Pembahasan Singkat tentang Pengertian dan Proses Terjadinya Embun

15 Aug 2022 14:10 2937 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pembahasan Singkat Tentang Pengertian Dan Proses Terjadinya Embun

Apakah anda senang bangun pagi-pagi hari ? Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh jika anda bersedia bangun di waktu pagi hari seperti bisa menghirup udara segar, melakukan olahraga yang membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, menyaksikan keindahan alam berupa terbitnya sinar matahari dan yang paling ditunggu-tunggu adalah melihat ada banyak titik-titik embun yang menempel di dedaunan menambah kesegaran suasana sekitar halaman rumah ditemani dengan kicau burung yang asyik bercanda di dahan / ranting pepohonan.

 

Untuk anak-anak tentu akan menyenangkan bisa melihat titik-titik air yang menempel dengan unik di permukaan dedaunan atau rerumputan ketika pagi hari padahal sebelumnya tidak sedang terjadi hujan. Titik-titik air yang menempel di dedaunan atau rerumputan inilah yang dikenal dengan nama embun. Embung memang banyak tersedia di waktu pagi hari sehingga jika anda ingin bisa melihat embun maka harus bangun pagi.

 

Pengertian Dari Embun

 

Embun merupakan sekumpulan titik air bening yang umumnya menempel pada permukaan daun atau rumput dan juga kadang-kadang ditemukan di permukaan atau sela-sela kaca jendela atau bisa juga menempel di balik daun pada waktu pagi hari sebelum sinar matahari mengenai embun.

 

Embun terjadi karena adanya uap air yang mengalami suatu proses disebut dengan istilah pengembunan yaitu berubahnya zat gas menjadi cair atau dikenal dengan istilah kondensasi. Embun dalam hal ini berupa kristal-kristal es yang ditemukan di daerah dengan suhu mencapai minus di bawah nol derajat Celcius. Embun seperti ini dinamakan embun beku atau embun putih yang merupakan sebuah pola berupa kristal es yang terbentuk dari uap air di atas daun, rumput atau benda lainnya di luar rumah yang lokasinya berdekatan dengan permukaan tanah dan udara di luar rumah.

 

Proses Terbentuknya Embun

 

Proses terbentuknya embun adalah berlangsung secara alami pada waktu malam hari sebelumnya saat hari sedang mempunyai cuaca cerah dan menyimpan tingkat kelembaban udara yang cukup tinggi. Nah pada saat inilah udara di dekat permukaan tanah menjadi lebih dingin dan benda-benda yang berada di sekitar permukaan tanah akan kehilangan panas karena adanya proses radiasi termal. Yang dimaksud dengan radiasi termal adalah pancaran energi panas dari suatu benda sebagai akibat adanya pengaruh suhu di sekitarnya. Maka dari itu, benda di permukaan tanah akan menjadi lebih dingin dan suhu udara di sekitar tanah menjadi berkurang dimana udara yang terlalu dingin tidak mampu lagi menahan uap air sebanyak udara hangat. Sehingga apabila suhu udara melebihi titik embun atau merupakan suhu dimana titik udara masih sanggup menahan uap air yang berlebihan maka sebagian uap air akan mengembun di atas benda-benda yang letaknya berdekatan dengan tanah. Hal inilah yang menjadi penyebab afanya titik-titik air atau tetes air yang bernama embun menempel dengan kuat pada daun atau rumput karena tumbuhan tersebut rata-rata memiliki ukuran yang pendek sehingga berdekatan dengan permukaan tanah.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel