Rekomendasi Paling Umum untuk Jenis Obat Alergi Gatal Ringan di Apotek

6 Sep 2022 10:20 1495 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Rekomendasi Paling Umum Untuk Jenis Obat Alergi Gatal Ringan Di Apotek

Ketika anda tiba-tiba terserang alergi, maka tubuh dapat secara langsung bereaksi dengan munculnya rasa gatal-gatal di bagian tertentu atau sekujur tubuh. Reaksi ini tentu saja akan menimbulkan easa kurang nyaman dan jika diabaikan begitu saja dapat mengganggu aktivitas keseharian anda. Kondisi buruk seperti ini harus segera diobati dengan mengunjungi dokter kulit atau membeli obat alergi di apotek guna membantu meredakan iritasi pada kulit. Jika memilih untuk membeli saja obat alergi gatal pada kulit ke apotek, biasanya yang dianjurkan oleh dokter adalah obat yang mengandung bahan seperti kortikosteroid, calamine atau antihistamin. Terdapat juga ragam bentuk obat mulai dari bentuk tablet, sirup, krim atau salep dan bedak. Nah sebelum memutuskan untuk membeli salah satu jenis obat, yuk cek rekomendasi nama beberapa obat alergi gatal paten yang dapat anda beli di apotek berikut di bawah ini.

 

1/ Orphen

 

Yang pertama adalah Orphen adalah salah satu jenis obat yang mengandung zat aktif yaitu chlorpheniramine maleat yang ampuh mengatasi anafilaksis atau reaksi alergi berat. Obat ini memiliki fungsi untuk meredakan pilek, mata berair, bersin-bersin dan gatal yang disebabkan oleh alergi seperti dalam kondisi radang selaput lendir / rhinitis alergi atau hay fever. Zat klorfeniramin di samping untuk meredakan alergi seperti rhinitis juga bagus sebagai obat untuk meredakan alergi pada kulit seperti biduran / urtikaria dan gatal karena gigitan serangga. Orphen kaplet merupakan obat bebas terbatas yang penggunaannya tidak membutuhkan resep dokter. Konsumsi obat sesuai petunjuk dan aturan pakai pada kemasan. Rentang harga yang ditawarkan adalah Rp.125.000.

 

 

 

2/ Cetirizine

 

Cetirizine adalah salah satu jenis obat yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis alergi. Obat ini bekerja dengan cara mengurangi efek reaksi alergi yang dikeluarkan oleh tubuh / histamin. Tergolong ke dalam obat keras, Cetirizine harus diperoleh melalui resep dokter. Obat ini mempunyai efek samping antara lain menimbulkan sakit kepala, mengantuk, mulut kering dan gangguan pencernaan ringan. Obat ini dilarang dikonsumsi pada pasien dengan gangguan ginjal berat. Rentang harga yang ditawarkan adalah Rp.65Obat ini dilarang dikonsumsi pada pasien dengan gangguan ginjal berat. Rentang harga yang ditawarkan adalah Rp.65.000.

 

3/ Hydrocortisone

 

Ini adalah obat alergi dalam bentuk krim merupakan obat untuk berbagai macam kondisi buruk pada kulit seperti alergi, dermatitis, ruam kulit dan gatal pada bagian luar alat kelamin wanita. Hidrokortison termasuk ke dalam kelas obat yang disebut dengan istilah kortikosteroid. Obat ini menyimpan aktivitas anti inflamasi atau melawan peradangan dan imunomodulator serta bisa menekan respons kekebalan tubuh untuk mengurangi peradangan. Kuatir adanya komplikasi ? Maka dari itu obat ini dianjurkan digunakan oleh pasien sesudah berkonsultasi dengan dokter, apoteker atau penyedia perwatan kesehatan sebelum menggunakan bersama dengan obat lainnya. Harga Rp.14.000.

 

4/ Alleron

 

Alleron adalah salah satu jenis obat gatal yang paling ampuh memiliki fungsi untuk meredakan gatal-gatal karena gigitan serangga dan alergi. Alleron termasuk ke dalam kelompok obat antithistamin yang mempunyai fungsi menghambat histamin sebagai pemicu reaksi alergi. Bentuk yang ditawarkan adalah tablet yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Jangan lupa melihat dosisnya sesuai dengan saran dalam kemasan. Harganya Rp.27.000.

 

5/ Mesol

 

Bagi anda penderita gangguan kulit seperti dermatitis dan psoriasis maka bisa mencoba obat gatal berlabel mesol ini. Obat ini termasuk ke dalam golongan kortikosteroid yang ampuh untuk meredakan reaksi alergi. Namun diingatkan untuk tidak digunakan pada gatal-gatal kulit akibat infeksi atau luka. Untuk dewasa konsumsilah tablet sebanyak 4-4,8 mg per hari sedangkan untuk anak-anak di bawah 12 tahun konsumsilah sebanyak 0,8-1,5 mg / kg berat badan per hari dan tidak boleh melebihi 8 mg per hari. Karena mesol adalah termasuk obat keras maka harus digunakan sesuai dengan petunjuk dokter. Rentang harga yang ditawarkan adalah Rp.155.000.

 

6/ Caladine Cream

 

Yang terakhir kami rekomendasikan adalah obat caladine cream yang di dalamnya mengandung calamine cocok untuk mengobati gatal-gatal akibat alergi ringan. Caladine juga sering digunakan untuk kulit gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga dan biang keringat. Obat alergi gatal ini bisa dibeli di apotek tanpa resep dokter. Karena terbuat dari bahan-bahan yang cenderung bersifat aman, bisa digunakan pada kulit bayi, anak-anak dan orang dewasa. Caladine juga tersedia dalam bentuk salep atau cream, lotion atau bedak. Rentang harga yang ditawarkan adalah Rp.15.000.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel