Tempat Penyimpanan yang Populer Digunakan

27 Jul 2022 12:25 1787 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Hard merupakan tempat penyimpanan yang populer digunakan pada komputer karena harganya yang murah dengan kapasitas yang tinggi

Halo semua, apa kabar kalian hari ini? Semoga baik-baik saja. Sebelumnya kita sudah mengenal dengan SSD atau Solid State Drive yang sering dibilang drive pengganti Hard Disk. Nah mungkin ada dari kalian yang masih bertanya “Hard Disk itu apa?”. Pada artikel ini kita akan mengulas tentang tempat penyimpanan yang populer digunakan pada komputer.

PENGERTIAN

Hard Disk atau cakram keras adalah sebuah komponen perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data dan berisi piringan magnetis. Hard Disk pertama kali diciptakan oleh Reynold Johnson, seorang insinyur IBM pada tahun 1956. Hard Disk pertama ini terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, kecepatan rotasi mencapai 1200 RPM dan kapasitas 4.4 MB. Hard Disk saat ini sudah ada yang berukuran 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Kapasitas terbesar Hard Disk saat ini sudah bisa mencapai 20 TB dengan ukuran standar 3.5 Inci atau 8,89 cm.

Karena Hard Disk memiliki piringan yang rapuh dan tidak tahan guncangan, Hard Disk dapat dikategorikan sebagai barang mudah pecah.

SEJARAH

Hard DIsk pertama kali diciptakan pada tahun 1956 sebagai media penyimpanan data untuk perangkat pengolah transaksi IBM dan untuk penggunaan umum pada komputer mainframe ataupun komputer mini. IBM 350 RAMAC adalah Hard Disk pertama yang memiliki ukuran sebesar 2 lemari pendingin dan dapat menyimpan 5 juta 6-bit karakter dalam 50 cakram bertumpuk.

Pada tahun 1961 IBM memperkenalkan Hard Disk model 1311 yang berukuran sebesar mesin cuci dan dapat menyimpan 2 juta karakter pada sebuah paket cakram mudah bongkar.

Beberapa Hard Disk kinerja tinggi seperti IBM 2305 dibuat dengan satu pembaca-tulis di tiap alurnya untuk mengurangi kehilangan waktu pergerakan pembaca.

Pada tahun 1973, IBM memperkenalkan Hard Disk jenis baru dengan kode "Winchester". Perbedaan pokok dari jenis ini, pembaca-tulis tidak sepenuhnya diam di susunan plat ketika Hard Disk mati. Pembaca-tulis diletakan di tempat khusus pada permukaan cakram saat tidak berputar dan kembali ke posisi kerja saat cakram keras dihidupkan lagi. Hal ini lumayan banyak mengurangi biaya produksi motor penggerak lengan (actuator) mekanis pembaca-tulis, tetapi membatasi penggantian cakram seperti pada paket cakram model sebelumnya. Bahkan, model pertama dari cakram berteknologi Winchester ini memiliki fasilitas modul cakram mudah bongkar, termasuk paket cakram dan perakitan pembaca-tulis, meninggalkan motor penggerak pengan dalam cakram saat pemindahan. Di kemudian hari cakram Winchester tidak dipergunakan lagi dan kembali ke sistem plat cakram yang tidak mudah bongkar.

Mengikuti kepadatan media penyimpanan yang meningkat dua kali lipat setiap 2 sampai 4 tahun sejak awal ditemukan, Hard Disk terus berkembang karakteristiknya, dengan sedikit poin penting sebagai berikut:

  • Kapasitas per cakram bertambah dari 3,75 MB menjadi 4 TB atau lebih, meningkat jutaan kali lipat.
  • Ukuran fisik cakram keras berkurang dari 1,9 m3 (setara dengan dua buah lemari pendingin) menjadi kurang dari 20 mm
  • Berat berkurang dari 920 kg menjadi 48 gram.
  • Harga berkurang dari USD 15.000 per MB menjadi kurang dari USD 0.00006 per MB
  • Waktu akses rata-rata berkurang dari 100 millidetik menjadi 40 kali lebih cepat.
  • Aplikasi pasar berkembang dari komputer mainframe pada akhir tahun 1950 ke berbagai aplikasi penyimpanan data termasuk konten hiburan.

PENANGGANAN KESALAHAN HARD DISK

Hard Disk modern dibuat secara luas menggunakan koreksi kesalahan lanjutan (forward error correction), khususnya koreksi kesalahan Reed-Solomon. Teknik ini menyimpan bit tambahan yang ditentukan menggunakan rumus matematika untuk masing-masing blok data. Bit tambahan memungkinkan banyak kesalahan dibetulkan tanpa terlihat.

TEKNOLOGI BARU HARD DISK

Hard Disk memiliki beberapa teknologi baru semenjak kemunculan pertamanya. Beberapa terknologi tersebut antara lain :

  • Perekaman magnetik dibantu panas (HAMR / Heat-assisted magnetic recording).
  • Perekaman bit terpola (BPR / Bit-patterned recording).
  • Arus tegak lurus ke pesawat (CPP / Current perpendicular to plane) atau Magnet berdayatahan besar (GMR / Giant magneto resistance).
  • Pengatapan penulisan (shingled write).
Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel