Media Pengeras Suara yang Hampir Semua Orang Punya

28 Jul 2022 10:35 1511 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Earphone adalah salah satu media pengeras suara yang sering digunakan dan dimiliki oleh hampir setiap orang

Halo semua, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian baik-baik saja. Kalian pasti sering mendengar kata earphone, beberapa dari kalian pastinya sudah tahu apa itu earphone. Tapi bagi yang tidak tahu, disini kita akan mengulas tentang earphone.

PENGERTIAN

Earphone atau penyuara telinga adalah sepasang alat pengeras suara yang digunakan sangat dekat dengan telinga. Pada saat menggunakannya, alat ini terhubung dengan frekuensi audio stereofonik, monofonik atau binaural. Sumber sinyal bisa berasal dari penguat suara, radio atau pemutar cakram padat (CD).

ISTILAH YANG MEMBINGUNGKAN

Meskipun sudah terkenal, masih banyak orang yang bingung tentang nama alat ini. Ada yang bilang earphone ada headphone dan adapula headset.

Earphone adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara, dipakai dengan cara memasangnya disumpalkan ke dalam telinga. Sedangkan headphone, menurut beberapa ensiklopedia, mempunyai arti demikian dua earphone yang memiliki bando yang dikenakan di kepala; sementara headset memiliki tiga makna yaitu:

  • Mikrofon
  • Pasangan dari headphone
  • Alat tambahan untuk menggunakan earphone dan pemancar di kepala.

SEJARAH

Alat dengar telinga untuk telepon sebenarnya sudah ada sejak abad ke-20. Pada tahun 1986, terdapat teknologi pengurangan gangguan suara dengan mengembangkan earphone untuk melindungi pendengaran pilot dari kebisingan di first non-stop around-the-world flight.

Ketika itu, juga terkenal produksi ear canal earphones dengan active noise control untuk pertama kali. Setelah itu, hanya alat sensitive earphone satu-satunya cara untuk mendengar sinyal audio sebelum amplifier dikembangkan.

Selama tahun 1990 dan 2000 earphones menjadi tipe yang paling digemari untuk alat musik pribadi. Dan tahun 1919,sensitive earphone ini digunakan umumnya untuk radio. Keadaannya belum sebagus sekarang. Gangguan/ noise masih banyak dan kualitas suaranya pun masih kasar/ mentah. Dahulu ketika kita menggunakan radio, earphones harus disambungkan ke terminal baterai yang bertegangan volt tinggi dan terminal baterai di tanah. Penggunaan koneksi listriknya pun tidak nyaman bagi pengguna karena menggagetkan.

PENGGUNAAN

Keunggulan

Dengan adanya earphone, orang-orang lebih dapat mendengarkan suara secara bebas. Bisa dengan berapapun tingkat volumenya atau mendengarkan suara apa saja, kapan saja, dan dimana saja. Privasi masing-masing individu pun terjaga.

Keuntungan lainnya adalah kedap suara. Suara dari luar tidak masuk mengganggu dan demikian pula sebaliknya. Sound isolating earphone pun sangat berperan di sini selain dari privasi

Kelemahan

Terlalu sering menggunakan atau terlalu memaksa pemakaian akan menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran atau tuli. Apalagi biasanya earphone digunakan dengan diset sekeras-kerasnya untuk ‘melawan’ noise dari luar yang biasanya kita gunakan di tempat-tempat ramai/ bising. Ini sangat berisiko tinggi.

Ketulian sudah dapat menyerang orang semakin dini. Awal-awalnya telinga yang sering menggunakan earphone tidak terasa apa-apa tetapi ketika hendak mencabut earphone, telinga terasa panas dan berdengung hebat.

Itu terjadi akibat kelelahan koklea (rumah siput), yang berperan penting dalam proses pendengaran. Kelelahan koklea yang terjadi terus-menerus dan tak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pendengaran menetap.

PENERAPAN

Earphone umumnya tidak mahal dan didukung sebagai alat yang praktis dibawa-bawa dan menyenangkan banyak orang, tetapi earphone tidak dilengkapi dengan isolasi karena tidak dapat mengirimkan tingkat dinamika yang sama sehingga earphone lebih sering digunakan di volume suara yang tinggi. Hal ini dapat pula meningkatkan risiko tinggi akan bahaya fungsi pendengaran.

Earphone juga kini mempunyai komponen telepon nirkabel yang berarti tidak menggunakan kabel, sehingga bermanfaat untuk alat mendengar tanpa batasan panjang kabel.
Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel