Optimalkan Manfaat Daun Bawang Prei untuk Kesehatan Tubuh Anda

13 Sep 2022 12:00 796 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Kesehatan Tubuh Bisa Dijaga Dengan Optimalkan Manfaat Daun Bawang Prei

Di samping bermanfaat untuk melezatkan beragam jenis masakan ternyata daun bawang prei ini juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh yang dimaksudkan adalah seperti yang kami sebutkan satu per satu di bawah ini. Seperti diketahui bahwa daun bawang prei mengandung mineral seperti zat besi yang bermanfaat untuk menjaga kondisi sel darah merah tetap berfungsi sehat, mangan yang berkhasiat untuk perkembangan fungsi otak dan juga saraf serta sebagai salah satu sumber energi yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh.

 

1/ Ampuh untuk menurunkan kadar gula darah

 

Salah satu awal mula penyakit kronis menyerang adalah adanya kadar gula yang tinggi di dalam tubuh yang dikenal dengan istilah diabetes. Daun bawang prei segar yang mengandung senyawa sulfur di dalam allium terbukti efektif untuk menurunkan kadar gula darah yang berlebihan. Untuk membuatnya bisa menggunakan cara-cara tersebut di bawah ini :

 

  • Siapkan 1 tangkai daun bawang prei yang masih segar utuh dengan akarnya dan air mineral secukupnya saja.
  • Bersihkan daun bawang prei secara menyeluruh hingga akar kemudian masukkan ke dalam wadah yang berisikan air mineral lalu tutup rapat selama sehari penuh.
  • Kemudian saringlah dan biarkan selama 24 jam.
  • Minum ramuan ini pada keesokan harinya.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa mengulanginya setiap hari.

 

Di samping dengan cara tersebut di atas, anda juga bisa menikmati daun bawang prei dengan cara dimakan mentah / segar sebagai lalapan atau dimasak menjadi lauk pendamping makan nasi putih setiap hari.

 

2/ Ampuh untuk menurunkan berat badan

 

Daun bawang prei segar bermanfaat untuk menurunkan berat badan seperti halnya manfaat sayuran pada umumnya. Karena daun bawang prei dapat mencegah munculnya rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang karena di dalamnya terkandung air dan juga serat yang banyak. Daun bawang prei mengandung serat larut yang dapat membentuk gel dalam usus sehingga daun bawang prei efektif mengurangi nafsu makan dan mengurangi rasa lapar. Cara untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan daun bawang prei adalah dengan menambahkan daun bawang prei ke dalam setiap masakan yang anda olah di rumah. Hal ini ampuh untuk bisa meningkatkan asupan keseluruhan sayuran yang akan memberikan efek diet secara maksimal.

 

3/ Ampuh untuk dapat meningkatkan fungsi otak

 

Manfaat daun bawang prei segar yang ketiga adalah bisa untuk meningkatkan fungsi otak dan kinerja secara drastis. Ini dikarenakan dalam daun bawang prei segar mengandung senyawa belerang yang terbukti mampu melindungi otak dari serangan penyakit yang bisa mengakibatkan menurunnya fungsi otak disebabkan oleh faktor usia. Tidak hanya itu saja, fungsi belerang dari daun bawang prei adalah ampuh untuk mengurangi keganasan penyakit kejiwaan.

 

4/ Ampuh untuk melindungi tubuh dari penyakit kanker

 

Daun bawang prei banyak mengandung kaempferol yang dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit kronis menyerang seperti kanker. Kaempferol dalam daun bawang prei dapat membunuh sel-sel kanker, mengurangi peradangan serta dapat mencegah sel-sel tersebut menyebar secara luas di dalam tubuh. Di samping mengandung kaempferol, dalam daun bawang prei segar juga banyak mengandung allicin yang merupakan senyawa belerang bersifat sebagai media anti kanker. Sebuah penelitian telah membuktikan hal ini bahwa orang yang rutin mengkonsumsi allium seperti yang terdapat dalam daun bawang prei mempunyai resiko kanker hingga 46% lebih rendah daripada mereka yang jarang mengkonsumsi bawang prei.

 

5/ Ampuh untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung

 

Manfaat yang terakhir dari daun bawang prei segar yang di dalamnya mengandung kaempferol flavonoid adalah untuk melindungi lapisan pembuluh darah dari kerusakan termasuk kerusakan molekul oksigen yang sifatnya terlalu reaktif. Di dalam daun bawang prei juga terdapat konsentrasi berupa vitamin folat B dalam bentuk bioaktif sekaligus merupakan sumber dari antioksidan polifenol yang ampuh melindungi pembuluh darah dan juga sel-sel darah dari kerusakan oksidatif.

 

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel