahkan oleskan secara merata pada rambut lalu diamkan selama kurang lebih 45 menit.
  • Tutupi rambut dengan showercap dan diamkan selama beberapa menit saja.
  • Agar mendapatkan hasil yang maksimal bilas rambut setelahnya dengan air hangat-hangat kuku. Bisa juga membilas dengan air es yang sangat dingin.
  • Lakukan hal ini satu minggu 2 sampai dengan 3 kali sebelum keramas dan gunakan sahmpo yang tepat sesuai dengan jenis rambut anda.

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags kecantikan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel