Ceker Ayam Memiliki Beberapa Khasiat untuk Menjaga Kesehatan Ibu Menyusui

8 Aug 2022 10:50 1524 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Ceker Ayam Memiliki Beberapa Khasiat Untuk Menjaga Kesehatan Ibu Menyusui

Ceker ayam atau kaki ayam selama ini hanyalah dianggap sebagai lauk biasa saja oleh beberapa orang namun ternyata ceker ayam mempunyai banyak sekali manfaat. Mulai dari bagus untuk menjaga kesehatan bayi hingga kesehatan manula dan orang dewasa. Juga, ceker ayam yang rasanya gurih dan garing ini digemari oleh anak-anak meskipun pada saat belum diolah dianggap sebagai salah satu bahan makanan yang menjijikkan. Nemun ternyata di dalamnya mengandung beberapa zat gizi yang bagus untuk kesehatan. Berikut adalah 4 kandungan zat gizi yang terdapat dalam ceker ayam yaitu sebagai berikut :

 

  • Mineral. Jumlah mineral yang terkandung dalam ceker ayam adalah berupa magnesium, kalsium, fosfor serta kalium. Mineral-mineral ini sangatlah penting untuk mendukung sirkulasi darah agar tetap sehat sekaligus memberikan kesehatan terutama terhadap kepadatan tulang, jantung sehat, saraf sehat dan pencernaan sehat.
  • Asam hialuronat. Ceker ayam yang mengandung asam hialuronat berfungsi untuk mendukung kesehatan jaringan seperti untuk peremajaan sel-sel di dalam tubuh dan menjaga kekuatan sel-sel kulit.
  • Glukosamin. Kandungan ini yang terdapat dalam ceker ayam ampuh untuk mendukung kekuatan sendi. Dengan demikian orang-orang yang mengkonsumsi ceker ayam dapat terhindar dari penyakit radang sendi atau nyeri sendi.
  • Kolagen. Tulang yang terdapat dalam ceker ayam mengandung kadar kolagen yang terbilang cukup tinggi. Kolagen ampuh untuk membantu menjaga kesehatan kulit, memperkuat struktur tulang, memperkuat struktur pembuluh darah dan juga melindungi lapisan saluran cerna.

 

Manfaat Ceker Ayam Untuk Ibu-Ibu Menyusui

 

Di samping bagus untuk bayi ternyata ceker ayam bagus diberikan sebagai lauk teman makan nasi atau kudapan untuk ibu-ibu menyusui. Berikut adalah beberapa manfaat ceker ayam untuk ibu menyusui. Silahkan menyimaknya.

 

1/ Melancarkan pencernaan

 

Manfaat pertama mengkonsumsi ceker ayam untuk ibu menyusui adalah memperlancar pencernaan. Ceker ayam mengandung kolagen, glukosamin dan kondrooitin yang merupakan nutrisi terdapat dalam ceker ayam yang ampuh membantu melancarkan pencernaan terutama pada bagian usus. Untuk menikmatinya, anda tidak perlu menggigit ceker ayam tersebut, anda bisa mengumpulkan manfaat dengan mengolah ceker ayam menjadi kaldu untuk mengolah sup dan lauk lainnya yang menggunakan kuah kaldu.

 

2/ Menjaga elastisitas kulit dan kuku

 

Manfaat ceker ayam untuk ibu menyusui yang kedua adalah menjaga elastisitas kulit dan kuku. Ini dikarenakan adanya kandungan kolagen yang terdapat dalam ceker ayam yang jumlahnya cukup melimpah. Dimana diketahui bahwa kandungan kolagen ini hampir setara dengan kandungan yang terdapat dalam sayuran hijau. Kolagen bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Juga bagus sebagai media untuk mengganti sel-sel kulit mati sehingga kulit anda akan tetap elastis. Tidak hanya itu saja, kolagen bagus untuk menjaga kesehatan kuku.

 

3/ Untuk menurunkan tekanan darah

 

Manfaat yang ketiga adalah menjaga tekanan darah agar tetap normal yang wajib untuk ibu-ibu hamil dan ibu-ibu menyusui. Dengan mengkonsumsi ceker ayam ini secara rutin dengan beragam cara pengolahan maka membantu mengontrol tekanan darah agar tetap normal. Ceker ayam bisa menjadi alternatif sebagai bahan makanan untuk ibu-ibu menyusui yang menderita hipertensi. Ceker ayam mengandung kolagen dan juga protein dalam jumlah besar guna menurunkan rennin plasma yang bisa mengontrol tekanan darah dengan baik. Di samping itu ceker ayam juga kaya akan kalium yang cocok untuk penderita hipertensi.

 

4/ Untuk membantu memperkuat imunitas

 

Seperti yang telah diketahui bahwa ceker ayam banyak mengandung nilai gizi yang sangat lengkap terutama mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh ibu-ibu menyusui guna membangun kekebalan tubuh atau imunitas. Dengan demikian, ibu-ibu menyusui yang rutin mengkonsumsi ceker ayam ini menjadi tidak mudah sakit.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel