Penyakit Asam Urat Bisa Dilenyapkan dengan Rutin Mengkonsumsi Buah Plum

18 Aug 2022 14:25 297 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Penyakit Asam Urat Bisa Dilenyapkan Dengan Rutin Mengkonsumsi Buah Plum

Saat ini sangat mudah menemukan obat asam urat yang dijual secara bebas mulai dari warung biasa, took-toko obat hingga apotik. Tetapi apakah benar obat asam urat yang dijual secara bebas ini tidak memicu resiko buruk untuk perkembangan kesehatan organ tubuh lainnya ? Mak dari itu marilah mulai membiasakan diri untuk terapi kesehatan asam urat dengan menggunakan cara yang alami seperti salah satunya adalah mengkonsumsi buah plum segar. Diketahui bahwa buah plum memiliki kulit buah yang berwarna ungu gelap banyak mengandung khasiat yang fantastis. Salah satu khasiat terbesar terkandung di dalamnya adalah dapat untuk menyembuhkan penyakit asam urat. Ini sudah dibuktikan melalui penelitian kesehatan yang dilakukan di Amerika Serikat menyatakan bahwa buah plum dapat menghentikan pelemahan tulang sekaligus menanggulangi masalah yang menyertainya seperti asam urat. Kandungan dalam sebutir buah plum ukuran jumbo adalah kaya kan nutrisi seperti energi sebesar 30 kalori, karbohidrat 8 gram, serat 1 gram, gula 7 gram, vitamin A 5% dari angka kebutuhan gizi, vitamin C 10% dari angka kebutuhan gizi dan vitamin K sebesar 5% dari AKG. Juga diketahui bahwa sebutir buah plum mengandung berbagai jenis mineral yang sangat penting untuk kesehatan tubuh seperti kalium, tembaga dan mangan.

 

Beberapa ahli kesehatan lebih lanjut menjelaskan bahwa makan 50 gram buah plum sehari bermanfaat seperti anda mengkonsumsi 100 gram buah-buahan segar setiap hari. Menurut pengamat kerja di Florida State University telah banyak menguji buah-buahan untuk kesehatan tubuh menyatakan bahwa dalam buah ara, kurma, stroberi dan kismis, tidak ada buah satupun yang mendekati dalam hal memberikan dampak secara langsung kepada kepadatan tulang yang kering. Sedangkan buah plum mempunyai manfaat untuk itu. Secara umum manfaat buah plum untuk hal-hal yang erat hubungannya dengan penyakit tulang dan penyakit lain yang menyertai seperti asam urat adalah seperti yang kami jelaskan tersebut di bawah ini.

 

1/ Kalsium dalam buah plum membantu mengatasi asam urat

 

Beberapa ahli kesehatan telah melakukan pengamatan terhadap 100 wanita pasca menopause selama periode 12 bulan penelitian. Sekitar setengah dari jumlah ini mengkonsumsi sekitar 100 gram buah plum sehari, sedangkan 45 wanita lainnya memakan 100 gram buah apel sehari. Hasil penelitian ini adalah semua peserta mendapatkan kalsium dan vitamin dari kedua buah-buahan tersebut tetapi wanita yang mengkonsumsi buah plum mempunyai kandungan mineral yang mampu membuat tulang mereka menjadi lebih padat di bagian ulna dibandingkan dengan wanita yang mengkonsumsi buah apel. Ulna adalah salah satu dari dua tulang yang terletak di lengan bawah dan tulang belakang. Tentu saja ini baik bagi kesehatan tulang sekaligus untuk menanggulangi asam urat.

 

Menurut penelitian tersebut di atas lebih lanjut menjelaskan bahwa wanita menopause dalam 5 sampai 7 tahun pertama sangat beresiko kehilangan kepadatan tulang sekitar 3-5% per tahun. Namun hal ini tidak hanya terjadi pada wanita saja melainkan kelompok pria berusia 65 tahun juga akan mengalami hal demikian seperti halnya pada wanita yang hanya mengkonsumsi buah apel saja.

 

Gejala asam urat adalah nyeri sendi parah dan mendadak, umumnya pertama kali terjadi pada waktu pagi hari serta sendi bengkak, sendir berubah warna menjadi kemerahan dan sendi terasa hangat dan lunak ketika ditekan. Jangan menunggu sampai mengalami osteoporosis atau asam urat lebih parah baru membutuhkan bantuan dokter. Lakukan sesuatu yang sifatnya sigap dan mudah seperti mengkonsumsi buah plum serta diimbangi dengan melakukan olahraga ringan secara teratur, menurunkan berat badan dan menjaga postur yang baik, hal ini bisa mengurangi kemungkinan penyakit ini menjadi berkembang membesar.

 

2/ Mampu mengurangi gejala asam urat

 

Buah plum merupakan salah satu jenis buah yang banyak mengandung zat fitonutrien bersifat unik yaitu dikenal dengan istilah chlotogenic dan neochlorogenic yang termasuk jenis fenol. Fenol merupakan salah satu jenis antioksidan untuk mengatasi radikal bebas berbahaya dimana kandungan fenol ini akan mencegah kerusakan oksigen di dalam lemak.

 

3/ Mencegah asam urat

 

Menjadikan buah plum sebagai camilan akan memberikan banyak manfaat daripada pilihan camilan lainnya. Hal ini dikarenakan dengan rutin memakan buah plum memberikan efek menguntungkan seperti rasa kenyang sehingga bisa mencegah asam urat dan mengontrol nafsu makan.

 

Cara Mengkonsumsi Plum Untuk Asam Urat

 

Bagaimana caranya untuk menyembuhkan asam urat dengan buah plum ? Adalah dengan mengkonsumsi buah ini sebanyak 50 gram sehari karena 2 buah plum bisa mengandung sekitar 2,4 gram serat dan juga buah ini mengandung kadar purin yang rendah sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam urat. Dengan rutin mengkonsumsi buah plum akan sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian serta kalium di dalam tubuh. Zat pewarna dalam kulit buah plum banyak mengandung antisianin yang ampuh untuk melindungi tubuh agar terhindar dari serangan kanker karena ampuh untuk menetralkan radikal bebas.

 

Semoga bermanfaat.

 

Sumber tulisan :

 

https://www.manfaat.co.id/manfaat-buah-plum-untuk-asam-urat/

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel