Kaya Akan Kuliner, Inilah Negara Taiwan yang Menyimpan Segudang Koleksi Masakan Lezat

8 Sep 2022 12:25 1867 Hits 2 Comments Approved by Plimbi

Kaya Akan Kuliner, Inilah Negara Taiwan Yang Menyimpan Segudang Koleksi Masakan Wajib Untuk Dicoba

Taiwan adalah salah satu negara yang di dalamnya kaya akan budaya seperti kuliner khasnya. Jika anda berkunjung ke negara ini, jangan lupa untuk mencicipi salah satu makanan Taiwan yang terkenal hingga mancanegara seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini.

 

1/ Mencicipi semangkok misoa kuah usus

 

Yang pertama adalah menu makan siang berupa misoa yang merupakan salah satu jenis makanan yang mudah ditemukan di Taiwan. Makanan yang satu ini merupakan simbol panjang umur sehingga selalu ada di setiap perayaan ulang tahun. Ada beragam jenis varian misoa yang ditawarkan antara lain misoa minyak wijen, misoa kaki babi dan misoa kuah usus atau tiram. Untuk jenis yang terakhir yaitu misoa kuah usus merupakan misoa yang dimasak bersama dengan tiram. Sebelumnya tiram dicampur dengan tepung kanji dan usus babi sehingga disebut dengan nama misoa kuah usus. Kelezatan misoa kuah usus ini tergantung kesegaran dan proses penyemuran usus babi. Misoa kuah usus ini akan semakin lezat jika dinikmati bersama dengan tetesan cuka hitam, irisan daun ketumbar dan potongan bawang putih.

 

2/ Mencicipi sepiring tahu ‘busuk’

 

Tahu busuk atau tahu fermentasi merupakan salah satu makanan populer di Taiwan yang sering dinikmati sebagai kudapan atau makanan ringan pada waktu pagi, siang atau sore hari. Tahu fermentasi ini diolah dengan cara direbus atau digoreng lalu disajikan bersama dengan kimchi segar ala Taiwan yang disebut dengan nama sichuan. Ada juga varian tahu ‘busuk’ super pedas yang disebut dengan nama tahu busuk mala yang biasa disajikan bersama dengan daging bebek, acar kol dan kuah kaldu pedas yang kental. Beberapa rumah makan di Taiwan menyajikan tahu ini bersama dengan usus besar babi yang disebut dengan nama da chang chou chou guo.

 

3/ Mencicipi semangkok mi dan zai

 

Makanan khas Taiwan yang ketiga adalah mi dan zai atau populer dengan nama lain adalah tan tsi noodle yang merupakan hidangan khas dari Kota Tainan yang biasanya disajikan sebagai kudapan sore hari atau menu sarapan pagi yang menyegarkan karena disajikan dalam porsi yang berukuran kecil-kecil. Sajian utama adalah berupa mi yang dicampur dengan irisan daging babi, tauge segar dan udang yang diberi bumbu berupa bawang, ketumbar, cuka hitam, telur dan kecap.

 

3/ Menyantap beberapa potong kue gua bao

 

Kue gua bao atau populer dengan sebutan burger Taiwan mempunyai tampilan unik yang berbeda dengan burger pada umumnya dari Eropa dan Amerika Serikat. Gua bao merupakan salah satu jenis makanan Taiwan yang sangat terkenal berupa roti kukus putih yang sekilas pandang menyerupai bakpao lalu di dalamnya diisikan potongan daging berbumbu, sayuran dan kacang. Rasanya adalah perpaduan cita rasa manis, gurih, asam dan asin yang dapat dinikmati dengan satu suapan besar ke mulut.

 

4/ Mencoba satu tusuk pig’s blood cake

 

Yang dimaksud dengan pig’s blood cake di sini adalah merupakan salah satu sajian yang terbuat dari darah babi segar yang direbus bersama dengan beras ketan berbumbu. Selanjutnya kudapan ini disimpan di dalam steamer kayu untuk menjaganya agar tetap hangat. Sebelum penyajian, kudapan ini diguyur dengan suas kaldu babi kental super pedas namun ada juga yang gurih manis lalu diguling-gulingkan ke dalam taburan bubuk kacang dan ketumbar.

 

 

 

 

5/ Mencicipi sepotong pinneapple pastry

 

Pinneapple pastry merupakan salah satu jenis kue berisikan selai nanas yang rasanya legit dan sangat manis. Bahan utama yang digunakan untuk membuat kue ini antara lain tepung terigu, telur ayam kampung, mentega, selai nanas dan buah kundur. Cake basah ini dipercaya sebagai kue yang bisa membantu membuat makmur orang-orang yang memakannya. Kue ini bisa difungsikan sebagai salah satu oleh-oleh paling populer yang digemari untuk dibawa pulang oleh para wisatawan domestik hingga turis asing yang berkunjung ke Taiwan. Salah satu toko yang terkenal menjual kue ini dalam beragam variasi adalah The Castle of Golden Pinneapple yang berada di kawasan Kaohsiung di Taiwan.

 

6/ Mencicipi sepiring little sausage in big sausage

 

Jajanan pasar tradisional khas warga Taiwan yang terakhir wajib untuk dicicipi jika anda berkunjung ke Taiwan adalah sosis kecil yang berada di dalam sosis besar. Sosis kecil terbuat dari daging babi panggang berbumbu yang rasanya manis dan pedas sedangkan sosis besar terbuat dari beras ketan berbumbu. Sekilas pandang hidangan ini mirip dengan hot dog namun disajikan bersama dengan wasabi dan kecap. Menu yang satu ini umumnya dijual di pasar-pasar tradisional atau pasar malam di Taiwan.

 

Selamat mencoba.

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel