Mengenal Beberapa Sumber Daya Alam yang Terpendam di India

20 Aug 2022 09:45 3192 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Beberapa Sumber Daya Alam Yang Terpendam Di India

Seperti diketahui bahwa Negara India identik sekali dengan salah satu suku kata yaitu Bollywood. India memang sangat populer karena keberadaan Kota Bollywood di dalamnya. Bollywood membuat siapa saja akan berpikir bahwa India memang sangat terkenal di dunia hiburan. Ini juga didukung oleh makanan, budaya hingga dunia film yang menjadi kebanggaan rakyat India. Di samping hal-hal ini, sumber daya alam di dalamnya tidak luput dari pandangan mata dunia. Melalui artikel ini akan dibahas mengenai sumber daya alam yang terpendam di India. Sumber daya alam adalah salah satu hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap negara di bumi ini. Karena sumber daya alam yang ada bisa menjadi primadona yang dapat memberikan keuntungan bagi masing-masing negara dimana sumber daya alam tersebut ditemukan. Sumber daya alam bermanfaat untuk penghuni negara bersangkutan guna pemenuhan kebutuhan hidup yang berguna bagi mereka. India merupakan salah satu negara yang mempunyai sumber daya alam yang kaya dan terkenal di mata dunia. Selain seni dan budaya, India juga mengenal adanya sumber daya alam yang kaya. Silahkan menyimak penjelasan yang kami berikan tersebut di bawah ini.

 

1/ Sumber daya alam berupa mineral

Mineral adalah salah satu sumber daya alam yang bisa diolah dan dimanfaatkan untuk kepentingan ekonomi bagi negara bersangkutan. Mineral alami dapat dimanfaatkan untuk kecantikan hingga keperluan lain yang membutuhkan mineral. Sumber daya alam mineral di India banyak ditemukan di daerah Orissa dan Bihar. Mineralnya berupa batubara yang juga banyak ditemukan di daerah lain di India. Batubara bermanfaat sebagai bahan dasar pemanas atau untuk keperluan industri. Batubara yang melimpah tumbuh di daerah Bengal barat yang juga sebagai tempat ditemukannya mineral berupa bijih aluminium serta bijih titanium yang berfungsi sebagai pembuatan alat-alat industri yang sangat bermanfaat bagi usaha industri. Ada pula mineral berupa emas dan perak di daerah Karnataka dimana emas dan perak di sini menjadi benda yang sangat berharga bisa digunakan sebagai salah satu kebanggaan untuk bahan dasar pembuatan perhiasan.

 

2/ Sumber daya alam di bidang pertanian

Bila anda membahas tentang bidang pertanian maka tidak lepas dengan yang namanya padi menjadi salah satu hasil pangan yang banyak ditemukan di India. Di sini padi merupakan salah satu sumber daya alam yang jumlahnya melimpah. Masyarakat India memanfaatkan padi sebagai salah satu bahan utama untuk membuat beras, di sini padi diolah menjadi beras untuk kepentingan pangan utama berupa nasi. Tanaman padi tumbuh dengan baik di daerah Madras, Assam dan Benggala. Di samping itu ada juga gandum di daerah Hindustan barat dan Dekan. Gandum yang tumbuh subur menjadikan panen berlimpah yang bisa diolah menjadi bahan pangan pembuatan roti atau bahan tambahan untuk produk susu. Selain itu, India mempunyai budidaya kapas yang baik terletak di daerah Bombay. Kapas alami yang putih bersih bisa digunakan sebagai bahan untuk industri kecantikan dan tekstil.

 

3/ Sumber daya alam berupa objek wisata alam

Jika anda mendapatkan kesempatan untuk jalan-jalan ke India, maka telinga anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Sungai Gangga dan bangunan Taj Mahal merupakan tempat yang terpopuler dikunjungi oleh turis domestik dan turis asing. Sungai Gangga merupakan salah satu sungai kebanggaan masyarakat di India. Sungai ini dipercaya oleh masyarakat India yang menganut Hindhu sebagai sungai yang suci dan dihormati. Selain Sungai Gangga, tempat kedua yang terkenal diakui sebagai warisan dunia adalah bangunan Taj Mahal. Taj Mahal merupakan sebuah bangunan yang megah dan mewah. Bangunan ini dihiasi dengan ornament warna putih yang merupakan sebuah masjid dan berfungsi juga sebagai monumen.

 

4/ Sumber daya alam yang berasal dari hewani

Sumber daya alam hewani adalah sumber daya alam yang berasal dari hewan. Sumber daya alam hewani ini terdapat di India yang banyak ditemukan di daerah stepa. Peternakan di sini adalah biri-biri dan unta. Biri-biri dimanfaatkan bulu dan dagingnya. Unta bisa diolah menjadi bahan pangan berupa susu yang mengandung berbagai khasiat. Juga ditemukan ulat sutra yang banyak diternak untuk diambil guna pemenuhan kepentingan tekstil. Tidak mengherankan jika tekstil di India menjadi sangat terkenal dan dipuji oleh dunia.

 

5/ Sumber daya alam nabati

Sumber daya alam hayati memegang pengaruh besar dalam beragam jenis masakan khas warga India. Spices dalam masakan India berasal dari biji-bijian yang tumbuh subur di negara ini. Terdapat kapulaga, jahe, kayu manis dan cengkeh. Tidak mengherankan makanan India sangat beraroma dan kaya akan rempah-rempah.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel