Competitor Android yang Gugur

2 Sep 2022 11:15 736 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Windows Phone adalah kompetitor dari Android dan IOS yang telah gagal di pasar dunia

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Kalian pasti sudah mengenal dengan Android dan IOS. OS yang digunakan pada hampir semua smartphone saat ini. Mereka berdua sudah menjadi rival sejak awal diperkenalkan. Tapi tahukah kalian jika dulu ada satu kompetitor lainnya yang sudah gugur?

Beberapa dari kalian mungkin sudah tahu siapa kompetitor ini, bagi yang belum tahu disini kita akan membahas kompetitor Android dan IOS yang telah gugur yaitu Windows Phone.

PENGERTIAN

Windows Phone atau kerap disebut WP adalah keluarga OS Mobile yang dikembangkan oleh Microsoft untuk smartphone dan sebagai pengganti Windows Mobile dan Zune. Windows Phone menghadirkan UI baru yang berasal dari Metro Design Language. Berbeda dengan Windows Mobile, Windows Phone ditujukan untuk pasar konsumen bukan pasar enterprise atau perusahaan. Windows Phone pertama kali dirilis pada Oktober 2010 bersama Windows Phone 7.

SEJARAH

  • Windows Phone 7

Versi pertama dari Windows Phone diumumkan pada 15 Februari 2010 di Barcelona, Spanyol dan dirilis secara publik pada 8 November 2010 di Amerika Serikat.

Setelah beberapa bulan, Microsoft memberikan pembaruan Windows Phone yaitu Windows Phone 7.5 Mango yang dirilis pada Mei 2011. Pembaruan ini membawa beberapa perubahan terutama pada penggunaan aplikasi dan penambahan browser utama Microsoft yaitu Internet Explorer 9 versi mobile,

Perangkat Windows Phone 7 tidak bisa diupgrade ke Windows Phone 8 karena limitasi hardware. WP 7.8 dirilis sebagai stopgap di 2013 untuk menyertakan beberapa fitur UI dari Windows Phone 8.

  • Windows Phone 8

Pada 29 Oktober 2012, Microsoft meluncurkan Windows Phone 8. Windows Phone 8 menggantikan arsitektur berbasis Windows CE sebelumnya dengan yang berbasis kernel Windows NT dengan banyak komponen yang digunakan bersama dengan Windows 8.

Pada 2 April 2014, Microsoft mengumumkan Windows Phone 8.1. Pada Windows Phone 8.1 Microsoft memberikan fitur baru seperti notification center, Internet Explorer 11, memisahkan kontrol volume dan opsi untuk skin dan menambah kolom live tiles pada Start Screen. Windows Phone 8.1 pun memperkenalkan Cortana, voice assistant mirip dengan Siri dan Google Now.

  • Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile diumumkan Microsoft pada 21 Januari 2015 sebagai OS untuk smartphone dan tablet yang bekerja pada ARM architecture. Windows 10 Mobile menekankan perangkat lunak menggunakan Universal Windows Platform (UWP), yang memungkinkan aplikasi dirancang untuk digunakan di beberapa keluarga produk berbasis Windows 10 dengan kode, fungsionalitas, dan adaptasi yang hampir identik untuk metode input yang tersedia.

FITUR

  • UI

Windows Phone menggunakan UI berdasarkan Metro Design Language Microsoft dan terinspirasi dari UI Zune HD. Beberapa fitur pada Windows Phone diorganisir menjadi “hubs”, yang menggabungkan konten lokal dan online melalui integrasi Windows Phone dengan jejaring sosial populer seperti Facebook, Windows Live dan Twitter.

  • Text Input

Pengguna memasukkan text melalui virtual keyboard pada layar yang mempunyai kunci yang terdedikasi untuk memasukan emoticons, dan memiliki fitur pengecekan ejaan dan prediksi kata.

  • Web Browser

Internet Explorer memungkinkan pengguna untuk mempertahankan list dari web pages favorit dan tiles yang menghubungkan ke web pages pada Start Screen.

  • Kontak

Kontak diorganisir melalui "People Hub", dan dapat dimasukkan secara manual ke dalam kontak atau diimpor dari Facebook, Windows Live Contacts, Twitter, LinkedIn, Google, dan Outlook.

  • Cortana

Setiap Windows Phone memiliki tombol Pencarian fisik khusus atau tombol Pencarian di layar, yang sebelumnya disediakan untuk aplikasi Pencarian Bing, tetapi telah diganti pada perangkat Windows Phone 8.1 dan kemudian di Inggris dan Amerika Serikat oleh Cortana.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel