Catat, Ini Khasiat Kesehatan Minum Air Kelapa untuk Berbagai Penyakit

24 Aug 2022 15:15 904 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Catat, Ini Khasiat Kesehatan Minum Air Kelapa Setiap Hari Untuk Tubuh Anda

Seperti diketahui bahwa menetap di negara tropis mempunyai banyak keuntungan karena pada umumnya negara-negara tropis menyimpan kekayaan alam yang berlimpah. Ada banyak tumbuh buah-buahan bernutrisi yang bisa anda konsumsi setiap hari seperti pisang, pepaya, nanas hingga kelapa. Untuk tanaman kelapa, anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari air kelapa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh jika diminum secara rutin tanpa tambahan bahan pemanis lainnya. Air kelapa mengandung elektrolit yaitu dalam bentuk cairan yang berguna untuk menyumbangkan nutrisi yang besar bagi tubuh anda. Tak mengherankan jika air kelapa disebut-sebut sebagai isotonik alami. Hidrasi tubuh yang baik akan mendatangkan banyak manfaat untuk tubuh sehat. Berikut kami berikan beberapa manfaat air kelapa untuk tubuh sehat anda.

 

1/ Air kelapa mencegah beragam jenis penyakit kanker

 

Manfaat air kelapa yang pertama adalah sebagai media untuk mencegah tubuh terserang penyakit kanker. Dilansir dari buku ‘Plant Hormone Protocols’ karya Gregory Tucker dan Jeremy Roberts dari University of Nottingham, beberapa jenis penyakit kanker bisa dicegah tingkat penyebarannya dengan minum air kelapa segar seperti kanker paru-paru, kanker tenggorokan hingga kanker mulut.

 

2/ Air kelapa bermanfaat untuk mengontrol gula darah

 

Kandungan arginine di dalam air kelapa merupakan salah satu jenis asam amino dalam air kelapa yang dapat meningkatkan fungsi kerja pankreas menjadi optimal. Dengan begitu pankreas akan lebih lancar dalam memproduksi hormon insulin dengan kadar normal yang bisa menstabilkan gula darah. Dalam hal ini air kelapa juga kaya akan kandungan serat dan rendah kalori. Inilah yang menjadi faktor utama menjadikannya sebagai pilihan yang sehat untuk diet. Namun pastikan anda minum air kelapa segar tanpa tambahan apapun guna menjaga kadar kalori di dalamnya.

 

3/ Air kelapa berguna untuk menstabilkan tekanan darah

 

Manfaat air kelapa yang ketiga untuk kesehatan tubuh adalah kandungan potasium di dalamnya bagus sebagai salah satu jenis elektrolit yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Potasium juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi jantung dan otot. Sedangkan kandungan kalium dalam air kelapa dapat membantu membuat pembuluh darah menjadi lebih elastic sehingga melancarkan peredaran darah. Untuk penyakit darah tinggi yang akut, pengobatan tidak cukup hanya dengan meminum air kelapa murni saja, sebaiknya tetap konsultasikan kondisi ini secara langsung ke dokter.

 

 

 

4/ Air kelapa bermanfaat untuk mencegah kerutan pada kulit (wajah dan leher)

 

Menurut catatan dari ‘Journal of Current Trends in Clinical Medicine & Laboratory Biochemistry’ yang dikeluarkan tahun 2014 di India menjelaskan bahwa air kelapa banyak mengandung zat cytokinin yang berfungsi sebagai anti aging. Ini erat hubungannya dengan usaha pencegahan terjadinya penuaan sel-sel positif pada kulit yaitu salah satunya adalah yang ada kaitannya dengan kemunculan kerutan pada kulit wajah dan leher. Di samping itu kandungan vitamin C pada air kelapa membuat kulit menjadi lebih elastic dan beregenerasi dengan optimal. Ragam mikro nutrisi dalam air kelapa seperti ion dan vitamin berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh. Inilah yang akan menjauhkan kulit dari kondisi rusak parah sebagai akibat radikal bebas.

 

Meskipun air kelapa banyak mengandung khasiat yang bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, anda harus tetap memperhatikan jumlah konsumsi air kelapa haruslah dikonsumsi secara tepat (jangan berlebihan) karena kandungan kalium dalam air kelapa bisa menyebabkan kelainan jantung jika terlalu berlebihan dimasukkan ke dalam tubuh melalui konsumsi air kelapa ini. Kebutuhan kalium untuk orang dewasa adalah rata-rata 4700 mg per hari sedangkan dalam sebutir buah kelapa terdapat kurang lebih 250 mg kalium.

 

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel