Variasi Resep Puree dari Buah Segar untuk Santapan Si Kecil

16 Aug 2022 14:05 487 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Variasi Resep Puree Dari Buah Segar Untuk Santapan Si Kecil

Yang dimaksud dengan puree adalah salah satu jenis makanan yang dilembutkan membentuk pasta basah dan ini bisa menjadi salah satu pilihan ibu saat sang buah hati akan memulai MPASI atau makanan pengganti ASI. Makanan yang akan diberikan kepada bayi ini bisa dibuat dengan cara dilembutkan menggunakan grinder, blender atau ditekan-tekan dengan menggunakan sendok makan. Pilihan menu untuk puree yang umum digemari oleh sang buah hati adalah puree buah segar. Yang dimaksud dengan puree buah segar adalah salah satu jenis makanan bayi yang dibuat dari bahan utama yaitu buah-buahan segar seperti buah naga, alpukat, mangga, apel atau stroberi dan tomat. Kelebihan puree buah segar adalah mudah untuk disajikan serta mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan sang buah hati. Jika anda masih bingung dengan berbagai olahan puree buah yang akan diberikan untuk si kecil, maka tersebut di bawah ini kami rekomendasikan 3 pilihan resep puree buah yang dapat anda coba. Silahkan menyimaknya satu per satu.

 

Resep Puree Buah Naga Ungu (Untuk Bayi 6 Bulan)

 

Seperti diketahui bahwa salah satu jenis buah yang bagus dipilihkan untuk MPASI 6 bulan adalah buah naga ungu. Alasannya adalah kandungan gizi yang ada di dalam daging buah ini sangat bagus untuk pertumbuhan si kecil dan membantu memperlancar buang air besar bagi si kecil. Berikut ini adalah salah satu resep yang bisa anda coba buat di rumah untuk bayi 6 bulan anda.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :

 

  • 2 keping biskuit Milna Plain
  • Secukupnya air hangat untuk melarutkan biskuit
  • 1 s/d 2 sdm buah naga ungu

 

Langkah membuatnya adalah sebagai berikut :

 

1/ Cuci bersih buah naga lalu potong sesuai dengan selera. Kemudian ambil dua sendok makan buah naga yang sudah dipotong lalu hancurkan dengan cara diblender dan saring sari buahnya saja. Selanjutnya larutkan biskuit Milna Plain dengan menggunakan air hangat yaitu tambahkan sedikit demi sedikit airnya hingga mendapatkan tekstur bubur yang anda inginkan.

 

2/ Ketika biskuit sudah menjadi bubur selanjutnya tuang di atasnya sari buah naga dan berikan toping berupa potongan buah naga yang sebelumnya sudah dihaluskan disesuaikan dengan selera bayi anda, dimakan dengan cara diaduk hingga merata.

 

Resep Puree Buah Alpukat

 

Seperti diketahui bahwa buah alpukat banyak mengandung sumber lemak jenuh serta vitamin E yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan si buah hati. Seperti jenis buah yang lainnya, alpukat bisa diberikan untuk sang buah hati mulai dari usia 6 bulan. Berikut adalah resep selengkapnya.

 

Bahan utama yang dibutuhkan adalah :

 

  • ½ buah alpukat matang isi sempurna tidak busuk atau kematangan
  • Air matang secukupnya saja

 

Langkah membuat puree buah alpukat :

 

1/ Kupas dan lepaskan daging buah alpukat dari bijinya.

 

2/ Kemudian ambil isi atau dagingnya dan haluskan dengan menggunakan blender atau sendok garpu / sendok makan.

 

3/ Sajikan. Jika bayi anda merasa bosan, sekali waktu bisa memberikan mereka puree buah alpukat dengan tambahan pisang raja ke dalamnya agar mendapatkan kaya rasa atau ditambahkan susu sedikit supaya pastanya lebih encer.

 

Resep Puree Buah Mangga

 

Pada beberapa kelompok bayi buah mangga kadang-kadang bisa menimbulkan risiko alergi. Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk memberikan buah ini kepada mereka maka pastikan si kecil tidak mengalami alergi buah mangga. Resep ini bisa anda berikan untuk si kecil yang memasuki usia 6 bulan. Silahkan menyimak caranya.

 

Bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

 

  • 1 buah mangga matang jenis termanis

 

 

Langkah membuatnya adalah :

 

1/ Pertama-tama cuci buah setelah dikupas kemudian potong-potong menjadi bagian berukuran kecil-kecil dan buang bijinya.

 

2/ Haluskan potongan daging buah mangga dengan menggunakan blender atau garpu.

 

3/ Anda bisa mencampurkannya dengan buah segar lainnya seperti pisang raja, yogurt atau oatmeal jika bayi memperlihatkan gejala bosan. 

 

Selamat mencoba salah satu menu tersebut di atas di rumah untuk buah hati anda.

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 52
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel