Mengenal Secara Singkat Fakta tentang Keberadaan Negara Argentina di Dunia

5 Sep 2022 10:49 974 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Secara Singkat Fakta Tentang Keberadaan Negara Argentina Di Dunia

Negara Argentina atau dikenal dengan nama lain adalah Republik Argentina merupakan salah satu negara terbesar kedua di Amerika Selatan tepatnya berlokasi di bagian selatan. Karena lokasinya yang sangat strategis inilah negara ini mendapat julukan sebagai salah satu negara paling makmur di bagian selatan.

 

Asal mula pemberian nama Argentina adalah diambil dari Bahasa Latin yaitu ‘Argentum’ yang mengandung makna perak. Dimana pada saat itu kapal-kapal penjelajah yang dipimpin oleh Juan Diaz de Solis karam namun berhasil selamat dan memperoleh hadiah berupa perak dari para pribumi. Nama Argentina sendiri untuk pertama kali digunakan di dalam buku sejarah penemuan, populasi dan penaklukan yaitu ‘Rio de la Plata’ oleh Ruy Diaz de Guzman’s pada tahun 1612. Di dalam buku ini disebutkan daerah yang dijuluki dengan nama Tierra Argentina atau Tanah Perak yang makmur.

 

Penduduk Di Wilayah Negara Argentina

 

Negara Argentina merupakan salah satu negara yang bersifat multikultural sehingga tak mengherankan jika penduduk yang menempatinya berasal dari beragam jenis etnik. Hal ini disebabkan karena negara ini menjadi salah satu negara tujuan para imigran Eropa yang sudah dimulai sejak abad ke-19 hingga memasuki abad ke-20. Hampir sebagian besar penduduk Argentina merupakan keturunan dari Italia dan Spanyol. Juga ditemukan sekelompok etnik lain yaitu Wales dan Jerman. Argentina dikenal sebagai tuan rumah yang baik bagi imigran yang berasal dari Arab khususnya dari daerah Suriah dan Libanon. Dimana mayoritas penduduk di sini memeluk agama Kristen yang terbagi menjadi Katolik Roma, Gereja Maronit, Eastern Orthodox dan lain sebagainya. Agama Islam dan Yahudi menjadi agama minoritas di negara ini.

 

Apabila dilihat secara de facto, bahasa resmi yang digunakan di Argentina adalah Bahasa Spanyol yang dituturkan oleh sebagian besar penduduknya. Meskipun begitu, Bahasa Inggris juga banyak digunakan terutama di kalangan pendidikan. Ditemukan juga bahasa-bahasa lain yang digunakan oleh penduduk Argentina antara lain Bahasa Italia, Arab, Jerman, Guarani dan sebagainya.

 

Keadaan Ekonomi Dan Kekayaan Alam Argentina

 

Seperti diketahui bahwa tingkat perekonomian Negara Argentina berada diurutan kedua tertinggi di Amerika Selatan. Ini terjadi tentu saja didukung oleh adanya sumber kekayaan alam yang melimpah di dalamnya yang didukung oleh tingkat buta huruf yang sangat rendah, basis industri beragam dan sektor pertanian berorientasi ekspor. Pada tahun 1980, negara ini terlibat hutang luar negeri dalam jumlah besar yang menyebabkan terjadinya inflasi hingga mencapai 200% dalam kurun waktu sebulan. Tetapi dengan berjalannya waktu ke masa depan, perekonomian negara perlahan-lahan namun pasti mengalami kebangkitan dengan ditandai adanya peningkatan pada ‘Indeks Pembangunan Manusia dan PDB per kapita’. Sektor industri menjadi salah satu sektor penyumbang pendapatan negara terbesar termasuk di dalamnya adalah industri pertanian dan sisanya merupakan benda-benda diekspor. Industri manufaktur juga memegang peranan penting dalam perekonomian negara meskipun masih dalam tahapan perkembangan.

 

Yang terpenting adalah kekayaan alam yang dimilki oleh Argentina memegang peranan penting terhadap kemajuan perekonomian negara. Kekayaan alam tersebut adalah berupa minyak bumi, uranium, timah, timbale, seng, tembaga, bijih besi dan juga mangan. Sebagian dari sumber alam tersebut telah berhasil diekspor ke sejumlah negara tetangga seperti Brazil, Republik Rakyat Tiongkok dan Amerika Serikat dengan produk utama ekspor berupa minyak bumi, kedelai dan kendaraan. Selain kegiatan-kegiatan ekspor, Argentina juga melakukan berbagai aktivitas impor berupa minyak bumi, gas alam, mesin dan kendaraan bermotor dengan mitra utama adalah dari Brazil, Amerika Serikat dan RRC.

 

Fakta Lain Yang Menarik Tentang Argentina

 

Seperti diketahui bahwa Argentina merupakan salah satu negara yang dianggap sebagai tempat bagi para imigran. Penduduk Argentina sendiri menyebut negaranya dengan istilah ‘crisol de razas’ yang mengandung arti wadah ras.

 

Pendidikan di sini sangat diperhatikan oleh pemerintahnya. Tingkat warga yang bebas buta huruf mencapai angka 98%. Juga ada organisasi PATO yang menjadi olahraga nasional di sini. PATO dimainkan oleh gaucho dengan cara menunggangi kuda dan telah dikenal sejak awal tahun 1600. Argentina juga terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki perkebunan anggur terluas di dunia yaitu telah ada sejak abad ke-16 dan dianggap sebagai anggur terbaik di dunia. Sehingga tidak mengherankan jika negara ini mempunyai sekitar 1.800 kilang anggur dengan kualitas minuman anggur atau wine berada di urutan kelima dunia. Negara ini juga dikenal menjadi salah satu pendiri World Trade Organization, World Bank, United Nations dan The Union of South American Nations. Dan yang paling menonjol tentang fakta menarik mengenai negara ini adalah teh mate yang merupakan salah satu jenis minuman nasional di negara ini terbuat dari daun muda tanaman yerba mate yang diminum dengan menggunakan sedotan logam bernama bombilla.

 

Argentina terkenal akan niatnya yaitu ingin mengklaim area Antartika sebagai bagian dari negaranya. Dimana pada tahun 1977, negara ini mengirim sekelompok wanita hamil menuju ke Antartika guna membantu niat ini segera tercapai.

 

Semoga bermanfaat.

 

Tags News

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel