Buah Kurma, Buah Favorit Rasulullah yang Juga Banyak Manfaatnya bagi Kesehatan

5 Sep 2022 18:55 914 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Buah Nabi Yang Menyimpan Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh : Buah Kurma

Seperti diketahui bahwa sejak buah ini ditemukan ribuan tahun silam, kurma dipercaya dan telah terbukti mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Menurut catatan sejarah, kurma diketahui berasal dari Negara Irak dimana berkat perdagangan internasional menyebabkan kurma mengalami perjalanan jarak jauh hingga ke Asia Tenggara, Spanyol, Afrika Utara dan kemudian menyebar hingga ke Meksiko dan California. Hingga saat ini, kurma telah menjadi salah satu bahan terpenting wajib ada dalam beragam jenis masakan Timur Tengah. Di seluruh dunia ditemukan 30 jenis kurma dimana salah satu jenis kurma yang menjadi favorit orang-orang sedunia adalah yang tumbuh di Jalur Gaza karena produk kurma dari daerah ini dikenal memiliki daging buah yang sangat cantik yaitu merah dan berasa manis dan segar. Beberapa jenis kurma lainnya yang tak kalah terkenal dengan jenis kurma dari Jalur Gaza adalah jenis Zaghloul dari Mesir, Sukkary dari Arab Saudi dan Khadrawy dari Arab Saudi. Buah kurma dari daerah ini rata-rata memiliki warna buah cokelat gelap, daging lembut dan manis tetapi harganya sangat mahal. Selain rasanya yang enak, buah kurma juga dilengkapi dengan banyak manfaat kesehatan dimana diketahui bahwa kurma merupakan sumber dari berbagai vitamin dan mineral, energi, gula dan serat. Kurma juga mengandung kalsium, zat besi, fosfor, potasium, magnesium dan zinch yang menjadikan khasiat kurma semakin optimal untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Di bawah ini kami berikan beberapa manfaat kurma untuk menjaga tubuh tetap sehat yang disarankan untuk dikonsumsi setiap hari.

 

1/ Kurma efektif untuk mengatasi sembelit

 

Manfaat buah kurma yang pertama adalah membantu anda yang sedang mengalami sembelit. Dalam hal ini kurma dikategorikan sebagai salah satu makanan pencahar. Itulah sebabnya mengapa kurma dianjurkan oleh dokter untuk dimakan bagi anda yang rentan mengalami masalah sembelit di waktu pagi. Untuk mengoptimalkan efek pencahar yang diinginkan dari buah kurma maka silahkan rendam beberapa buah kurma ke dalam air hangat-hangat kuku semalaman. Lalu air ini diminum pada waktu pagi hari keesokan harinya ketika kurma sudah tercampur dengan air dan menjadi sirup. Di dalam daging kurma yang rasanya manis dan segar terkandung serat yang mudah larut dalam air dan inilah yang membantu pergerakan usus menjadi lancar sehingga dapat meringankan sembelit dan gejala yang menyertainya.

 

2/ Kurma bagus untuk memperkuat tulang

 

Kandungan mineral banyak ditemukan dalam buah kurma yang menjadikannya superfood untuk memperkuat tulang dan melawan penyakit yang menyerang area tulang seperti osteoporosis. Di dalam daging buah kering ini terdapat selenium dan magnesium yang merupakan bagian terpenting untuk perkembangan tulang agar tetap kuat dan sehat terutama pada kelompok orang dewasa seiring dengan bertambahnya usia jika tulang tidak dijaga akan perlahan-lahan menjadi lemah, nah dengan sering-sering mengkonsumsi buah kurma akan membantu memberikan kekuatan pada tulang anda.

 

 

 

3/ Kurma bagus untuk mengobati gangguan usus

 

Khasiat buah kurma yang ketiga adalah membantu mengobati gangguan usus. Kandungan nikotin dalam daging buah kurma bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis kelainan usus. Kurma yang dikonsumsi secara rutin setiap hari akan membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis sehingga membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus. Erat hubungannya dengan masalah pencernaan, serat dalam buah kurma mengandung banyak asam amino yang berkhasiat merangsang pencernaan makanan sehingga membuatnya menjadi berfungsi efisien yaitu memudahkan lebih banyak nutrisi yang diserap oleh saluran pencernaan untuk masuk ke dalam tubuh.

 

4/ Buah kurma bisa berfungsi mengatasi masalah anemia

 

Kurma diketahui mengandung mineral dalam jumlah besar yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum yang dilengkapi dengan kandungan zat besi yang membantu penderita anemia mampu bertahan dan perlahan-lahan bisa sehat. Kadar zat besi dalam buah kurma yang jumlahnya besar bermanfaat untuk menyeimbangkan kekurangan zat besi pada penderita anemia, meningkatkan energi dan kekuatan serta mengurangi perasaan lelah dan lesu.

 

5/ Buah kurma efektif untuk menyembuhkan alergi

 

Manfaat buah kurma yang terakhir adalah di dalam daging buah kurma banyak mengandung belerang organik dimana ini bukanlah zat yang umum ditemukan pada makanan tetapi jika diketahui makanan banyak mengandung zat ini maka makanan tersebut bermanfaat mengurangi reaksi alergi terutama alergi musiman dalam tubuh manusia. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2002 menjelaskan bahwa senyawa sulfur organik yang ada dalam daging buah kurma memberikan dampak positif terhadap jumlah penderita yang mengalami SAR (seasonal allergic rhinitis) atau alergi yang sifatnya musiman yang pernah menyerang sekitar 23 juta orang di Amerika Serikat. Dengan mengkonsumsi kurma secara rutin setiap hari merupakan salah satu cara termudah untuk membendung efek alergi musiman melalui kontribusi kandungan sulfurnya.

 

Meskipun diketahui bahwa kurma mengandung nilai gizi yang luar biasa seperti tersebut di atas, perhatikan pemilihan buah kurma yang tepat haruslah dalam kondisi bersih karena permukaan buah ini sangat lengket sehingga bisa menarik banyak kotoran terutama debu. Pastikan untuk mencuci kurma sampai bersih sebelum dimakan karena ini akan membantu menghilangkan kotoran yang ada di permukaan kulit kurma yang lengket.

 

Semoga bermanfaat.

 

Sumber tulisan :

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel