Digital Branding, Apa itu?

5 Sep 2022 16:55 581 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Penjelasan Singkat Tentang Pengetahuan Digital Branding

Secara garis besar digital branding merupakan salah satu strategi yang biasa digunakan oleh sebuah perusahaan untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran dari konsumen terkait produk-produk yang dikeluarkan oleh perusahaan mereka. Digital branding sebenarnya mempunyai makna yang sangat luas tergantung dengan tujuan dari penggunaannya apakah akan digunakan untuk meningkatkan kesadaran berhubungan dengan suatu produk baru dari perusahaan atau meningkatkan kesadaran konsumen terkait suatu produk baru dari perusahaan atau meningkatkan kesadaran konsumen berhubungan dengan kondisi perusahaan itu sendiri. Sehingga nantinya diharapkan dengan mengaplikasikan digital barnding ini maka konsumen menjadi lebih mengetahui dan mendapatkan informasi yang banyak mengenai produk yang dikeluarkan. Dan nantinya produk atau perusahaan itu sendiri akan lebih bisa menjangkau para konsumen secara luas dengan produk-produknya. Dan tentunya bisa membantu perusahaan untuk beradaptasi dan mengenalkan produknya kepada masyarakat luas.

 

Tujuan Digital Branding

 

Berikut merupakan beberapa tujuan digital branding yang perlu diketahui :

 

1/ Membuat dan membagikan secara detail mengenai informasi yang berkaitan dengan spesifikasi ataupun kelebihan, kekurangan dan fitur yang dimiliki oleh brand itu sendiri.

 

2/ Melakukan proses pengidentifikasian basis dari para pelanggan yang nantinya ditetapkan sebagai sasaran konsumen.

 

Faktor Yang Mempengaruhi Digital Branding

 

Berikut ini adalah merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi digital branding perlu untuk dikenal adalah sebagai berikut :

 

1/ Pelanggan merupakan target pertama dari digital branding itu sendiri. Yang mana sebisa mungkin perusahaan bersangkutan harus bisa membuat pelanggan tertarik dan merasa ingin tahu tentang produk-produk yang sedang ditawarkan.

 

2/ Identitas merk, digital branding tentunya tidak mudah lepas dari pengenalan terhadap identitas merk atau suatu brand kepada para konsumen atau masyarakat luas. Tidak lain dan tidak bukan tujuannya adalah membuat para konsumen menjadi lebih aware atau sadar dengan adanya produk-produk tersebut beserta semua informasi yang didapatkannya.

 

Strategi Digital Branding

 

Adapun beberapa startegi atau cara yang bisa dilakukan dan diikuti guna bisa memperkenalkan produk-produk ataupun dalam bentuk layanan terkait produk ke masyarakat  luas melalui digital branding adalah sebagai berikut :

 

1/ Membuat desain blog, website atau platform yang sedang digunakan seuni dan semenarik mungkin.

 

2/ Membuat tagline yang sangat menggambarkan tentang produk dan tentunya sangat mudah untuk diingat serta sangat mencirikan kekhasan yang dimiliki. Hal ini untuk membuat para konsumen atau masyarakat menjadi lebih mudah untuk mengingat produk terkait.

 

Manfaat Dari Digital Branding

 

Digital branding membawa manfaat seperti berikut di bawah ini yang perlu untuk anda ketahui :

 

1/ Memungkinkan perusahaan atau produk-produk tertentu untuk bisa menjangkau luas pasar. Bahkan bisa dibilang mencakup skala global (tidak hanya lokal saja).

 

2/ Dengan berbagai sajian konten yang menarik dan proses promosi yang sangat meyakinkan akan sangat mudah bagi perusahaan tertentu atau produk-produk yang dikeluarkan untuk mendapatkan perhatian dan kepercayaan dari para konsumen.

 

Contoh Penerapan Digital Branding

 

Contoh yang mudah dari penerapan digital branding adalah penggunaan SEO untuk melakukan pengenalan produk, penggunaan media sosial, penggunaan website resmi seperti yang dilakukan oleh Tokopedia, bibit dan platform lainnya.

 

Semoga bermanfaat.

 

Sumber tulisan :

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel