Kurma dan Segudang Manfaatnya untuk Ibu Menyusui

22 Sep 2022 09:46 258 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Khasiat Kurma Yang Mujarab Untuk Kesehatan Ibu Menyusui, Bisa Dicoba !

 Dalam sebutir buah kurma juga terdapat serat dengan berbagai vitamin meliputi vitamin B6, vitamin C dan vitamin D. Kandungan mineralnya juga tersedia dalam beragam variasi meliputi kalium, magnesium, tembaga dan zat besi. Berbagai kandungan ini berguna untuk kesehatan tubuh, terutama bagi ibu-ibu menyusui. Pada waktu seorang ibu sedang menyusui harus dapat memastikan asupan makanannya sehat karena akan berpengaruh terhadap kualitas ASI. Buah kurma menjadi camilan sehat yang banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan ibu-ibu menyusui yang saat ini sudah mulai diolah menjadi susu buah kurma yang bagus untuk kebugaran tubuh. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat untuk mengkonsumsi buah kurma bagi ibu-ibu menyusui, antara lain sebagai berikut :

1/ Dapat meningkatkan produksi dan kualitas ASI

Banyaknya produksi dan baiknya kualitas ASI haruslah benar-benar diperhatikan oleh seorang ibu yang sedang menyusui. Ini disebabkan karena akan memberikan pengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan gizi dari anak di masa depan. Ibu menyusui haruslah mengkonsumsi makanan yang sehat dan banyak serat supaya bisa menyehatkan tubuh anak-anaknya. Buah kurma dalam hal ini menjadi salah satu jenis buah yang banyak mengandung serat, buah kurma mengandung asam amino esensial yaitu tryptophan yang berfungsi meningkatkan hormone prolactin pada ibu-ibu menyusui. Hormon ini akan membantu memperlancar produksi ASI. Trythopan dalam buah kurma berfungsi sebagai penunjang hormon seratonin yang mana ampuh untuk menetralisir fungsi dari hormon dopamin. Dengan menurunnya jumlah dopamin dalam tubuh maka pada akhirnya akan meningkatkan hormon prolaktin yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI.

2/ Membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan

Pada umumnya para ibu-ibu menyusui sering mengeluhkan kondisi sembelit yang tentu saja akan menjadi tidak nyaman dan cukup mengganggu kesehatan tubuh secara menyeluruh. Untuk bisa mengatasi keluhan sembelit ini haruslah dengan cara makan buah kaya serat yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Buah yang bisa dipilih adalah buah kurma. Dengan mengkonsumsi buah kurma yang kaya akan kandungan serat secara teratur akan membantu memperlancar sistem pencernaan. Kandungan serat di dalamnya akan memberikan nutrisi yang sehat untuk anak melalui produksi ASI.

3/ Bisa untuk membantu melawan bakteri jahat dalam tubuh para ibu-ibu menyusui

Buah kurma kaya akan kandungan antioksidan bernama fenolik. Dimana kandungan fenolik ini akan membuat buah kurma sebagai salah satu buah yang dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan para ibu-ibu menyusui yaitu dengan membantu melawan bakteri penyebab penyakit dalam tubuh. Di samping itu, antioksidan alaminya berpotensi untuk mengurangi risiko penyakit sebagai akibat stres oksidatif karena adanya radikal bebas dan infeksi. Tentu hal ini akan bermanfaat bagus untuk ibu-ibu menyusui maupun bagi anak-anak yang mengkonsumsi ASI.

4/ Bisa untuk mencegah dehidrasi pada ibu-ibu menyusui

Sangat penting bagi ibu-ibu menyusui untuk memastikan tubuh mereka terhidrasi dengan optimal. Buah kurma sendiri ternyata kaya akan kandungan air dimana per 100 gram buah kurma dapat mencukupi sekitar 22% kebutuhan air untuk tubuh. Oleh karena itu, buah kurma cocok dipilih untuk menghidrasi tubuh sehingga terhindar dari risiko dehidrasi.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 55
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel