Kreasi Masakan Olahan Daging Kurban yang Nafsu Makan Semakin Tinggi

11 Oct 2022 10:38 298 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Yuk Berkenalan Dengan Kreasi Masakan Olahan Daging Kurban Yang Beragam Dan Familiar

Sudah menjadi hal biasa jika di rumah stok daging mendadak berlimpah ketika hari menjelang atau saat Idul Adha tetapi ini adalah berkah tersendiri yang bisa dirasakan oleh masing-masing keluarga di Indonesia dan juga belahan dunia lainnya terlebih bagi mereka yang membutuhkan. Ada rasa bahagia di hati dapat dinikmati oleh mereka yang berkurban dan para tetangganya karena di akhir hari mendapatkan kiriman daging. Ada banyak kantong plastik berisikan daging yang diterima bisa berasal dari beragam bagian yang berbeda-beda atau bahkan tertentu saja. Maka sudah sewajarnya kalau kadang-kadang ada yang bingung soal olahan daging kurban apa yang akan dibuat dan dapat dinikmati bersama dengan keluarga tercinta di rumah. Bagian daging saja bisa beragam jenis apalagi kalau bertemu dengan paha, jeroan bahkan kepala. Akan ada beberapa ide resep menarik yang bisa anda coba di rumah seperti yang kami rekomendasikan tersebut di bawah ini.

1/ Masak Kikik Sapi

Ini adalah salah satu bagian paling sulit untuk diolah dari seekor sapi. Agar mendapatkan masakan yang sempurna maka langkah pertama adalah membersihkan kikil yang membutuhkan tenaga besar dan kesabaran lalu memotongnya. Beberapa kreasi olahan masakan yang dapat dibuat untuk daging kurban yang satu ini adalah tumis kikil hingga gulai tunjang yang legendaris dimana resepnya bisa dengan mudah anda temukan di internet. Kikil memiliki bagian daging meskipun jumlahnya sedikit dan ini jika benar cara pengolahannya akan menjadi empuk dan selanjutnya mudah untuk digarap.

2/ Masak Iga Sapi

Hampir sama dengan daging sengkel, bagian iga dahulu sempat kalah populer dengan daging has. Dimana pada jaman kolonial, bagian iga tidak dilirik oleh orang Belanda sehingga memberikan kesempatan bagi warga Betawi jenius untuk menciptakan masakan lezat seperti membuat soto sangkar yang saat ini menjadi olahan favorit ketika merayakan Idul Adha. Sampai hari ini masih saja ada banyak anggapan bahwa daging has adalah yang terbaik untuk dimasak, tetapi para chef kelas internasional malah justru berlomba-lomba mengolah bagian iga. Baik dari daging kambing atau sapi, banyak sudah tercipta kreasi olahan masakan iga sapi untuk Idul Adha. Seperti yang familiar adalah iga bakar berbumbu atau sop iga yang lezat.

3/ Masak Buntut Sapi

Kalau orang Jepang dikenal suka berburu grading tertinggi dari daging sapi wagyu, tetapi orang-orang Indonesia justru lebih gemar yang namanya bagian buntut. Nah buntut ini tidak selalu bisa diperoleh dengan mudah pada hari-hari biasa tetapi bisa didapat sebagai hasil bagi-bagi daging kurban saat Idul Adha yang selanjutnya bisa diolah menjadi beragam jenis masakan yang enak dan bergizi. Contohnya adalah sop buntut dan buntut bakar.

4/ Masak Sengkel Sapi

Tidak harus bagian has dalam atau has luar dari daging sapi yang menjadi masakan spesial di hari raya besar Idul Adha, karena daging bagian sengkel juga tak kalah menarik untuk dimasak menjadi sajian yang menggoda selera makan. Dikenal dengan istilah shank dalam Bahasa Inggris dan terletak di bagian kaki, sengkel cenderung lebih a lot dimasak karena berurat. Namun ini bukan berarti dagingnya tidak berkualitas atau tidak bisa dikonsumsi malahan justru sengkel bisa diolah menjadi banyak menu istimewa tetapi membutuhkan sedikit waktu tambahan dalam mengolahnya yaitu merebusnya agar bertekstur lebih lembut. Diantara ide olahan daging kurban dari bagian sengkel yang umum diolah adalah garang asem yang memiliki cita rasa khas yaitu gurih dan asam-asam pedas. Kemudian ada juga masakan khas Minang yang underrated adalah asam padeh serta masakan rumahan favorit yaitu semur sengkel merupakan resep daging kurban sederhana yang dapat menjadi alternatif seru ketika sedang merayakan Idul Adha.

Selamat mencoba.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel