Macam-Macam Format Gambar

7 Sep 2022 12:25 771 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selain JPEG dan PNG ada berbagai macam jenis format gambar

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Kalian pasti sering menggunakan gambar atau foto untuk berbagai macam kebutuhan seperti foto profil pada medsos. Beberapa dari kalian mungkin hanya mengetahui 2 jenis format gambar, yaitu PNG dan JPG. Tapi tahukah kalian bahwa ada beragam jenis format gambar selain PNG dan JPG. Dan setiap jenis format gambar dioptimalkan untuk kegunaan yang berbeda. Nah tanpa basa-basi yang lebih lanjut, berikut adalah macam-macam format gambar yang sering digunakan.

RASTER VS VEKTOR

Sebelum menjelajahi lebih lanjut, kita harus tahu apa itu raster dan vektor.

  • Raster

Gambar raster adalah gambar yang terdiri dari grid kecil, atau titik-titik persegi yang disebut piksel. Setiap piksel berisi warna yang tertata untuk membuat sebuah elemen visual. Semakin tinggi resolusinya, semakin detail gambar yang dihasilkannya. Gambar raster biasanya berukuran lebih besar dari vektor. Contoh format dari raster adalah JPEG, GIF dan PNG.

  • VEKTOR

Gambar vektor adalah gambar yang disusun dari jalur atau garis didasarkan pada persamaan matematika. Jalur yang dimaksud yaitu adanya titik awal dan akhir yang dihubungkan oleh garis dan kurva. Setiap jalur bisa berisi berbagai properti seperti warna guratan, warna isian, dan isian. Karena gambar vektor ditentukan oleh algoritme, pengguna dapat meningkatkan skalanya tanpa menurunkan kualitasnya. Contoh format dari vektor adalah EPS, SVG, dan AI.

EKSTENSI GAMBAR

  • JPEG dan JPG

JPEG atau Joint Photography Expert Group adalah format gambar raster dengan kompresi lossy, yang berupa flat image atau pengeditan yang disimpan dalam satu lapisan. Format JPEG biasanya digunakan untuk menyimpan gambar pada kamera digital yang tidak mengharuskan melakukan banyak pengeditan.

  • PNG

PNG atau Portable Network Graphics adalah format gambar raster dengan kompresi lossless yang membuat gambar PNG memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan JPEG karena kualitas dan data aslinya akan dipertahankan meskipun sudah dikompres.

  • BMP

BMP atau Bitmap adalah format gambar raster yang mendistribusikan piksel individu, sehingga menampilkan sedikit atau tidak ada kompresi pada file. Ukuran file BMP lebih besar dan tidak praktis untuk disimpan dan kualitasnya tidak jauh lebih baik dibandingkan gambar raster lainnya seperti PNG.

  • GIF

GIF atau Graphic Interchange Format adalah format gambar raster dengan kompresi lossless yang menyajikan 8 bit per piksel dan hanya bisa menampilkan 256 warna. Karena keterbatasan ini, ukuran GIF cukup kecil dan cocok untuk membuat konten animasi pendek.

  • TIFF

TIFF atau Tagged Image File Format adalah format gambar raster yang mendukung kompresi lossy, tapi banyak orang yang biasa menggunakan TIFF sebagai lossless. Format TIFF biasanya digunakan untuk printing karena kualitasnya yang tinggi.

  • RAW

RAW adalah format gambar yang digunakan pada kamera digital untuk menyimpan gambar berkualitas penuh.

  • SVG

SVG atau Scalable Vector Graphics adalah format gambar berbasis vektor yang kualitas gambarnya tidak akan menurun ketika diperbesar. Format SVG ini berbasis XML yang dioptimalkan untuk grafik 2D dan web publishing. Format gambar SVG tidak cocok untuk menampilkan dan mencetak gambar kompleks dengan color depth tinggi karena dirender menggunakan titik dan jalur.

  • PDF

PDF atau Portable Document Format adalah format gambar vektor dengan kompresi lossless yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar sejauh yang pengguna mau. Meskipun lebih terkenal sebagai format dokumen, format PDF bisa digunakan untuk gambar dan ilustrasi.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel