Ayam Goreng Thailand, Spesial untuk Akhir Pekan yang Santai

28 Sep 2022 14:55 778 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Menu Untuk Akhir Pekan Yang Istimewa, Yuk Buat Resep Ayam Goreng Thailand

Sudah bukan rahasia lagi kuliner Thailand terkenal akan kelezatannya. Ada tom yum, mango sticky rice hingga masakan ayam gorengnya yang masing-masing masakan memiliki cita rasa khas susah dilupakan oleh lidah para penggemarnya. Yang paling terkenal kelezatan masakan khas Thailand ini adalah ayam goreng Thailand kini sudah bisa anda nikmati di rumah tanpa perlu terbang jauh-jauh ke Thailand karena anda bisa membuat ayam goreng Thailand di rumah yang menonjol oleh gurihnya rasa daging ayam dan aroma kuat keluar dari baluran rempah bawang putih, taburan lada hitam dan bahan penyedap lainnya ketika memarinasi daging ayam beberapa menit sebelum digoreng garing dengan menggunakan minyak goreng yang banyak. Menyiapkan ayam goreng Thailand ini juga tidak membutuhkan waktu lama dimana yang perlu diperhatikan adalah apakah bumbu sudah benar-benar meresap ke dalam pori-pori kulit daging ayam mentah. Disarankan untuk mendiamkannya dalam rendaman bumbu pelezat selama satu malam atau 12 jam.

Seperti diketahui bahwa daging ayam adalah menjadi sumber pangan paling populer bagi warga masyarakat di Indonesia dan dunia. Ini disertai dengan fakta tentang banyaknya jumlahnya daging ayam telah dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yaitu sebesar 3 juta ton dan akan terus mengalami peningkatan berdasarkan survey Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2018. Berbagai olahan makanan dengan bahan dasar daging ayam telah banyak dijual dan dinikmati. Selain enak rasanya, ukuran daging ayam rata-rata cukup besar menjadi idaman bagi semua orang. Juga harga sepotong daging ayam di beberapa restoran terbilang lebih murah dibandingkan daging sapi.

Ada sebagian orang menyebut bahwa mengkonsumsi daging ayam terlalu sering dalam jumlah yang berlebihan dan disertai dengan cara pengolahan yang salah akan memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan tubuh. Padahal berbagai nutrisi terkandung di dalam daging ayam mentah apalagi jika sudah diolah dengan cara sehat. Nah untuk anda yang menyukai mengkonsumsi daging ayam, melalui artikel kami kali ini akan merekomendasikan satu resep pilihan berupa ayam goreng yang bisa dimanfaatkan kandungan nutrisi di dalamnya secara maksimal untuk kesehatan tubuh di samping rasanya yang bikin anda dan keluarga ketagihan.

Resep Ayam Goreng Thailand

Bahan utama adalah :

  • 400 gram daging ayam mentah bagian paha bawah atau sayap.
  • 2 lembar daun pandan diikat simpul.
  • Minyak goreng secukupnya.

Bahan perendam adalah :

  • ½ bungkus Royco Ayam Goreng Belacan.
  • 3 siung bawang putih.
  • 1 sdm air jeruk nipis.
  • 1 sdm minyak goreng.
  • 5 sdm daun ketumbar dicincang halus.
  • ½ sdm merica hitam bubuk.

Bahan pelengkap adalah :

  • Jawara Saus Sambal Extra Hot.

Cara memasaknya adalah :

1/ Masukkan daging ayam yang telah dibersihkan ke dalam mangkuk besar lalu tambahkan semua bahan perendam sambil aduk-aduk hingga merata. Diamkan minimal 1 jam hingga 12 jam.

2/ Panaskan minyak goreng lalu masukkan daging ayam yang telah dimarinasi.

3/ Masak hingga warnanya berubah keemasan lalu angkat dan tiriskan.

4/ Sajikan bersama dengan Saus Sambal Jawara Extra Hot untuk menambah kelezatan sajian. Membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk 4 porsi.

Selamat mencoba.

Sumber tulisan :

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel