Pengetahuan Tentang Taman Laut

9 Sep 2022 16:10 1065 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pengetahuan Tentang Taman Laut Dan Fakta Yang Menyertai

Ekosistem adalah sekumpulan makhluk hidup yang menetap secara bersama-sama dan di dalamnya saling menciptakan hubungan yang unik. Masing-masing ekosistem mempunyai ciri khas dan keistimewaan tersendiri dimana keistimewaan yang ada adalah sebagai akibat perbedaan lokasi ekosistem. Setiap ekosistem mempunyai fauna dan flora yang unik, dimana secara garis besar di bumi ini ekosistem terbagi menjadi dua kelompok yaitu ekosistem darat dan ekosistem air. Ekosistem darat adalah ekosistem yang terletak di darat dimana di dalam ekosistem darat masih terdapat ekosistem-ekosistem lainnya. Ekosistem ini dibedakan berdasarkan jenis flora dan fauna serta iklim dan curah hujan di daerah bersangkutan. Ekosistem darat antara lain ekosistem hutan hujan tropis, ekosistem hutan gugur, ekosistem sabana, ekosistem taiga, ekosistem gurun, ekosistem tundra dan ekosistem padang rumput. Sedangkan ekosistem air adalah ekosistem yang terjadi di air yaitu ekosistem sungai, rawa, ekosistem danau, ekosistem laut dan terumbu karang.

 

Namun akibat ulah dari manusia, ekosistem di bumi ini mulai mengalami kerusakan dari tinggkat rendah hingga kondisi terparah. Tentu saja kerusakan ini bisa mengganggu kehidupan ekosistem yang ada di bumi, akibatnya banyak habitat yang menjadi korban sebagai tindakan manusia. Kerusakan tersebut berupa penggundulan hutan, pencemaran limbah pabrik ke sungai hingga laut, penambangan batu bara dan minyak bumi yang merusak lingkungan serta pengerusakan terumbu karang dan perburuan hewan-hewan yang dilindungi. Kerusakan ekosistem menyebabkan keseimbangan ekosistem menjadi terganggu. Kerusakan ekosistem di darat masih bisa dipantau oleh manusia tetapi manusia terkadang kurang mampu untuk menganalisa bahwa ekosistem laut pun bisa mengalami kerusakan. Contohnya adalah menggunakan bom dalam berburu ikan di laut. Nah untuk bisa mencegah kerusakan lebih parah terhadap ekosistem laut, dibuatlah wilayah konservasi. Salah satunya adalah taman laut.

 

Pengertian Taman Laut

 

Taman laut adalah wilayah konservasi yang lokasinya terletak di dalam laut. Keberadaan taman laut diperuntukkan untuk melindungi dan menjaga keseimbangan bawah laut. Tamn laut juga dipakai sebagai tempat untuk berkembang biak flora dan fauna yang jumlahnya hampir punah di bumi ini. Taman laut adalah sebagai tempat guna memperbaiki ekosistem terumbu karang yang rusak dengan cara melakukan penanaman kembali terumbu karang. Posisi taman laut berbeda dengan daerah konservasi lainnya dimana taman laut digunakan untuk rekreasi atau untuk tujuan komersil. Hanya saja karena taman laut adalah daerah konservasi maka aturan ketat diberlakukan bagi para pengunjung. Ini adalah untuk mencegah para pengunjung merusak wilayah konservasi. Untuk bisa menjadi taman laut, sebuah daerah diharuskan memenuhi syarat sebagai berikut :

 

1/ Mempunyai keanekaragaman hayati yang tinggi, mempunyai kekhasan ekositem dan ekosistem belum mengalami kerusakan parah sehingga masih bisa diperbaiki, mempunyai hewan asli yang terancam punah dan memiliki daerah yang luas.

 

2/ Taman laut adalah salah satu konservasi bawah laut yang ada di dunia. Melakukan perburuan liar terhadap ikan di dalam wilayah taman laut sangat dilarang. Di samping itu bagi penyelam yang ingin menyelam dilarang menyentuh terumbu karang karena dikhawatirkan akan merusak terumbu karang tersebut. Jug ataman laut mempunyai fungsi yang berkaitan dengan pelestarian dan manfaat bagi manusia itu sendiri.

 

Fungsi Dari Taman Laut

 

Seperti terhadap wilayah konservasi lainnya, taman laut mempunyai berbagai macam fungsi yang menyertainya. Adapun fungsi dari taman laut dibagi menjadi tiga kelompok yaitu fungsi konservasi, fungsi pendidikan dan fungsi wisata.

 

1/ Fungsi konservasi adalah fungsi taman laut yang pertama sebagai bagian dari wilayah perlindungan flora dan fauna bawah laut. Dalam hal ini taman laut digunakan sebagai lokasi budi daya terumbu karang serta hewan air yang ada di daerah sekitarnya. Sebagai tempat konservasi, taman laut berusaha melindungi ekosistem bawah laut dari segala macam gangguan atau pengerusakan. Pelaku pengerusakan akan mendapatkan tindakan tegas dari pemerintah.

 

2/ Fungsi pendidikan adalah sebagai salah satu sarana belajar serta sarana pengembangan ilmu pengetahuan. Taman laut merupakan laboratorium yang ada di alam. Fungsi ini adalah terfokus kepada peranan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Peneliti dalam hal ini akan mempelajari karakteristik dari fauna dan flora di bawah laut. Taman laut akan memberikan ilmu bagi para pelajar yang ingin mempelajari kehidupan bawah laut.

 

3/ Fungsi wisata adalah sebagai tempat rekreasi bagi manusia. Fungsi ini bermanfaat bagi manusia yang ingin menikmati suasana alam. Taman laut menyimpan keindahan bawah laut yang sangat mempesona. Ini disebabkan karena ekosistem laut di taman laut sangat dijaga kelestariannya. Keindahan ini adalah menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung karena bisa untuk mengetahui keindahan alam dan diharapkan manusia tidak lagi merusak ekosistem alam terutama ekosistem bawah laut.

 

Contoh Taman Laut Di Indonesia

 

Indonesia merupakan salah satu negara yang menyimpan banyak keanekaragaman fauna dan flora. Ini dikarenakan Indonesia diapit oleh dua samudra dan dua benua yang menjadikan Indonesia adalah negara maritim. Negara maritime adalah negara yang mempunyai wilayah terluas berupa perairan. Oleh karena itu ekosistem laut di Indonesia sangat banyak dan beragam. Pemerintah dalam hal ini membangun banyak taman laut dengan disertai harapan untuk bisa melindungi serta menjaga ekosistem bawah laut. Beberapa contoh taman laut yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut :

 

  • Taman laut Bunaken yang terletak di Sulawesi mempunyai sekitar 390 spesies koral serta berbagai macam fauna seperti ikan hiu, ikan pari, kura-kura, ikan duyung atau moluska.
  • Taman laut Banda yang berlokasi di Maluku Tengah memiliki sekitar 310 jenis karang dan 871 spesies ikan dan ini adalah salah satu taman laut yang termasuk ke dalam salah satu warisan surga dunia.
  • Taman laut Wakatobi di Sulawesi Tenggara yang mempunyai hampir semua spesies koral yang ada di dunia. Total ada 750 spesies dari 850 spesies koral di dunia.
  • Taman laut Raja Ampat yang mempunyai total 573 jenis koral atau setara dengan 75% dari jenis koral dunia yang juga mempunyai sekitar 1.000 jenis ikan dan 700 jenis moluska.

Semoga bermanfaat.

 

Sumber tulisan :

 

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel