Negara Belize, Sebuah Negara Kecil dengan Warisan Dunia

12 Sep 2022 16:45 1129 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Fakta Yang Perlu Diketahui Secara Singkat Tentang Negara Belize

Negara Belize merupakan salah satu negara kecil yang terletak sangat strategis di daerah pesisir timur Amerika Tengah. Pada zaman dahulu negara ini bernama Honduras Britania dimana selanjutnya pada tahun 1973 sempat menjadi negara bekas jajahan Britania Raya selama kurang lebih satu abad. Di dalam Bahasa Spanyol menjelaskan bahwa suku kata belize lebih sering dikenal dengan nama ‘belice’ sedangkan suku kata belize ini berasal dari suku kata Bahasa Maya yaitu belix yang mengandung makna air berlumpur mengacu kepada kondisi Sungai Belize di dalamnya. Namun menurut catatan sejarah mengatakan lebih jauh bahwa suku kata belize tidak begitu jelas apa makna yang terkandung di dalamnya. Namun ditemukan sebuah teori yang menjelaskan jika nama Belize diturunkan dari pelafalan Bahasa Spanyol untuk Wallace yang merupakan nama akhir dari bajak laut, pencipta pemukiman pertama kali di wilayah Belize.

 

Penduduk Yang Menempati Negara Belize

 

Hingga saat ini jumlah penduduk Belize mencapai sekitar 400.000 jiwa dengan mayoritas merupakan Etnis Mestizo. Etnis ini merupakan etnis keturunan pencampuran dari Spanyol dan Maya. Mereka terfokus ditemukan di daerah Corozal dan Orange Walk serta menggunakan bahasa sehari-hari adalah Bahasa Spanyol dalam percakapan diantara mereka. Kelompok etnis lainnya berasal dari Etnis Creol, Maya dan Garinagu. Etnis Maya diperkirakan telah ada di Belize tepatnya di wilayah Yucatan sejak millennium kedua SM dan dikelompokkan menjadi 3 bagian yaitu Yucatec, Mopan dan Q’eqchi. Etnis Maya banyak berbicara menggunakan bahasa asli mereka setiap hari diantara mereka. Namun beberapa diantaranya ditemukan menggunakan Bahasa Spanyol, Inggris dan Kreol Belize. Sedangkan untuk Etnik Garinagu adalah kelompok etnis keturunan dari hasil pencampuran antara Afrika Barat atau Afrika Tengah dengan Arawak dan Kepulauan Carib.

 

Seiring dengan berjalannya waktu, negara ini mendapat banyak Seiring berjalannya waktu, negara ini kedatangan pada imigran yang berasal dari Rusia (Mennonit Rusia), India, Tiongkok, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Korea Selatan, Suriah, dan Lebanon. Tidak hanya itu saja, imigran Amerika Tengah seperti El Salvador, Guatemala, Honduras, dan Nikaragua juga datang ke negara ini. Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi negara Belize. Negara ini merupakan satu-satunya negara di Amerika Tengah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi. Akan tetapi bahasa Kreol Belize menjadi bahasa yang paling banyak dituturkan baik dalam kondisi formal, informal, antaretnis, sosial, bahkan pertemuan Dewan Perwakilan Rakyat.

 

Di bidang agama, banyak penduduk Belize adalah jemaat Gereja Katolik Roma. Terdapat pula agama lain dianut oleh penduduk Belize yakni Protestan, Pantekosta, Advent, Maya, Garifuna, Obeah Myalisme, Hindu, Budha, Muslim, Baha’i, Rastafarian dan Ateis.

 

Perekonomian Dan Sumber Kekayaan Alam Negara Belize

 

Pariwisata merupakan salah satu sektor andalan Negara Belize. Pada tahun 2017 tercatat pendapatan domestik bruto dari sektor pariwisata mencapai angka rata-rata US$1,854 miliar dengan jumlah pendapatan per kapita mencapai US$8,300. Tidak hanya itu saja, sektor pertanian juga turut menyumbang pendapatan negara dimana diketahui bahwa hasil utama pertanian adalah berupa gula, pisang, jeruk dan berbagai macam hasil laut. Sebenarnya kekayaan alam yang dimiliki oleh Negara Belize hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penduduknya saja seperti tanaman padi yang hanya dikelola guna pemenuhan kebutuhan rumah tangga sehari-hari penduduknya saja. Bahkan untuk sumber daya alam berupa mineral dan minyak bumi jumlahnya rata-rata yang hanya untuk pemenuhan kebutuhan dalam negeri meskipun ada sisa untuk diekspor keluar negeri. Ada banyak lahan liar yang belum dikelola secara profesional namun sebagian telah ditanami pohon yang menghasilkan kayu. Untuk sumber daya air dan ikan saat ini sudah mulai dikelola dengan baik karena penduduk Belize sadar jika kekayaan ala mini bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya alam yang memiliki potensial besar untuk kesejahteraan rakyatnya.

 

Fakta Yang Berhubungan Dengan Negara Belize

 

Adalah keberadaan The Great Blue Hole yang terletak di area Karang Belize berhasil masuk sebagai salah satu daftar situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1996. Lubang besar berwarna biru ini merupakan salah satu jenis lubang pembuangan limbah laut terbesar yang letaknya di Laut Karibia. Juga negara ini pernah menjadi salah satu negara yang menjadi tempat berdirinya Kerajaan Maya Kuno sejak ratusan tahun yang lalu. Di sini telah ditemukan lebih dari 900 situs suci yang saat ini tersisa dari reruntuhan Kerajaan Maya. Tak jauh dari area ini ditemukan Cagar Alam Cockscomb dan Cagar Alam Jaguar merupakan satu-satunya cagar alam di dunia yang kusus melestarikan jaguar.

 

Semoga bermanfaat.

 

Sumber tulisan :

 

https://www.ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-belize/

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel