Mengenal Fenomena Alam Tentang Hujan Salju

15 Aug 2022 18:15 332 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Fenomena Alam Tentang Hujan Salju Yang Terjadi Di Beberapa Negara

Pada umumnya hujan salju terjadi di negara yang mempunyai iklim sub-tropis atau negara-negara yang menyimpan 4 jenis busim yaitu musim dingin, semi, gugur dan musim panas. Tetapi di beberapa negara beriklim tropis juga pernah mengalami hujan salju. Hal ini sering dianggap sebagai fenomena yang langka. Fenomena unik ini terjadi karena adanya badai yang kemudian membawa suhu dingin yang ekstrem menyebabkan hujan salju turun di negara yang beriklim tropis. Berikut di bawah ini adalah beberapa negara yang mengalami hujan salju meskipun negara ini mempunyai iklim tropis.

 

1/ Hujan Salju Di Vietnam

 

Yang pertama adalah Negara Vietnam yang merupakan salah satu negara dengan memiliki iklim tropis. Pada tahun 2013 yang lalu negara ini sempat diterjang oleh badai yang menyebabkan adanya kerusakan parah pada lahan pertanian, kebun dan sawah. Badai ini mengakibatkan gagal panen dan menyebabkan terjadinya penurunan suhu yang sangat drastis. Inilah yang menyebabkan salju turun terutama di daerah yang bernama Sa Pa. Padahal diketahui sebelumnya di daerah ini tidak pernah terjadi hujan salju. Daerah Sa Pa terkenal dengan suhunya yang dingin bisa mencapai -5 derajat Celcius. Kota Sa Pa beberapa tahun belakangan ini mengalami hujan salju dan juga terjadi di daerah pegunungan di Vietnam pun terdapat hujan salju, daerah ini setiap musim dingin selalu ditutupi oleh kabut dan salju.

 

2/ Hujan Salju Di Mesir

 

Mesir bisa dikatakan sebagai salah satu negara yang dikelilingi oleh daerah bergurun dan sangat kering / tandus. Namun pada tahun 2013 Kairo mengalami fenomena yang sangat langka yaitu tiba-tiba saja ada hujan salju yang turun di sekitar Kairo. Sebelumnya diketahui bahwa Mesir belum pernah mengalami yang namanya hujan salju terutama di sekitaran daerah Kairo. Dan secara umum sebelumnya keseluruhan wilayah di Mesir sebelumnya tidak pernah mengalami yang namanya hujan salju. Salju menutupi beberapa daerah di Kairo seperti jalanan, taman-taman hingga beberapa wilayah pesisir pantai. Beberapa negara yang bertetangga dengan Mesir juga mengalami hujan salju diantaranya adalah Israel, Turki dan Suriah. Temperatur cuaca yang mengalami penurunan drastis setiap bulan selanjutnya adalah diakibatkan oleh turunnya hujan salju di Mesir dan beberapa negara tetangga Mesir.

 

3/ Hujan Salju Di India

 

Bagi sebagian orang mengira bahwa Negara India adalah termasuk ke dalam salah satu negara dengan iklim tropis. Namun pada kenyataannya di bagian utara India mempunyai kondisi beriklim sub-tropis yaitu sama dengan negara beriklim sub tropis lainnya hanya mempunyai 4 musim saja. Nah di bagian utara India ini anda bisa menemukan salju apabila sedang memasuki musim dingin. Sedangkan di bagian selatan India mempunyai iklim tropis.

 

4/ Hujan Salju Di Indonesia

 

Indonesia adalah salah satu negara yang menyimpan iklim tropis, hanya musim panas dan musim hujan saja yang dijumpai di sini. Meskipun demikian anda masih bisa menemukan hujan salju di Indonesia yaitu terjadi di sekitar daerah puncak gunung di Papua, yang paling terkenal adalah Puncak Cartensz merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia sehingga daerah di sini sering mengalami hujan salju. Salju yang ditemukan di puncak gunung di Papua ini sifatnya alami dan abadi yang tidak akan pernah hilang meskipun Indonesia sedang memasuki musim kemarau. Di Puncak Gunung Cortensz mempunyai suhu udara yang sangat dingin dan memiliki kondisi puncak yang paling tinggi menyebabkan salju bisa turun setiap hari.

 

5/ Hujan Salju Di Hawaii

 

Seperti diketahui bahwa Hawaii merupakan salah satu negara bagian yang letaknya di Amerika Serikat sering mendapatkan sinar dari matahari dan rata-rata suhu di area ini adalah panas cenderung hangat. Namun beberapa tahun terakhir ditemukan bahwa Hawaii ditutupi oleh hujan salju. Daerah di Hawaii yang memperoleh hujan salju secara teratur adalah di sekitar gunung berapi di Maui dimana badai salju yang terjadi di sini menyebabkan sebagian tanah di kawasan wisata Taman Nasional Polipoli tertutup oleh salju karena turun hujan salju.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel