Perbedaan USB 2.0 dan 3.0

2 Sep 2022 15:35 1401 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
USB 2.0 dan 3.0 memiliki beberapa perbedaan meskipun namanya serupa

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Pasti beberapa dari kalian menganggap kabel USB itu sama saja. Hal ini dikarenakan kabel USB memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai penghubung alat-alat elektronik dan untuk transfer data antara 2 device. Padahal, ada banyak jenis USB. Beberapa dari contohnya adalah USB 2.0 dan USB 3.0. Nah apakah kalian sudah tau perbedaan dari kedua USB ini? Jika belum, disini kita akan memaparkan perbedaan antara keduanya.

  • Metode Transfer Data

Perbedaan pertama antara USB 2.0 dan USB 3.0 adalah metode transfer datanya. Pada USB 2.0 menggunakan metode half-duplex. Pada metode ini, data ditransmisikan atau diterima melalui 2 arah. Hanya saja prosesnya tidak berjalan secara bersamaan. Sedangkan pada USB 3.0 menggunakan metode full-duplex. Pada metode ini, data yang ditransmisikan dan diterima pada waktu yang bersamaan. Hal ini membuat proses pemindahan dan penerimaan data lebih cepat dan efisien.

  • Kecepatan Transfer Data

Perbedaan kedua antara USB 2.0 dan USB 3.0 adalah kecepatan transfer data. USB 3.0 unggul dengan kecepatan pengiriman data sampai 4.8 Gbps. Dibandingkan USB 2.0 yang hanya menyentuh angka 480 Mbps. Hal ini dikarenakan USB 3.0 menggunakan teknologi yang lebih muktahir disbanding USB 2.0. Namun perlu diingat bahwa kecepatan transfer pada kedua USB juga tergantung pada device yang terkoneksi.

  • Daya dan Efisiensi

Perbedaan ketiga antara USB 2.0 dan USB 3.0 adalah dalam jumlah daya dan efisiensi daya yang dihasilkan. USB 2.0 mampu mengalirkan arus hingga 500 mA sedangkan USB 3.0 mengalirkan arus yang lebih besar yaitu menyentuh 900 mA. Dari segi efisiensi daya, USB 3.0 memiliki efisiensi yang lebih baik dengan keadaan siaga dan penghilangan daya sepenuhnya begitu USB tidak terpakai lagi. Jika kalian mencari USB yang memiliki daya, kecepatan transfer dan efisiensi yang baik, maka USB 3.0 adalah pilihan terbaik.

  • Bentuk Kabel USB

Perbedaan keempat antara USB 2.0 dan USB 3.0 adalah pada bentuk fisik kabel. Jika kalian memperhatikan dengan seksama. Kabel USB 3.0 dilengkapi konektor berwarna biru pada dalam port yang bisa terlihat dari luar. Sedangkan pada kabel USB 2.0 tidak memiliki warna khas pada bagian dalam port. Perlu kalian ketahui bahwa USB 3.0 tidak dapat dipakai untuk colokan USB 2.0 dan begitupun sebaliknya.

  • Ukuran dan Penampang Port

Perbedaan kelima antara USB 2.0 dan USB 3.0 adalah pada bentuk port antara kedua jenis USB. Ukuran dan penampang pada USB 2.0 jauh lebih kecil dibanding dengan USB 3.0. Hal ini dikarenakan komponen pada USB 3.0 jauh lebih banyak dibandingkan USB 2.0. Terutama USB 3.0 yang menawarkan transfer data yang cepat.

  • Harga

Perbedaan keenam antara USB 2.0 dan USB 3.0 adalah pada segi harga. Harga USB 2.0 di pasaran jauh lebih murah dibandingkan USB 3.0. hal ini dikarenakan USB 3.0 dapat melakukan transfer data yang jauh lebih cepat dibandingkan USB 2.0.

  • Kesimpulan

Jika kalian sering menggunakan kabel USB untuk melakukan transfer data yang besar, USB 3.0 bisa menjadi pilihan karena memiliki kecepatan transfer yang cepat dan baik. Sehingga dapat menghemat waktu proses transfer data. Namun, jika kalian memiliki budget yang terbatas dan hanya digunakan untuk mentransfer data kecil seperti dokumen, USB 2.0 sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan kalian.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel