Berkenalan di Gunung Bersalju yang Ternyata Lokasinya di Indonesia

8 Aug 2022 14:50 1313 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Berkenalan Dengan Gunung Bersalju Yang Lokasinya Di Indonesia

Negara Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki iklim tropism aka dari itu di dalamnya hanya mempunyai dua musim saja yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Namun pada kenyataannya ditemukan beberapa tempat di negara ini yang memiliki area bersalju dan salju ini selalu ada di sepanjang tahun. Tempat ditemukannya salju ini terletak di kawasan pegunungan dimana di Indonesia menyimpan banyak sekali jenis gunung tersebar mulai dari ujung Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat hingga Papua. Nah gunung-gunung yang ada di daerah Papua inilah yang merupakan satu-satunya gunung bersalju abadi di Indonesia. Berikut adalah daftar beberapa gunung di Indonesia yang mempunyai salju.

 

1/ Gunung Puncak Jaya

Yang pertama adalah Gunung Puncak Jaya yang merupakan salah satu jenis gunung bersalju dan menjadi bagian dari Pegunungan Barisan Sudirman. Gunung ini mempunyai ketinggian mencapai angka 4.884 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian ini menjadikan Puncak Jaya sebagai salah satu gunung paling tinggi di Indonesia. Gunung ini pada bagian puncaknya selalu diselimuti oleh salju abadi yang disebut dengan istilah gletser dan menjadi salah satu fenomena alam yang luar biasa menakjubkan. Keberadaan salju di Puncak Jaya merupakan satu-satunya gletser tropis di Asia dimana karena adanya perubahan iklim terutama oleh pemanasan global membuat gletser mencair. Tercatat di tahun 2010, ketebalan gletser Puncak Jaya sekitar 32 meter dan terus mengalami penipisan setiap tahunnya hingga mencapai 7 meter. Untuk melakukan pendakian ke puncak gunung ini tidaklah mudah dilakukan maka dari itu hanya sedikit orang saja yang berhasil mencapai puncak. Hal ini dikarenakan Puncak Jaya tertutup oleh salju sehingga untuk bisa mencapai bagian puncak haruslah dilakukan bersama dengan rombongan besar saling membantu dengan cara berjalan atau trekking.

 

2/ Gunung Puncak Sumantri

Gunung Indonesia kedua yang mempunyai salju abadi pada bagian puncaknya adalah bernama Gunung Puncak Sumantri yang termasuk ke dalam wilayah Papua Barat, tidak jauh dari Gunung Puncak Jaya. Puncak Sumantri mempunyai tinggi mencapai angka 4.870 meter di atas permukaan laut dengan memiliki jenis puncak yang sangat runcing. Salju yang berada di bagian puncaknya menyuguhkan keindahan alam sekitar yang terlihat serba putih berlatarbelakang warna batuan yaitu abu kehitaman. Meskipun begitu, keberadaan salju pada Puncak Sumantri saat ini terus mengalami penipisan bahkan hanya ditemukan pada beberapa titik saja. Hal ini diakibatkan adanya pemanasan global yang terjadi di bumi beberapa dekade silam yang pengaruhnya terasa saat ini.

 

3/ Gunung Puncak Carstensz Timur

Puncak Carstensz Timur termasuk ke dalam kelompok Pegunungan Jayawijaya yang masih satu lokasi dengan Puncak Jaya. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai angka 4.840 meter di atas permukaan laut. Untuk berhasil meraih Puncak Carstensz Timur ini maka pilihlah jalur yang termudah karena rata-rata jalur yang tersedia tidaklah mudah untuk ditempuh. Harus membawa banyak perlengkapan yang jauh-jauh hari wajib dipersiapkan mulai dari jaket khusus untuk melindungi tubuh dari hujan es dan dinginnya suhu udara, sepatu es, tali, martil dan lain sebagainya. Hal ini bukannya tanpa alasan untuk dilakukan karena Puncak Carstensz Timur adalah tebing berbatu yang sangat terjal sehingga hanya pendaki profesional saja yang diizinkan untuk melakukan pendakian hingga ke puncak gunung ini.

 

4/ Gunung Puncak Mandala

Gunung Puncak Mandala menjadi gunung terakhir yang bersalju berlokasi di Indonesia tepatnya di kawasan Barisan Sudirman wilayah Pegunungan Jayawijaya di Papua. Tingginya bisa mencapai angka 4.720 meter di atas permukaan laut dan masuk sebagai salah satu gunung tertinggi keempat di Indonesia. Bagian puncak dari Puncak Mandala terselimuti oleh salju atau gletser karena lokasinya yang terletak sangat tinggi dari permukaan laut. Namun saying sekali keberadaan gletser tersebut terus mengalami penyusutan sebagai akibat adanya pemanasan global. Untuk bisa mencapai Puncak Mandala dibutuhkan peralatan pendakian lengkap dengan biaya yang besar. Juga dibutuhkan kesiapan fisik yang kuat dan sehat sebab cuaca di sekitar puncak gunung sangat ekstrim seperti mulai dari hujan es hingga disertai angina yang cukup kencang.

 

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel