Kulit Pepaya untuk Wajah Sangatlah Berarti

23 Sep 2022 11:18 216 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Khasiat Dari Kulit Pepaya Untuk Mendapatkan Kulit Wajah Yang Sehat Alami

Yang dimaksud dengan papaya adalah salah satu jenis buah yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Nikaragua mempunyai nama latin yaitu Carica Papaya L. berdaging berasa manis segar karena kaya akan kandungan air. Bentuk buah rata-rata tidak terlalu besar tetapi ketika sudah matang di pohon akan mengeluarkan aroma wangi dan inilah yang membuat buah ini banyak disukai oleh orang. Meskipun demikian ternyata memakan buah pepaya setiap hari dapat menimbulkan masalah berupa limbah rumah tangga yang berasal dari kulit buah pepaya. Namun saat ini jangan terlalu mengkuatirkan masalah ini karena kulit buah pepaya yang biasanya berakhir di tempat sampah ternyata masih bisa diolah dan dimanfaatkan untuk berbagai hal yaitu salah satunya adalah bagus untuk menjaga kesehatan kulit terutama pada area wajah karena memiliki kandungan vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E dan enzim papain. Berikut adalah manfaat dari kulit pepaya yang dapat kami jelaskan secara singkat.

1/ Membantu menghilangkan jerawat

Kulit pepaya matang di pohon bagus untuk menghilangkan jerawat. Ini disebabkan adanya kandungan enzim papain dan cymopapain yang terkandung dalam kulit pepaya matang di pohon yang dapat mengurangi peradangan. Papain sendiri bersifat melarutkan protein dimana enzim ini seringkali ditemukan dalam beragam produk eksfoliasi untuk kulit. Enzi mini bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit. Kulit setelahnya akan menjadi bersih dan pori-pori kulit secara langsung lebih mudah menerima produk skincare yang sedang anda gunakan saat ini. Kulit pepaya juga berfungsi untuk menghilangkan keratin yang rusak sehingga menumpuk pada kulit dimana ini akan menjadi cikal bakal terbentuknya benjolan-benjolan kecil bernama jerawat. Dengan sifatnya ini maka kulit buah pepaya dipercaya ampuh untuk memperbaiki jaringan parut. Kulit buah pepaya juga banyak mengandung vitamin A yang telah teruji bagus untuk menghilangkan jerawat.

2/ Membantu mencerahkan kulit

Manfaat kulit buah pepaya yang kedua adalah membantu mencerahkan kulit. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya memiliki sifat sebagai bahan pemutih kulit alami. Pengaplikasiannya adalah secara topical yang dapat membantu mencerahkan warna kulit. Sifatnya bisa untuk membersihkan kulit sehingga membuat kulit terbebas dari kotoran dan membantu menangkal radikal bebas.

3/ Memudarkan flek hitam pada kulit

Flek hitam pada kulit bisa saja terjadi karena beberapa hal namun yang paling sering menjadi penyebabnya adalah efek dari radikal bebas yang sering secara langsung mengenai kulit wajah. Dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang lengkap dalam kulit buah pepaya matang di pohon tentunya dapat dijadikan sebagai solusi untuk perawatan wajah. Dalam hal ini berfungsi untuk memudarkan flek hitam pada kulit.

4/ Mencegah terjadinya penuaan dini

Kandungan asam alfa hidroksil yang terkandung dalam kulit buah pepaya dapat bekerja secara efektif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan halus dan kulit kering. Ditambah lagi kandungan vitamin C dan vitamin E dapat berkolaborasi bekerja untuk selalu meremajakan kulit.

 

Cara Membuat Masker Kulit Pepaya

Bagaimanakah cara membuat bahan perawatan kulit buah pepaya ? Sangat mudah untuk dilakukan dan praktis waktu serta biaya. Berikut di bawah ini langkah-langkahnya :

Siapkan buah pepaya yang sudah matang di pohon. Lalu cuci bersih dengan air es. Kemudian ambil kulitnya saja untuk diblender. Setelah halus kemudian tambahkan madu pada jus kulit buah pepaya ini lalu aduk secara merata. Selanjutnya jus ini bisa dimanfaatkan sebagai masker pada area wajah dan leher selama 5 hingga 10 menit. Jika sudah mengering maka lanjutkan dengan membilas menggunakan air bersih yang hangat-hangat kuku dilanjutkan dengan membasuh menggunakan air es.

Begitu bermanfaatnya kulit buah pepaya ini maka disarankan untuk tidak membuang begitu saja ke tempat sampah. Hasil optimal penggunaan masker kulit buah pepaya akan Nampak jika dilakukan secara rutin tiga kali dalam seminggu. Penggunaan masker kulit pepaya akan berperan aktif untuk turut mengurangi sampah limbah rumah tangga.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 55
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel