Papan Tulis Interaktif

21 Jul 2022 14:15 907 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Papan tulis interaktif adalah penerus dari papan tulis konvensional yang menggunakan spidol sebagai alat tulisnya.

Kalian pasti sudah kenal dengan papan tulis. Papan yang sering digunakan untuk menulis menggunakan spidol atau kapur yang selalu ada di sekolah maupun di kantor. Papan tulis tersebut bisa dibilang cukup tua di era modern ini karena sekarang sudah ada papan tulis interaktif. Papa tulis interaktif adalah papan tulis digital yang memiliki layar sensitif bila disentuh dan bekerja mirip dengan sebuah komputer, karena papan tulis ini bisa menyimpan informasi yang pernah ditulis diatasnya.

Papan tulis ini banyak digunakan sebagai media presentasi. Papan tulis interaktif dapat melakukan “Presentasi Konferensi”, yaitu presentasi yang berlangsung pada 2 tempat atau lebih sekaligus. Dalam “Presentasi Konferensi” pengoreksian dapat langsung dilakukan pada papan tulis interaktif.

CARA KERJA

Papan tulis interaktif adalah papan tulis besar yang menggunakan teknologi sentuh untuk mendeteksi input dari pengguna yang setara dengan perangkat input pada PC biasa, seperti mouse dan keyboard.

Papan tulis interaktif bekerja layaknya sebuah komputer. Papan tulis akan dihubungkan ke sebuah layar/LCD yang lebih besar. Cara mengoperasikannya yaitu dengan menggunakan pena tanpa tinta. Pena ini bekerja layaknya sebuah mouse pada komputer dan layar yang bekerja layaknya sebuah monitor. Pena tanpa tinta ini bekerja dengan menggunakan digitizer aktif yang mengontrol PC/laptop guna masukan informasi untuk kemampuan menulis seperti menggambar atau tulisan tangan. Sebuah proyektor digunakan untuk menampilkan output video komputer pada papan tulis yang kemudian bekerja sebagai layar sentuh besar. Papan tulis interaktif biasanya disediakan alat tulis digital untuk menggantikan alat tulis papan tradisional seperti spidol.

TEKNOLOGI RESITITIF

Papan tulis interaktif adalah suatu teknologi yang resititif. Papan tulis interaktif terdiri dari halaman depan dari plastik yang fleksibel dan sebuah papan keras. Punggung dari halaman fleksibel ini dan bagian depan dari papan tulis masing-masing terdiri dari film  yang resititif. Bagian resititif ini dipisahkan oleh ruang udara selebar kurang lebih 1 inci atau 2,54 cm. Tekanan yang ada di halaman depan ketika menuliskan sesuatu akan mengurangi jarak pisah, sehingga sinyal berupa kode akan diterima dari pusat data dan kemudian dikirim ke komputer tempat presentasi (misal) dilakukan. Proses ini dapat dilakukan menggunakan jari, pena tanpa tinta, atau alat lainnya yang mendukung.

FITUR-FITUR

Beberapa fitur papan tulis interaktif antara lain :

  • Perangkat lunak yang memiliki kemampuan perekaman selama proses presentasi berlangsung. Perekaman yang dilakukan antara lain suara pelaku presentasi (presenter), juga materi-materi presentasi, baik yang sudah ada, atau yang telah mengalami proses pengeditan.
  • Kemampuan melakukan Konferensi Presentasi
  • Zoom interaktif
  • Karena teknologi yang terdapat di dalamnya, ia mampu mengubah tulisan tangan menjadi tulisan teks pada layar komputer (LCD). Ketika ingin mengubah, mengedit presentasi, data, dan lain-lain, dapat dilakukan langsung pada layar LCD papan tulis interaktif, tanpa harus menggunakan PC.
  • Selain menjadi teks, papan tulis juga dapat mengubah tulisan tangan ke bentuk gambar. Misalnya, berupa tanda tangan. Bisa langsung pada layar LCD papan tulis interaktif tanpa harus mencetak terlebih dahulu dokumen presentasi tersebut.
  • Teknologi Sistem Pemotongan. Sistem ini mampu memotong suatu tulisan yang ada dalam layar LCD papan tulis interaktif.

PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak dari sistem operasi yang digunakan antara lain adalah Windows XP, Mac, Linux, Solaris, dan SGI (IRIX).

APLIKASI YANG DAPAT BEKERJA

Papan tulis ini dapat bekerja dengan perangkat lunak yang tersedia pada komputer yang telah dihubungkan dengan papan tulis. Aplikasi yang bisa digunakan antara lain adalah PowerPoint, Word, Excel, dan AutoCAD.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel