Resep Tumis Terong Ungu Ikan Teri, Lezat dan Jadi Andalan di Tanggal Tua

12 Oct 2022 17:00 701 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Menu Andalan Ibu Rumah Tangga Di Tanggal Tua : Resep Tumis Terong Ungu Ikan Teri, Silahkan Dicoba

Akan semakin mengundang selera makan jika sayur terong ungu dimasak bersama ikan teri. Melalui artikel ini akan kami rekomendasikan salah satu resep menumis sayur terong ungu yang bisa dijadikan sebagai menu pelengkap acara makan siang atau makan malam di rumah dengan keluarga. Tumis terong ungu ikan teri rasanya nikmat yaitu gurih dan perpaduan beragam rempah yang digunakan untuk membalur semakin mempertajam rasa di lidah. Di samping kaya rasa, tumis sayur terong ungu ikan teri mudah dimasak yang tidak membutuhkan waktu lama untuk mengolahnya. Bahan-bahan yang digunakan juga mudah dibeli di pasar tradisional atau supermarket. Dengan tambahan tumisan bawang putih, bawang merah, cabai hijau dan cabai merah keriting membuat masakan ini semakin mantap disantap.

Seperti diketahui bahwa terong ungu adalah termasuk ke dalam salah satu jenis terong yang mempunyai kulit berwarna ungu. Jenis terong yang satu ini menyimpan rasa yang lezat terutama jika dimasak menjadi sambal balado terong. Kulit terong ini lebih tebal jika dibandingkan dengan jenis terung lainnya seperti terung hijau. Justru karena itulah ketika digoreng untuk balado justru bisa menambah sensasi seakan-akan bisa dikupas seperti buah pisang. Manfaat terong ungu untuk kesehatan ada banyak sekali seperti terong ungu diyakini bisa meningkatkan stamina dan merangsang antibody agar bergerak lebih aktif dalam melawan penyakit. Sayuran ini juga ampuh sebagai antioksidan yang akan menghindarkan anda dari berbagai infeksi dan gangguan penyerapan gizi.

Terong ungu memiliki kekurangan yaitu mengeluarkan bau yang lebih menyengat dibandingkan terong hijau. Secara pemanfaatan sebagai bahan masakan pun lebih monoton untuk pemula. Tetap saja sayuran ini mempunyai banyak penggemar karena kandungan gizi di dalamnya sayang anda lewatkan dan jika profesional mengolahnya akan menghasilkan rasa masakan yang enak.

Resep Praktis Tumis Terong Ungu Ikan Teris

Bahan yang digunakan adalah sebagai berikut :

  • 2 buah terung ungu belah 2 iris 1 cm
  • 4 butir bawang merah cincang kasar
  • 2 siung bawang putih cincang kasar
  • 1 buah cabai merah keriting iris tipis-tipis
  • 1 buah cabai hijau iris tipis-tipis
  • 4 sdm Bango Kecap Manis Light
  • 30 gram ikan teri goreng garing
  • 2 sdm minyak

Cara memasaknya adalah sebagai berikut :

1/ Pertama-tama tumis bawang merah, bawang putih dan cabai merah di atas api sedang hingga harum.

2/ Masukkan terung dan cabai hijau lalu masak gingga terung bertekstur lembut tandanya sudah matang.

3/ Barulah tambahkan Bango Kecap Manis Light kemudian aduk-aduk rata agar semua bahan tercampur merata.

4/ Masak bersama dengan ikan teri. Hidangkan setelah semua bahan matang dan tercampur merata. Untuk 4 porsi yang membutuhkan waktu memasak sekitar 30 menit.

Selamat mencoba.

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 57
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel