Mesin Cetak yang Dikenal Orang

25 Jul 2022 11:10 1448 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Printer atau mesin cetak sudah menjadi salah satu alat teknologi yang sudah tidak dapat terlepas dari kehidupan kita seiring berjalannya jaman dan berkembangnya teknologi

Halo semua, semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja. Siapa sih yang gak  tahu tentang printer atau mesin cetak? Mesin cetak atau printer adalah alat yang dapat menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks atau tulisan maupun gambar diatas sebuah media yang dapat berupa kertas. Kali ini kita akan membahas mesin cetak atau printer yang sering dijumpai di tempat fotokopi, kantor, sekolah, bahkan di rumah dan printer yang jarang diketahui. Printer komputer biasanya terdiri atas beberapa bagian, bagian yang mencolok atau sering terlihat adalah tray atau tempat menyimpan kertas, picker atau  tempat untuk mengambil kertas yang sudah dicetak, tinta untuk mencetak dokumen, dan scanner yang digunakan untuk memindai data dari sebuah kertas.

SEJARAH

Printer elektronik atau komputer dibuat pertama kali oleh Epson pada tahun 1968. Tipe printer pertama ini diberi nama EP-101. Awalnya printer yang dijual bebas masih menggunakan mesin ketik elektrik. Kemudian karena banyak orang yang membutuhkan mesin printer yang memiliki kemampuan print yang lebih cepat, printer Epson dikembangkan spesifik untuk komputer.

Pada tahun 1984, HP berhasil mengembangkan printer laser yang diberi nama HP Laserjet. Printer laser ini sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Selain karena harga printer ini yang lebih murah, printer ini memiliki sistem yang dapat mempermudah seseorang untuk mencetak dokumen.

FUNGSI

Beberapa fungsi dari printer antara lain :

  • MENCETAK DOKUMEN

Fungsi utama sejak printer dibuat adalah untuk mencetak sebuah dokumen. Pada awalnya printer hanya dapat mencetak dokumen pada kertas yang tipis.

Seiring berjalannya jaman dan berkembangnya teknologi, printer kini bisa mencetak pada kertas yang tebal dengan tekstur kertas yang beragam. Kemudian printer kini sudah bisa mencetak dokumen berwarna sesuai kebutuhan penggunanya.

  • MENCETAK FOTO

Selain untuk mencetak dokumen yang berupa teks atau tulisan, printer kini dapat mencetak foto atau gambar.

  • MEMINDAI DAN MENYALIN DOKUMEN

Printer kini dapat memindai atau scan dan menyalin atau copy sebuah dokumen. Printer ini umum digunakan untuk perkantoran atau rumah.

  • FAKSIMILE

Printer kini dapat mengirim berkas atau dokumen yang tidak ada bentuk digitalnya. Fungsi ini disebut dengan faksimile, faksimile biasanya digunakan di perkantoran.

Meskipun mesin faksimile sudah tidak digunakan lagi seiring berjalannya jaman dan perkembangan teknologi, terkadang fungsi faksimile ini masih dibutuhkan.

JENIS-JENIS

Mesin cetak atau printer memiliki berbagai macam jenis dan varian dengan ciri khas dan fungsinya tersendiri. Jenis-jenis printer antara lain :

  • DOT MATRIX PRINTER

Dot matrix printer merupakan jenis printer komputer dengan kepala cetak yang berjalan naik turun pada halaman cetak. Proses mencetak dokumen dengan printer ini menggunakan sekelompok jarum (pin) ke pita tinta.

Letak antar-pin ini sangat berdekatan, sehingga membuat tampilan suatu cetakan tak terputus. Umumnya, jumlah pin yang ada di printer ini sebanyak 9 hingga 24 pin. Semakin banyak jumlah pin, hasil cetakan akan lebih halus.

  • DAISY WHEEL PRINTER

Daisy wheel printer adalah piringan yang terbuat dari plastik atau logam yang setiap ujungnya memiliki karakter untuk mencetak dokumen. Printer akan memutar piringan sampai huruf yang diinginkan berhadapan tepat dengan kertas.

Tipe dari daisy wheel printer ini menghasilkan huruf yang kualitasnya cukup baik. Cara kerja printer ini sama seperti mesin tik, relatif sangat lambat, dan tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik.

  • INKJET PRINTER

Printer inkjet adalah sebuah printer yang mencetak dengan cara menyemprotkan titik-titik tinta ke kertas cetakan. Printer ini dapat digunakan untuk menghasilkan cetakan berwarna maupun hitam putih.

Pada umumnya, printer jenis ini dapat digunakan untuk mencetak pada kertas biasa, plastik, dan kertas lainnya sesuai dengan kebutuhan.

  • THERMAL PRINTER

Jenis printer ini merupakan jenis printer pilihan terbaik, karena dapat menghasilkan cetakan dengan kualitas tinggi. Printer ini membutuhkan kertas khusus yang peka terhadap panas sebagai media cetak

  • LASER PRINTER

Printer jenis ini memiliki harga yang relatif lebih mahal, tetapi dapat menghasil cetakan terbagus. Printer ini dapat mencetak sekitar 200 halaman setiap menit. Selain itu, printer ini bisa menghasilkan kualitas karakter cetakan yang baik dan rapi.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel