Mengenal Pengetahuan Sosial Tentang Program Internship

12 Sep 2022 11:55 872 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Pengetahuan Sosial Tentang Program Internship

Tidak hanya diwajibkan memiliki IPK yang bagus, mempunyai pengalaman juga sangat penting ketika ingin memasuki dunia kerja. Salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman kerja adalah dengan melakukan internship.

 

Internship program atau program internship adalah suatu pengalaman kerja yang ditawarkan oleh perusahaan untuk para mahasiwa/wi dan fresh graduated agar lebih paham mengenai lingkungan kerja dan berhubungan dengan bidang studi yang sudah ditempuh. Tujuan utama dari program ini adalah untuk melatih para mahasiswa/wi atau fresh graduated agar lebih siap untuk bekerja di industri / perusahaan secara langsung. Biasanya ada hak dan kewajiban yang akan diperoleh oleh pekerja magang. Untuk lebih detailnya silahkan menyimak hak dan kewajiban para pekerja magang tersebut di bawah ini.

 

1/ Hak para pekerja magang

 

  • Memperoleh sertifikat setelah lulus program internship.
  • Mendapatkan perlindungan dalam bentuk jaminan sosial.
  • Memperoleh uang saku.

 

2/ Kewajiban para pekerja magang

 

  • Menuruti perjanjian dan tata tertib yang berlaku selama proses magang.
  • Mengikuti program magang hingga selesai.
  • Menjaga nama baik perusahaan penyelenggara magang.

 

Beberapa Manfaat Dari Internship Program

 

Secara garis besar ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan magang yaitu mulai dari meningkatkan keterampilan, memperoleh pengalaman kerja, mengasah kemampuan bersosialisasi, menambah relasi dan yang lainnya. Untuk lebih mendetail, silahkan anda menyimak penjelasan yang kami berikan satu per satu.

 

1/ Meningkatkan keterampilan

 

Pendidikan yang diperoleh secara formalitas akan menjadi sia-sia apabila anda tidak mengaplikasikannya secara nyata di dunia profesional. Dengan magang maka pendidikan yang akan anda tempuh selama ini tidak akan sia-sia bahkan berpotensi untuk meningkatkan keterampilan yang anda miliki. Di sini anda akan mendapatkan berbagai kemampuan baru dan memperoleh feedback dari rekan kerja atau atasan mengenai performa anda selama magang.

 

2/ Mendapatkan pengalaman kerja

 

Ketika anda ingin masuk ke full time job, terdapat beberapa requirements yang dibutuhkan oleh para rekruter yaitu salah satunya adalah mempunyai pengalaman kerja yang memadai. Jika anda belum mempunyai pengalaman kerja yang cukup, tentu anda akan sulit untuk bersaing dengan para jobseeker lainnya. Nah melalui magang ini diharapkan anda bisa mendapatkan pengalaman kerja sebagai nilai tambah ketika proses seleksi karyawan/wati baru.

 

3/ Mengasah kemampuan bersosialisai

 

Perlu diketahui bahwa dunia kuliah dan dunia kerja adalah dua hal yang sangat berbeda. Begitu pun dalam hal pertemanan, bersosialisasi dengan teman-teman kuliah tidaklah sama ketika anda bersosialisasi dengan rekan kerja. Kemampuan bersosialisasi bukan hal mudah untuk dipelajari. Namun pada saat melakukan internship program, anda dapat mengasah kemampuan bersosialisasi dengan para rekan kerja yang memiliki beragam usia dan karakter sehingga anda akan tahu cara bersikap yang benar dan baik.

 

Beberapa Tips Memilih Perusahaan Untuk Internship Program

 

Setelah anda mengetahui manfaatnya maka kini saatnya untuk mengetahui beberapa tips memilih perusahaan untuk magang. Bagi anda yang masih mahasiswa/wi biasanya universitas bersangkutan akan memberikan kebebasan untuk memilih perusahaan magang sesuai dengan jurusan yang diambil. Nah agar tidak salah dalam memilih, silahkan simak beberapa tips di bawah ini.

 

1/ Cari tahu seluk beluk perusahaan

 

Pada waktu anda ingin melamar di perusahaan tertentu maka sebelumnya penting untuk mencari tahu tentang seluk-beluk perusahaan bersangkutan. Carilah berbagai informasi lalu tentukan perusahaan mana yang berlatarbelakang bagus dan cocok untuk karir anda ke depannya. Jangan sampai anda malah salah memilih perusahaan sehingga merasa berat dan tidak semangat ketika melakukan praktik kerja magang. Tentunya magang di perusahaan besar akan bagus untuk CV dan memperkaya kompetensi kerja anda.

 

2/ Bekerja sesuai dengan bidang yang diminati dan dikuasai

 

Bekerja di bidang yang diminati dan dikuasai tentulah menjadikan sebuah pengalaman magang yang menyenangkan untuk dijalani. Magang merupakan ‘pintu’ pengantar para mahasiswa/wi untuk masuk ke dunia kerja. Pengalaman yang anda dapatkan ketika magang akan menjadi bekal saat anda hendak melamar di bidang atau industri yang anda minati. Inilah salah satu alasan mengapa anda perlu mencari perusahaan magang yang memberikan pekerjaan sesuai dengan bidang yang anda minati dan kuasai secara formalitas.

 

3/ Perhatikan jam jerja magang

 

Setiap perusahaan mempunyai ketentuan jam kerja magang yang berbeda-beda dimana ada perusahaan yang mewajibkan untuk dating setiap hari layaknya karyawan / wati tetap, tetapi ada juga yang cukup fleksibel. Apabila masih kuliah, anda harus mampu menyesuaikan jam magang dan jam kuliah sehingga keduanya dapat berjalan dengan lancar dan jangan sampai anda kewalahan dan mengorbankan salah satunya.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel