Olahan Sayur Kubis yang Spesial Menjadi Resep Tumis Kubis Campur Ampela

18 Aug 2022 12:25 273 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Olahan Sayur Kubis Yang Spesial Menjadi Resep Tumis Kubis Campur Ampela

Tahukah anda bahwa sayur kubis atau populer dengan nama sayur kol adalah salah satu jenis sayuran segar yang biasanya diolah sebagai lauk teman makan nasi berupa bahan pelengkap sup atau ditumis. Sayur ini akan ditambahkan dengan bahan-bahan lainnya baik itu berupa sayuran lain atau daging. Rasa yang dihasilkan dari masakan dengan menggunakan bahan dasar dari sayur kubis / kol ini adalah sangat lezat dan menyehatkan bagi yang menyantapnya sehingga bisa anda masak setiap hari sebagai salah satu menu santap siang atau menu santap makan malam.

Sayur kubis adalah bahan dasar membuat beragam jenis masakan yang rasanya nikmat bahkan sering sayuran yang satu ini dimakan dalam keadaan mentah yaitu sebagai lalapan yang dicocol dengan sambal terasi dan menu lauk pendamping seperti ikan laut goreng, tempe atau tahu goreng dan daging yang lainnya. Sayur kubis sudah tidak asing lagi di telinga para ibu-ibu rumah tangga dimana pada umumnya sayur ini diolah dengan cara ditumis seperti resep yang kami rekomendasikan kali ini sayur kubis segar ditumis dengan bahan tambahan berupa ampela ayam. Campuran kubis dan ampela menghasilkan hidangan spesial yang mantap rasanya di lidah karena didukung oleh bumbu / rempah pilihan membuat sajian ini menjadi semakin sedap. Tumis kubis campur ampela sangat pas disuguhkan di meja makan untuk acara santap makan bersama dengan keluarga tercinta di rumah. Kenikmatannya akan semakin tajam jika anda menyantapnya bersama dengan nasi putih hangat, sambal dan kerupuk udang. Apakah anda berniat untuk memasak tumis kubis ampela di rumah ? Cara memasak hidangan ini cukup praktis sehingga anda tidak akan dibuat kesulitan dalam membagi waktu terutama jika disuguhkan untuk acara sarapan pagi. Waktu mempersiapkan masakan adalah sekitar 40 menit, waktu untuk memasak sekitar 30 menit sehingga total jam yang dibutuhkan adalah sekitar 1 jam untuk 5 porsi.

 

Resep Praktis Tumis Kubis Campur Ampela

 

Bahan utam yang perlu disediakan adalah :

 

Ampela 200 gram

Kol segar 5 buah

1 butir telur ayam

1 buah cabai merah besar

2 buah cabai hijau besar

1 tangkai seledri

100 ml air bersih

2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

 

Bahan-bahan untuk menumis adalah sebagai berikut :

 

2 siung bawang putih

3 butir bawang merah

1 Cm lengkuas

1 lembar daun salam

¼ sendok teh merica bubuk

¼ sendok teh kaldu ayam bubuk

Garam secukupnya

Gula pasir secukupnya

 

Cara memasaknya adalah sebagai berikut :

 

Pertama-tama adalah cuci bersih kubis yang telah anda siapkan lalu iris kasar. Dilanjutkan dengan iris serong cabai merah dan cabai jihau besar lalu iris tipis bawang putih dan bawang merah. Memarkan lengkuas kemudian irisa kasar sayur seledri.

 

Setelah melakukan langkah di atas, langkah selanjutnya adalah panaskan minyak goreng. Lalu tumis bawang putih, bawang merah, cabai hijau, cabai merah, lengkuas dan daun salam sampai tercium aroma wangi. Kemudian sisihkan bumbu yang sudah ditumis dalam wadah bersih. Barulah masukkan telur ke dalam wajan dengan sisa minyak goreng yang sudah panas, aduk-aduk telur hingga tercampur merata antara putih dan kuningnya kemudian tambahkan ampela dan aduk-aduk kembali sampai merata. Masukkan kol, garam, merica bubuk dan kaldu ayam bubuk , aduk sampai merata setelah itu tuangkan air sedikit demi sedikit. Masukkan bumbu yang telah ditumis, aduk merata sampai semua bumbu meresap ke dalam bahan. Terakhir adalah taburkan seledri. Aduk-aduk kembali sampai merata dan matang, angkat lalu sajikan dalam piring saji.

 

Selamat mencoba.

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel