Tahukah Anda Bahwa Kegiatan Manusia Setiap Hari Dipengaruhi oleh Iklim dan Cuaca?

12 Aug 2022 10:53 1088 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Tahukah Anda Bahwa Kegiatan Manusia Setiap Hari Dipengaruhi  Oleh  Iklim  Dan Cuaca ? Simak Penjelasannya Di Sini

Iklim adalah hal yang erat hubungannya dengan kehidupan manusia dan kegiatan yang berlangsung di dalamnya setiap hari. Bagaimanapun juga iklim dan cuaca sangat dekat dengan manusia meskipun ada perbedaan antara iklim dengan cuaca. Dimana diketahui bahwa aktivitas manusia rata-rata sangat padat dan mendapat pengaruh besar dari keadaan iklim dan cuaca terutama aktivitas yang dilakukan di luar ruangan atau outdoor. Di samping aktivitas secara langsung dilakukan oleh manusia, iklim dan cuaca juga mempengaruhi kegiatan di berbagai bidang khususnya perekonomian manusia dan hal lainnya yang saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Sebenarnya apa saja pengaruh dari iklim dan cuaca bagi kehidupan manusia sehari-hari ? Berikut di bawah ini merupakan beberapa pengaruh dari iklim dan cuaca terhadap kegiatan manusia, silahkan menyimak penjelasan dari kami.

 

1/ Iklim dan cuaca mempengaruhi tempat tinggal manusia

 

Diketahui bahwa kondisi iklim sangat berpengaruh terhadap pemilihan tempat tinggal manusia. Ini sangat erat hubungannya dengan kenyamanan dalam melakukan aktivitas. Manusia akan memiliki kecendrungan untuk memilih tinggal di tempat dengan iklim yang nyaman dan aman seperti tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin. Apabila terlalu panas maka manusia tidak akan merasa nyaman, demikian pula jika terlalu dingin maka manusia menjadi kurang nyaman tinggal di dalamnya karena mereka bisa saja tidak tahan terhadap dinginnya cuaca.

 

2/ Mempengaruhi kegiatan bercocok tanam seperti pertanian dan perkebunan

 

Iklim dan cuaca memberikan pengaruh terhadap kegiatan bercocok tanam baik itu berupa pertanian dan lahan perkebunan. Ada banyak orang yang mengambil profesi sebagai pengelola perkebunan atau sebagai petani. Kesuksesan mereka dalam bercocok tanam akan sangat tergantung kepada iklim dan juga cuaca. Iklim yang terlalu dingin biasanya akan menciptakan keterbatasan terhadap tanaman yang bisa tumbuh di sekitarnya misalnya yang bisa dikembangkan hanyalah tembakau, teh dan pohon-pohon berdaun jarum. Demikian juga dengan iklim yang panas hanya bisa digunakan untuk lahan pengembangan beberapa tanaman saja yang mampu bertahan di sini. Ini tentu saja akan menjadi tantangan tersendiri bagi petani. Seperti juga terhadap persebaran curah hujan yang terlalu banyak akan menyebabkan akar tanaman mudah menjadi busuk namun curah hujan yang sangat sedikit juga bisa merugikan petani karena biaya produksi menjadi bertambah untuk pengairan agar akar tidak menjadi kering.

 

3/ Iklim dan cuaca mempengaruhi kesehatan manusia

 

Iklim dan cuaca memiliki pengaruh terhadap kesehatan manusia. Dimana hal ini terlihat dari banyaknya penyakit yang mudah muncul pada cuaca tertentu. Contohnya adalah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk yaitu demam berdarah dan malaria. Seperti yang diketahui bahwa nyamuk berkembang biak dengan sangat mudah pada genangan air yang banyak dijumpai ketika sedang musim hujan. Sehingga penyakit ini akan banyak berkembang ketika sedang musim hujan. Juga ditemukan penyakit yang mudah muncul ketika sedang musim kemarau panjang seperti gangguan tenggorokan, panas dalam, mencret, sakit kulit dan lain sebagainya.

 

4/ Memicu terjadinya alergi dan beberapa penyakit lain

 

Diketahui ada beberapa jenis alregi dan penyakit tertentu yang mudah menyerang ketika sedang musim tertentu di bumi. Seperti yang pernah terjadi di Benua Afrika yaitu penyakit kulit tertentu yang menyebar ke seluruh area karena iklim di Afrika yang sangat panas. Maka dari itu penularan penyakit seperti ini di Afrika tergolong mudah dan sangat cepat terlebih dengan dibantu oleh serangga tertentu, hal ini tidak lepas dari peranan keadaan iklim di wilayah tersebut.

 

5/ Mempengaruhi kegiatan perindustrian dan perekonomian manusia

 

Iklim banyak dipengaruhi oleh keadaan perindustrian yang menjadi mata pencaharian banyak orang di dunia. Contohnya adalah di daerah dingin maka akan banyak anda temukan industry yang membuat beragam pakaian hangat dan didampingi dengan penjual makanan/minuman yang membantu menghangatkan tubuh. Demikian pula di daerah yang panas maka perindustrian akan menjadi lebih terfokus dalam hal pembuatan pakaian yang berbahan katun atau yang bisa membuat manusia menjadi segar. Juga dengan makanan/minuman yang dijual pastilah dalam bentuk dingin yang bisa untuk menyegarkan badan.

 

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel