Ikan Nila Kaya Nutrisi yang Bermanfaat untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

11 Aug 2022 14:50 991 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ikan Nila Kaya Akan Nutrisi Yang Bermanfaat Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Ikan nila adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar menyimpan rasa yang gurih pada dagingnya dan dapat diolah menjadi beragam jenis masakan. Saat ini ikan nila sudah menjadi salah satu komoditi utama produksi ikan air tawar yang memiliki banyak sekali peminat terutama dari jenis ikan nila hitam dan ikan nila merah. Ada beberapa tempat di Indonesia yang menjadi sentral budidaya ikan nila di Indonesia terutama dari jenis ikan nila merah paling banyak diburu. Alasannya adalah karena memiliki warna yang menonjol, perawatan yang tergolong mudah dan termasuk ke dalam jenis ikan nila yang memiliki pertumbuhan sangat cepat sehingga dianggap lebih menguntungkan bagi penjual. Juga ikan nila mempunyai manfaat kesehatan bagi tubuh manusia jika dikonsumsi secara rutin setiap hari.

 

Apa Saja Manfaat Ikan Nila ?

 

Sangatlah penting untuk menambahkan ikan sebagai menu sehari-hari, maka dari itu disarankan untuk gemar makan ikan seperti ikan nila ini yang aman-aman saja dikonsumsi setiap hari karena menyumbangkan manfaat kesehatan yang besar untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh seperti tersebut di bawah ini.

 

1/ Sebagai sumber protein

 

Ikan nila adalah salah satu jenis ikan yang merupakan salah satu sumber protein dalam jumlah seimbang. Protein sendiri mempunyai peranan penting dalam membantu meningkatkan massa otot, meningkatkan stamina tubuh dan menjaga kesehatan otot.

 

2/ Mengandung asam DHA

 

Seperti diketahui bahwa asam DHA memegang peranan yang sangat penting dalam mengoptimalkan perkembangan otak pada anak-anak dan juga terhadap janin di dalam kandungan. Asam DHA penting untuk mengoptimalkan fungsi sistem saraf.

 

3/ Direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil

 

Ketika sedang hamil usia tua, ibu-ibu harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan tetapi ikan nila adalah jenis ikan yang kaya akan kandungan nutrisi sehingga disarankan untuk rutin dikonsumsi oleh ibu hamil usia tua. Dimana diketahui bahwa ikan memang penting untuk kesehatan kehamilan namun tetap harus berhati-hati untuk jenis ikan laut karena mengandung merkuri yang justru berbahaya untuk ibu hamil sedangkan ikan nila hasil budidaya aman-aman saja dikonsumsi.

 

 

 

 

4/ Mengurangi risiko kolesterol

 

Manfaat ikan nila yang keempat adalah membantu mengurangi risiko kolesterol tinggi. Asalkan cara pengolahannya yang tepat seperti dibakar tanpa minyak maka tak salah jika mengkonsumsi ikan nila dalam jumlah besar.

 

5/ Bagus untuk menjaga kesehatan jantung

 

Manfaat omega-3 dan DHA di dalam daging ikan nila merah sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung manusia.

 

6/ Tinggi kandungan zat besi

 

Manfaat ikan nila yang keenam adalah menyediakan asupan zat besi dalam jumlah besar bagi kesehatan dan ini sudah terbukti dalam beberapa penelitian. Kandungan zat besi pada ikan nila membantu mengatasi kekurangan sel darah merah dan menurunkan risiko anemia.

 

7/ Memperbaiki sistem pencernaan

 

Sistem pencernaan sangat penting bagi kebugaran dan kesehatan tubuh dimana ikan nila menganudng nutrisi yang berfungsi untuk membantu mengoptimalkan fungsi sistem pencernaan agar berjalan sehat.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel