Mengenal Secara Singkat Fakta tentang Negara Uruguay

1 Aug 2022 14:20 1555 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mengenal Secara Singkat Fakta Tentang Negara Uruguay

Negara Uruguay atau populer dengan nama lain adalah Republik Oriental Uruguay merupakan salah satu negara besar yang terletak di wilayah Amerika Selatan. Negara ini termasuk ke dalam bagian dari Negara Suriname di Amerika Selatan yang mempunyai tingkat perekonomian dan kondisi politik paling stabil. Negara Uruguay menjadi negara merdeka di tahun 1811 setelah melalui perjuangan tiga arah yaitu direncanakan diklaim oleh Argentina, Spanyol dan Brazil. Suku kata Republik Oriental Uruguay (Republik Timur Uruguay) digunakan sebagai nama dari negara ini karena memiliki lokasi geografis yang berada di sebelah timur Sungai Uruguay. Sejarah lain menjelaskan jika suku kata Uruguay berasal dari Bahasa Guarani dari Paraguay yang mengandung arti sungai yang dihuni oleh burung Yag yang ada dalam sebuah lukisan.

 

Karakteristik Dari Negara Uruguay

 

Negara Uruguay memiliki ibu kota yang terletak di area Montevideo mempunyai luas wilayah mencapai angka 176.214 Km persegi untuk wilayah daratan dan angka sekitar 142.199 Km persegi untuk kawasan perairan beserta dengan banyaknya pulau-pulau kecil yang mengelilingi sungai-sungai kecil di sekitarnya. Sebagian besar bentang alam yang tersimpan dalam negara ini merupakan dataran bertingkat-tingkat dan daerah pegunungan rendah (cuchillas) dengan dataran rendah di bagian pesisir yang kondisinya amat subur. Karena lokasinya yang berbatasan secara langsung dengan Samudera Atlantik maka tidak mengherankan jika Uruguay mempunyai garis pantai sepanjang 660 Km.

 

Negara Uruguay berbatasan dengan beberapa negara di kawasan Amerika Selatan, antara lain sebagai berikut :

 

  • Bagian sisi utara berbatasan dengan Negara Brazil.
  • Bagian sisi timur laut berbatasan dengan Negara Brazil.
  • Bagian sisi tenggara berbatasan dengan Samudera Atlantik.
  • Bagian sisi selatan berbatasan dengan daerah Rio de la Plata.
  • Bagian sisi barat daya berbatasan dengan Negara Argentina.
  • Bagian sisi barat berbatasan dengan Negara Argentina.

 

Negara Uruguay adalah termasuk salah satu negara yang mempunyai jaringan fluvial terpadat ditemukan di seluruh wilayah negara terdiri atas empat lembah, sungai dan delta antara lain sebagai berikut : Laguna Merin, Rio de la Plata, Sungai Uruguay dan Sungai Hitam / Rio Negro. Meskipun hampir sebagian besar tempat di sini merupakan jaringan fluvial, namun negara ini dikenal mempunyai titik-titik tertinggi yang berada di area Cerro Catedral dengan puncaknya mencapai angka sekitar 514 meter di atas permukaan laut terutam di sekitar Pegunungan Sierra Carape. Uruguay termasuk sebagai negara yang mempunyai iklim sedang sehingga tidak mengherankan jika negara ini memiliki udara cukup sejuk (cenderung beragam). Dimana berdasarkan klasifikasi Iklim Koppen, Negara Uruguay termasuk sebagai salah satu negara dengan iklim subtropics lembab namun beberapa tempat dekat Samudera Atlantik dan puncak bukit Cuchilla Grande memiliki iklim samudera. Memang terdapat variasi iklim di beberapa kawasan, namun perubahan suhu yang ekstrim jarang terjadi.

 

Kondisi Perekonomian Dan Sumber Kekayaan Alam Negara Uruguay

 

Kondisi perekonomian Negara Uruguay termasuk ke dalam kelompok terbaik dimana diketahui bahwa tingkat penghasilan di dalamnya rata-rata cukup tinggi dan mencapai tingkat pertama di Amerika Selatan. Besarnya GDP tercatat pada tahun 2020 lalu mencapai angka US$ 86,562 miliyar. Tingkat korupsi di sini termasuk terendah di dunia. Perekonomian negara sebagian besar berasal dari berbagai sektor yaitu salah satunya adalah sektor pertanian. Di tahun 2010 sektor pertanian telah berhasil menyumbang pendapatan negara hingga 9,3% dari PDB dan telah mempekerjakan sekitar 13% tenaga kerja. Menurut FAOSTAT, hasil pertanian utama Uruguay berupa kacang kedelai (yaitu terbesar ke-9 di dunia), wol, daging, lilin lebah dan pear/quince. Daging sapi di sini telah menjadi komoditas ekspor utama bagi Uruguay setiap tahunnya. Juga sektor pariwisata menjadi salah satu sektor terpenting bagi Uruguay dimana diperkirakan pada tahun 2012 lalu sektor ini berhasil melibatkan sekitar 97.000 pekerjaan baik secara langsung maupun tidak langsung. Di samping itu banyak ditemukan tempat-tempat bekas kolonial menjadikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sini di sepanjang tahun. Adalah daerah Punta del Este merupakan sebuah semenanjung kecil berada di lepas pantai bagian tenggara Uruguay, menjadi salah satu tempat favorit tujuan wisata utama di negara ini. Tempat ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Mansa (daerah sungai) yang cocok untuk kegiatan snorkeling, berjemur dan lain sebagainya sedangkan sisi Brava (daerah berbatu) digunakan untuk aktivitas petualang seperti selancar.

 

Penduduk Yang Menempati Negara Uruguay

 

Mayoritas penduduk Uruguay adalah berasal dari keturunan yaitu di Benua Eropa dengan tingkat jumlah populasi mencapai angka lebih dari 87%. Mereka adalah keturunan para imigran (dari Italia dan Spanyol) yang datang ke Amerika Selatan sekitar abad ke-19 dan awal abad ke-20. Seiring dengan berjalannya waktu, negara lain seperti Perancis, Jerman dan Inggris mulai berdatangan. Terdapat juga beberapa kelompok yang berasal dari etnis lain naumn jumlahnya sangat kecil. Mereka adalah penduduk dari Etnis Afrika, Indian, Asia dan kelompok etnik kecil lainnya dari Asia. Jika diperhatikan, komposisi etnik di Uruguay ini tidak jauh berbeda dengan Brazil Selatan dan Argentina. Juga, Uruguay dikenal sebagai salah satu negara yang berpenduduk tidak mempunyai salah satu agama resmi sehingga hubungan antara kelompok gereja dengan urusan kenegaraan dipisahkan namun kebebasan beragama tetap terjamin. Akan tetapi berdasarkan survey, Agama Katolik menjadi salah satu agama yang paling banyak dipeluk oleh penduduk Uruguay. Sisanya adalah beragama non Katolik, Animis atau Umbandist (Agama Afro-Brazil), Yahudi, aliran kepercayaan dan Ateis.

 

Bahasa resmi yang banyak dituturkan setiap hari oleh penduduk Uruguay adalah Bahasa Spanyol Uruguay sama halnya dengan Argentina. Sedangkan Bahasa Inggris digunakan secara umum untuk keperluan bisnis dan studi. Terdapat pula Bahasa Portugis Uruguay yang digunakan sebagai bahasa asli bagi sekitar 15% dari penduduk Uruguay khususnya wilayah utara yang berdekatan dengan Brazil. Tidak ada bahasa asli yang dimiliki oleh penduduk Uruguay.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel