Sajikan Resep Sayur Nangka Kapau di Rumah untuk Keluarga Tercinta

13 Sep 2022 16:05 994 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sajikan Resep Sayur Nangka Kapau Di Rumah Untuk Keluarga Tercinta

Hari libur di rumah ketika semua anggota keluarga berkumpul, yuk buat dan sajikan masakan spesial berupa sayur nangka kapau untuk keluarga tercinta. Sayur nangka kapau adalah salah satu jenis sayur berkuah santan encer berbumbu gulai yang di dalamnya mengkombinasikan aneka sayuran seperti nangka muda, kacang panjang, kol dan rebung. Ini adalah sajian main course yang membutuhkan waktu persiapan sekitar 15 menit dan waktu untuk memasak rata-rata 45 menit untuk mendapatkan 8 porsi yang mengandung kalori sebanyak 103 kcal.

 

Resep Praktis Memasak Sayur Nangka Kapau

 

Bahan utama yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

 

250 gram nangka muda

2 ruas kunyit

2 batang serai

2 sdt gula pasir

8 buah kacang panjang

6 lembar kol

2 lembar daun salam

3 lembar daun jeruk

1 batang serai

2 sdt garam

1 buah asam kandis

1,2 liter santan encer

1 lembar daun kunyit

 

Bahan-bahan untuk bumbu yang dihaluskan adalah sebagai berikut :

 

10 butir bawang merah

5 siung bawang putih

8 buah cabai merah keriting

2 buah cabai merah besar

4 buah cabai rawit

1 ruas kunyit

2 Cm jahe

2 Cm lengkuas

 

Langkah-langkah dan cara memasaknya adalah sebagai berikut :

 

Pertama-tama silahkan ambil buah nangka muda yang sudah anda sediakan. Lalu potong ukuran segitiga kecil-kecil  dan cuci hingga bersih di bawah air mengalir agar getahnya hilang. Setelah itu silahkan memarkan kunyit lalu Rajang kasar kol kemudian potong-potong kacang panjang ukuran 5 Cm saja. Untuk daun jeruk silahkan buang tulangnya dan sobek-sobek lalu simpulkan daun kunyit dan memarkan serai.

Haluskan bahan bumbu halus seperti yang sudah disebutkan di atas. Bisa dihaluskan dengan cara diblender atau diulek.

 

Setelah semua bahan dan bumbu siap, sekarang anda bisa secara langsung membuat sajian sayur nangka kapau ini. Silahkan ambil panci dan masukkan air ke dalamnya secukupnya saja. Lalu didihkan air bersama kunyit, silahkan rebus nangka muda sampai lunak setelahnya angkat dan tiriskan. Selanjutnya rebus santan bersama bumbu yang sudah dihaluskan, daun kunyit, serai, daun jeruk dan daun salam. Rebuslah santan hingga mendidih sambil diaduk pelan-pelan agar tidak pecah. Rebus bahan hingga bumbu tercium harum.

 

Langkah berikutnya adalah masukkan bahan-bahan lainnya seperti kacang panjang, nangka, asam kandis, kol, gula dan garam. Aduk-aduk hingga tercampur dengan merata. Masak hingga sayuran menjadi empuk dan matang dengan sempurna. Koreksi rasa. Jika sudah pas silahkan angkat. Terakhir bisa langsung disajikan untuk menu makan malam yang nikmat bersama dengan keluarga.

 

Agar mendapatkan cita rasa masakan yang sempurna maka silahkan pilih nangka muda yang berkualitas baik. Jika anda membelinya di pasar, pilihlah nangka yang telah dipotong-potong dan bukan yang masih utuh. Memilih nangka muda yang sudah dipotong-potong lebih aman karena bagian dalamnya bisa anda lihat kesegarannya dan anda bisa terbebas dari getah lengket buah ketika mengupasnya. Dan hindari memilih nangka yang bijinya tebal dan besar karena ini pertanda nangka sudah tua. Nangka seperti ini ketika direbus akan sulit menjadi empuk. Ketika membeli nangka di pasar biasanya tersedia dua jenis nangka yaitu ada nangka salak dan nangka bubur. Sebaiknya hindari membeli nangka bubur karena mudah hancur saat direbus. Pilihlah nangka salak karena dagingnya tebal dan tidak berserat banyak. Disarankan untuk merebus nangka muda sebanyak dua kali yaitu yang pertama merebus dalam air mendidih hingga setengah matang untuk menghilangkan getahnya lalu yang kedua direbus kembali dalam bumbu hingga benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Supaya mendapatkan warna nangka yang cantik yaitu kuning cerah maka ketika merebus yang pertama bisa dilakukan dengan menambahkan kunyit.

 

Selamat mencoba di rumah.

 

 

 

 


 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel