Fakta tentang Keberadaan Negara Bolivia di Dunia

25 Aug 2022 14:35 810 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Tentang Keberadaan Negara Bolivia Di Dunia

Negara Bolivia atau secara resmi bernama Plurinasional Bolivia adalah sebuah negara yang letaknya berada di Amerika Selatan. Negara ini termasuk ke dalam salah satu negara yang memiliki lokasi agak terpencil dari keberadaan negara-negara lainnya di dunia terutama di lingkungan Negara Amerika Selatan. Pertama kali Negara Bolivia berdiri menggunakan nama Republica Bolivia yang saat itu diambil dari sebuah nama adalah Simon Bolivar, seorang panglima militer perjuangan kemerdekaan di Amerika Selatan. Dahulu Bolivia dijajah dan penduduk asli Bolivia dipekerjakan sebagai budak untuk pabrik-pabrik pertambangan perak hingga akhirnya Simon Bolivar membantu penduduk Bolivar menjadi sebuah negara merdeka.

 

Sumber Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Bolivia

Sumber ekonomi dari Negara Bolivia adalah masih termasuk ke dalam kelompok negara-negara miskin di Amerika Selatan setelah Negara Guyana. Hal ini disebabkan karena tingginya kasus korupsi serta adanya campur tangan pihak asing sejak zaman kolonialisme. Meskipun demikian sebenarnya kekayaan alam di Bolivia berjumlah mencukupi untuk kesejahteraan penduduk yaitu sebagian besar berasal dari gas alam terbesar ke-2 di Amerika Selatan setelah Negara Venezuela. Tidak hanya itu saja, di El Mutun, departemen Santa Cruz mewakili sekitar 70 persen besi dan magnesium di dunia. Pemerintah Bolivia banyak bergantung pada bantuan asing terutama dalam hubungannya dengan proyek pengembangan keuangan. Pendapatan negara lainnya berasal dari sektor pertanian dengan hasil pertanian utama adalah kedelai, manufaktur dan kegiatan ekspor terutama ke Amerika Serikat berupa emas, perhiasan dan kayu.

 

Mengenal Penduduk Yang Menempati Negara Bolivia

Hampir sebagian besar penduduk Bolivia berasal dari beragam etnik mulai dari Etnik Amerindian Quechua menjadi memiliki jumlah paling besar yang disusul oleh kelompok etnik minoritas yang terpusat ditemukan di pusat Kota Bolivia yaitu Etnik Mestizo (merupakan sekelompok etnik berasal dari pencampuran antara bangsa Eropa dengan Suku Amerindian), etnik kulit putih, Etnik Afro-Bolivia (adalah keturunan budak Afrika), Etnik Jepang dan etnik yang berasal dari bangsa bagian timur tengah.

Penduduk Bolivia sebagian besar menganut agama Katolik Roma yang sekaligus menjadi agama resmi negara ini sejak terbentuk. Di samping itu ditemukan juga sekelompok penduduk yang memeluk agama Protestan, Islam, Yahudi dan aliran kepercayaan Baha’i yang dianut oleh sekitar 1% dari total keseluruhan jumlah penduduk di Bolivia yang menjadikan kepercayaan ini sebagai salah satu aliran kepercayaan terbesar di dunia.

Penduduk Bolivia menggunakan Bahasa Spanyol sebagai bahasa ibu dan bahasa utama percakapan setiap hari meskipun dikenal juga penggunaan Bahasa Aymara dan Bahasa Quechua yang juga umum dituturkan di negara ini terutama di daerah pedesaan.

 

Fakta Menarik Tentang Negara Bolivia

Adalah sebuah kota kecil yang bernama Kota Sucre mendapat julukan sebagai Athenanya Amerika Selatan karena di dalam kota ini terdapat sebuah universitas besar dan sangat populer di dunia bernama Universitas Xavier San Fransisco yang berdiri sejak tahun 1624. Sebagian besar para pelajar di dalamnya mengambil jurusan di bidang hukum dan kedokteran.

Hal lainnya yang menarik ada di dalam negara ini adalah keberadaan sebuah jalan yang sangat terkenal sebagai jalan kematian yaitu bernama Jalan Yungas Utara sebagai penghubung antara Lembah Yungas dan Lembah La’az dikenal sebagai jalur yang banyak memiliki kondisi paling berbahaya di dunia sehingga menjadi rawan terjadinya kecelakaan.

Negara Bolivia di dunia juga populer dengan area Salar de Uyuni yaitu di sekitarnya terdapat endapan garam terbesar yang di dalamnya banyak mengandung lithium dengan kadar paling tinggi di dunia. Tak jauh dari wilayah ini ditemukan sebuah danau unik yaitu dengan kondisi air berwarna diberi nama Danau Laguna Colorada yang terletak di kawasan pariwisata Negara Bolivia yaitu Altiplano. Air dalam danau ini berwarna merah darah yang terletak sekitar 4.000 meter di atas permukaan laut.

Fakta menarik terakhir tentang Negara Bolivia adalah selalu diselenggarakan karnaval tertua yang telah berusia sekitar 2.000 tahun dan saat ini masuk ke dalam salah satu catatan sejarah UNESCO’s Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel