Sarapan Pagi Dengan Makan Jagung Rebus untuk Kesehatan

11 Aug 2022 12:50 1194 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sarapan Pagi Dengan Makan Jagung Rebus, Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh

Jagung adalah salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan serat, asam folat, vitamin C, karbohidrat, kalium, protein dan zat ryptoxanthin. Jagung yang diolah dengan cara direbus memberikan banyak manfaat untuk menjaga kebugaran tubuh jika dikonsumsi secara rutin setiap hari diwaktu pagi hari sebagai menu utama untuk sarapan pagi. Jagung rebus mengandung nutrisi yang bagus untuk menjaga kekebalan tubuh juga menghindarkan anda dari terserang beberapa jenis penyakit seperti gangguan pencernaan, sumber energi, menjaga kesehatan saraf dan otot, menjaga kekuatan tulang, memperlancar metabolisme, kesehatan jantung, kanker dan yang lainnya. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat jagung rebus lebih rinci jika dikonsumsi pada waktu pagi hari, silahkan menyimaknya.

 

1/ Atasi gangguan pencernaan

 

Manfaat mengkonsumsi jagung rebus diwaktu pagi hari yang pertama adalah untuk mengatasi masalah gangguan pencernaan. Masalah ini merupakan masalah kesehatan yang sangat sering dijumpai pada sekelompok orang dewasa dan anak-anak pun kadang-kadang mengalaminya. Oleh karena itulah anda perlu mengkonsumsi jagung rebus sebagai salah satu menu sarapan pagi karena makanan ini kaya akan kandungan serat. Menurut penelitian kesehatan menjelaskan bahwa sering mengkonsumsi jagung rebus pada waktu pagi hari baik untuk mengatasi masalah kanker kolorektal. Ini disampaikan oleh Dr. Arthur Schatzkin yang merupakan mantan kepala cabang epidemiologi gizi di US. National Cancer Institute / NCI. Beliau menyampaikan pendapat bahwa dengan mengkonsumsi biji-bijian seperti salah satunya adalah biji jagung dapat mengurangi resiko akan masalah kanker kolorektal atau disebut juga kanker usus besar. Kandungan serat jagung rebus dalam jumlah besar inilah yang menyebabkan makanan apa saja yang anda makan bisa bergerak dengan mulus di saluran pencernaan. Maka dari itulah perlu mengkonsumsi jagung rebus di waktu pagi hari untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

 

2/ Sebagai sumber vitamin B dalam jumlah besar

 

Manfaat kedua dari suka makan jagung rebus pada waktu pagi hari adalah sebagai sumber vitamin B dalam jumlah besar, dimana diketahui bahwa jagung merupakan salah satu banhan makanan yang di dalamnya mengandung vitamin B3, B5, B6 dan B9. Semua kandungan vitamin ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh anak-anak, orang dewasa dan ibu-ibu hamil. Kandungan vitamin B3 dalam jagung rebus ternyata mempunyai fungsi untuk menjaga sistem saraf. Juga berfungsi membuat kulit pemakannya menjadi lebih sehat. Vitamin B5 juga bagus untuk membantu pemakannya mendapatkan energi dan juga kandungan B6 ampuh membantu mengatasi morning sickness sekaligus menghasilkan sel-sel darah merah bagi tubuh pemakannya.

 

3/ Sebagai sumber asam folat

 

Manfaat ketiga yang diberikan dari rutin sarapan pagi dengan jagung rebus adalah bagus untuk menjaga kesehatan ibu-ibu hamil dimana jagung rebus ini bermanfaat untuk kebugaran bagi ibu hamil. Jagung rebus bisa menjaga kesehatan janin dan juga kesehatan kandungan para ibu hamil yang mengkonsumsinya. Hal ini bisa terjadi karena kandungan asam folat dalam jagung rebus jumlahnya sangat besar. Kandungan ini dapat membantu menghindari kecacatan saat lahir terutama pada bagian otak dan saraf bayi. Hal inilah yang menyebabkan kenapa jagung rebus disarankan untuk dikonsumsi pada waktu pagi hari oleh ibu-ibu hamil.

 

4/ Menjaga kesehatan jantung

 

Manfaat yang keempat adalah jagung rebus yang dikonsumsi sebagai menu sarapan pagi bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Di dalam jagung rebus banyak mengandung vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid. Kandungan inilah yang bermanfaat untuk menjaga kollesterol dalam darah pemakannya. Juga bisa untuk mengontrol kesehatan jantung dari masalah kardiovaskuler atau umum dikenal dengan nama sakit jantung. Bahkan vitamin C dalam jagung rebus ampuh untuk menurunkan asam amino dalam tubuh pemakannya. Jika kandungan asam amino tinggi di dalam tubuh, ini dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah darah manusia bisa sedini mungkin diatasi. Maka dari itu disarankan untuk konsumsilah jagung rebus di waktu pagi hari untuk menjaga kesehatan jantung.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel