Ini Adalah Masakan Sederhana Namun Rasanya Lezat : Resep Ikan Sarden Saus Tomat Pedas

19 Aug 2022 14:45 2534 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ini Adalah Masakan Sederhana Namun Rasanya Lezat : Resep Ikan Sarden Saus Tomat Pedas
 

Ingin memasak menu makan siang yang praktis serta sederhana buat keluarga ? Tetapi yang mempunyai cita rasa lezat dan pedas maka silahkan mencoba berkreasi dengan bahan dasar dari ikan sarden. Ikan sarden mempunyai bentuk yang kecil-kecil biasa ditemukan di pasar ikan tradisional sebagai bahan utama membuat ikan sarden dalam kemasan kaleng yang menarik sudah tercampur dengan bumbu sehingga memudahkan untuk memasaknya. Ikan sarden kaleng terlahir pertama kali di Eropa yaitu sebagai salah satu makanan siap saji terbaik terbuat dari jenis ikan laut yang rata-rata ukurannya kecil. Ikan sarden banyak memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu salah satunya adalah mencegah penyakit jantung, kemudian pencegahan terhadap berbagai jenis penyakit kanker, mencegah pembekuan darah dan manfaat kesehatan yang lainnya. Kandungan pada ikan sarden adalah berupa protein dalam jumlah besar, energi, lemak, kalsium, zat besi, kalium, natrium dan yang lainnya. Tak mengherankan jika ikan sarden menjadi pilihan utama ibu-ibu rumah tangga sebagai sajian menarik untuk menu makan harian agar semua keluarga dapat terpenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi. Silahkan menemukan banyak ragam resep mengolah ikan sarden menjadi beraneka jenis masakan seafood yang praktis, sederhana dan enak melalui internet atau buku resep masakan. Seperti resep yang kami rekomendasikan melalui artikel kami kali ini memilihkan ikan sarden kaleng sebagai salah satu bahan utama yang nantinya akan dikreasikan dengan bahan-bahan lainnya. Ikan sarden dengan tambahan beberapa rempah akan menghasilkan kelezatan tak tertandingi menjamin keluarga akan lahap menyantapnya.

 

Resep Praktis Ikan Sarden Saus Tomat Pedas  

 

Nama masakan ini adalah ikan sarden saus tomat pedas yang membutuhkan lama persiapan memasak sekitar 25 menit, waktu memasak sekitar 35 menit sehingga membutuhkan total sekitar 60 menit untuk menghasilkan 3 porsi masakan.

 

Bahan-bahan yang harus disediakan adalah :

 

1 kaleng ikan sarden segar

Air putih secukupnya saja

3 sendok makan saos pedas

1 sendok makan saos tomat 

1 sendok teh gula pasir

1 sendok teh garam

Minyak goreng secukupnya

 

Sediakan bahan bumbu halus :

 

4 buah bawang merah diiris tipis-tipis

2 buah bawang bombai putih diiris tipis-tipis

1 buah cabai merah besar diiris tipis-tipis

 

 

Cara membuat masakan ini adalah :

 

Siapkan wajan kemudian beri sedikit minyak goreng kemudian bahan bumbu halus ditumis hingga harum. Selanjutnya beri garam dan taburi gula pasir, kemudian tuang air sedikit demi sedikit secukupnya. Masak hingga mendidih.

 

Lanjutkan dengan memasukkan saos tomat dan juga saos pedas lalu aduk-aduk. Setelah itu baru masukkan ikan sarden kemudian masak sebentar, bolak-balik secara perlahan-lahan agar ikan sarden tidak hancur. Ikan sarden saus tomat pedas siap disajikan bersama dengan nasi putih dan menu pendamping lainnya seperti sayur lalapan segar yang bergizi.

 

Selamat mencoba.

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel