Rekomendasi Minuman Asal Negara Romantis bernama Perancis

23 Sep 2022 18:25 586 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Negara Romantis, Perancis, Dengan Koleksi Minuman Khas Yang Lezat, Anda Wajib Mencoba !

Seperti diketahui bahwa Negara Perancis dikenal sebagai salah satu negara romantis yang menyimpan banyak sekali koleksi bangunan tua kokoh yang indah, bahasa yang dipakai sehari-hari oleh warganya terdengar anggun dan unik, serta beragam jenis kuliner yang bercita rasa lezat di lidah. Orang-orang Perancis sangat bangga dengan minuman anggur yang telah berhasil diekspor hingga ke berbagai negara. Namun tahukah anda bahwa minuman khas Perancis ternyata bukan hanya anggur saja ? Negara teromantis di Eropa ini memiliki selera yang menonjol soal makanan dan minuman sehingga bukan hal yang mengherankan jika sejak dahulu Perancis melahirkan beragam jenis kuliner termasuk minuman khas yang wajib untuk dicoba jika anda berkunjung ke sini. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa jenis minuman khas Perancis selain wine atau anggur yang harus dicoba jika suatu saat nanti berkunjung ke sini.

1/ Absinthe

Yang pertama adalah minuman khas Perancis bernama Absinthe yang merupakan salah satu minuman beralkohol dan pernah menjadi sangat populer pada abad ke-19. Dimana saking populernya, warga Perancis diperkirakan mengkonsumsi hingga 35 juta liter Absinthe, ketika itu. Namun minuman ini pernah dilarang untuk Absinthe merupakan minuman beralkohol yang pernah sangat populer pada abad ke-19. Saking populernya, warga Perancis diperkirakan mengonsumsi sampai 35 juta liter absinthe saat itu. Meskipun demikian, minuman ini pernah dilarang untuk diproduksi selama hampir 100 tahun karena dipercaya menyimpan sifat-sifat psikedelik tetapi kembali diizinkan untuk diproduksi kembali pada tahun 1990-an. Tempat terbagus bagi turis asing untuk berkesempatan mencicipi segelas Absinthe adalah sebuah kota kecil bernama Pontarlier yang letaknya di lereng Pegunungan Jura di Perancis. Di sinilah ada banyak dibangun pabrik-pabrik sebagai tempat penyulingan Absinthe yang juga sekaligus menyediakan tur bagi rombongan turis asing tersebut.

2/ Benedictine

Minuman khas Perancis yang kedua selain anggur / wine adalah bernama Benedictine yaitu salah satu jenis minuman beralkohol tetapi termasuk ke dalam jenis minuman tradisional / herbal yang sudah ada sejak abad ke-19 yang pertama kali diciptakan oleh Alexandra Le Grand dikenal sebagai seorang apoteker. Minuman ini dibuat dari campuran 27 tanaman rempah-rempah dimana biasanya disajikan setelah acara makan malam guna membantu pencernaan menjadi ringan usai diisi dengan makanan berat dan juga dipercaya mempunyai khasiat bagus untuk menjaga kebugaran tubuh ketika bangun keesokan hari di waktu pagi.

3/ Chartreuse

Minuman khas Perancis yang ketiga adalah bernama Chartreuses dimana pada awalnya dibuat oleh seorang pendeta bernama Carthusian dengan cara mencampurkan sebanyak 130 jenis tanaman rempah dan tanaman bunga yang banyak tumbuh liar di hutan yang ada di Perancis. Resep asli dari minuman ini hingga saat ini masih menjadi rahasia pencipta aslinya dan hanya hanya 2 orang pendeta saja yang tahu persis tanaman apa saja yang digunakan di dalamnya hingga menghasilkan cita rasa minuman yang sangat lezat. Juga minuman ini sering disebutkan sebagai minuman keluarga bangsawan Perancis dalam berbagai karya sastra sebagai minuman favorit. Namun pada kenyataannya tidak semua orang menyukai rasa minuman ini yang sangat tajam aroma rempah-rempahnya.

3/ Grand Marnier

Minuman khas Perancis yang ketiga selain wine / anggur adalah bernama Grand Marnier adalah minuman dengan rasa jeruk yang sangat kuat dibuat dari campuran bahan-bahan yaitu salah satunya dari cognac lalu melalui proses fermentasi dan diberi tambahan sirup gula dan kulit jeruk yang pahit. Minuman ini umumnya disajikan setelah makan besar pada waktu malam hari atau dinikmati sebagai koktail ketika ada acara-acara resmi seperti pesta pernikahan dan lain sebagainya. Grand Marnier merupakan salah satu minuman yang bisa difungsikan sebagai dessert. Jika dicampur dengan Brandy maka minuman ini bisa berguna sebagai bahan pembuat api palsu agar hidangan yang disajikan tampak lebih menarik dan unik.

4/ Calvados

Calvados adalah Brandy yang terbuat dari sari buah apel yang diproduksi dalam jumlah besar di daerah Normandia. Minuman ini disuling dari buah apel yang khusus berukuran jumbo dan berwarna merah yang dipilih dari lebih dari 200 varietas. Untuk dapat menyegarkan rongga mulut usai makan besar pada waktu siang atau malam hari maka anda bisa menikmati Calvados dengan perasan sedikit jeruk lemon.

5/ Chambord

Chambord sangat mudah dikenali karena rata-rata produk minuman ini dikemas dalam desain botol yang tampil mewah (elegan) tetapi cantik. Minuman ini sudah ada sejak tahun 1685 yang merupakan salah satu jenis minuman favorit Raja Louis XIV. Chambord dibuat dari campuran buah-buahan khas Eropa seperti blackberry, raspberry, black currant, raspberry hitam dan rempah jahe / vanila yang sudah direndam dalam cognac.

6/ Citron Presse

Terakhir adalah minuman khas Perancis bernama Citron Presse yaitu salah satu jenis minuman paling menyegarkan di Perancis dan cocok dinikmati ketika sedang musim panas. Minuman ini berbahan utama dari sari buah lemon yang ditambahk dengan air dan sirup gula merupakan minuman pereda haus biasa dinikmati dalam keadaan dingin. Untuk bisa mencicipi segelas minuman ini, anda bisa berkunjung ke kafe-kafe dan restoran yang ada di kota-kota besar di Perancis yang menyediakan menu minuman Citron Presse dalam gelas saji cantik yang berukuran tinggi dengan es batu berukuran kecil dan ada lubang di bagian tengahnya. Karena rasanya yang enak dan ringan, minuman ini sering digunakan sebagai bahan tambahan dalam membuat koktail.

Selamat mencicipi.

Sumber tulisan :

https://www.kerispy.com/10-minuman-khas-perancis-selain-anggur-kamu-wajib-coba/

 

Tags Wisata

About The Author

Utamii 56
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel