Inilah Beberapa Tips untuk Mendapatkan Sajian Steak Matang Sempurna dan Lezat

24 Aug 2022 11:13 1199 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Inilah Beberapa Tips Untuk Mendapatkan Sajian Steak Matang Sempurna Dan Lezat

Saat ini restoran steak sedang menjamur di kota-kota besar di Indonesia, mulai dari restoran steak cepat saji hingga restoran yang mewah di dalam hotel berbintang. Jika anda sedang malas untuk keluar rumah guna berburu kuliner khas orang barat ini, jangan mudah menyerah, anda tetap saja bisa menikmati kelezatan sepiring steak dengan cara membuat sendiri di rumah yang akan menghasilkan kelezatan steak ala restoran di luar rumah. Banyak resep steak daging sapi lezat bisa anda coba buat di rumah yang diperoleh melalui internet. Nah setelah anda mengetahuinya, langsung saja praktikkan resep-resep tersebut di dapur untuk dapat menghidangkan steak lezat buat keluarga tercinta di rumah. Cara membuat steak yang menghasilkan sajian sempurna tidaklah sulit asalkan anda mengetahui trik terpenting untuk mendapatkan sajian steak matang dengan sempurna dan rasanya lezat. Silahkan membaca ulasan yang kami berikan tersebut di bawah ini.

 

1/ Pilihlah daging steak yang tebal

 

Idealnya adalah daging steak mempunyai ketebalan sekitar 3-5 Cm dimana ketebalan ini penting untuk memperoleh karamelisasi yang sempurna pada bagian luar steak dan tingkat kematangan yang tepat di bagian dalamnya.

 

2/ Pilihlah potongan daging sapi yang tepat

 

Sepiring steak yang lezat tidak membutuhkan waktu memasak yang lama, terlebih untuk bagian daging sapi yang mudah empuk seperti tenderloin, sirloin atau ribeye. Ini penting dilakukan untuk memastikan anda akan menyajikan steak yang empuk (tidak keras).

 

3/ Sebelum diolah, diamkan terlebih dahulu dalam suhu ruang

 

Apabila daging steak disimpan dalam freezer sebelumnya, maka pastikan daging telah mencair sempurna sebelum mengolahnya. Bila masih beku atau dalam keadaan dingin langsung diolah maka akan mendapatkan bagian luar steak yang mudah gosong namun mentah di bagian dalamnya.

 

4/ Bumbui steak sebelum diolah

 

Sebelum diolah, taburilah kedua sisi daging steak dengan garam secukupnya saja dan biarkan selama beberapa menit. Trik ini berguna untuk membantu menahan kelembaban daging steak sehingga tidak mudah kering setelah dimasak. Selain itu, anda bisa membumbui daging steak dengan secukupnya lada hitam.

 

 

 

 

 

5/ Masak steak di atas wajan panas

 

Daging steak bisa dimasak dengan menggunakan wajan datar anti lengket. Sebelum anda memulai memasak daging steak, maka pastikan wajan atau pemanggangan yang akan dipakai benar-benar dalam kondisi panas. Ini akan memberikan warna cokelat gelap yang sempurna pada steak yang sedang anda olah.

 

6/ Masak dengan menggunakan sedikit minyak goreng

 

Ini perlu diperhatikan yaitu untuk menambahkan minyak saat sedang memasak daging steak. Pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum daging steak dimasak. Jika ingin menambahkan mentega, masukkan saja pada akhir proses memasak. Ketika steak sudah hampir matang dan akan segera diangkat dari wajan atau pemanggang maka tambahkan / olesi dengan sedikit mentega. Karena mentega mudah gosong, maka memasukkan mentega terlalu awal akan memberikan rasa gosong pada steak yang anda olah. Inilah yang bisa merusak cita rasa steak daging sapi anda. Jadi sejak sebelumnya harus diperhatikan.

 

7/ Masak hingga mendapatkan tingkat kematangan yang pas

 

Berapa lama membutuhkan waktu untuk memasak steak ? Untuk memasak steak setebal 3,5 Cm sampai tingkat kematangan medium-rare, masak selama sekitar 3-3,5 menit pada setiap sisinya. Untuk memasak steak setebal 3,5 Cm hingga tingkat kematangan steak medium, masak selama sekitar 4 menit pada setiap sisinya.

 

8/ Setelah selesai dimasak, diamkan steak terlebih dahulu

 

Nah yang terakhir adalah setelah steak matang, angkat steak dari wajan atau pemanggang dan diamkan selama 5-10 menit sebelum disajikan. Hal ini untuk memastikan bahwa steak benar-benar empuk dan juicy saat dinikmati.

 

Semoga bermanfaat.

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 66
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel