Macam-Macam Monitor

7 Jul 2022 08:30 802 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Monitor adalah salah satu komponen penting dalam sebuah komputer, tetapi tahukah kalian tentang macam-macam monitor?

Siapa sih yang gak tahu monitor? Monitor adalah komponen yang penting dari sebuah komputer. Tanpa monitor, pengguna tidak bisa menggunakan sebuah komputer. Meskipun hanya sebuah layar, ternyata monitor memiliki banyak varian dan jenis. Sebelum itu mari kita kenali sejarah dari monitor.

SEJARAH SINGKAT

Awal sejarah monitor dimulai dengan adanya VDT (Video Display Terminal) yang berupa layar yang tergabung dengan keyboard dan dihubungkan ke komputer.

Tahap perkembangan monitor terjadi di tahun 1855 dengan ditandai penemuan tabung sinar katoda oleh Heinrich Gessler, seorang ilmuwan berkebangsaan Jerman. Dia menemukan monitor yang menggunakan sinar katoda atau Cathode Ray Tube (CRT) alias teknologi layar tabung. Monitor ini berbentuk kotak, mirip TV (Televisi), berat, ukurannya besar membuat monitor ini tidak efesien terhadap penempanan dan ruangan yang sempit. Pada generasi pertama, monitor hanya dapat menampilkan 40 karakter secara horizontal pada layar.

JENIS-JENIS MONITOR

  • CRT

Monitor CRT terkenal dan populer di era tahun 2000-an. Monitor ini disebut juga monitor tabung karena bentuknya yang besar, dan ada juga yang menyebutnya monitor cembung karena layarnya yang cembungdan tidak datar.

Monitor ini tergolong cukup tua dan hanya bisa dijumpai di komputer-komputer lama. Monitor ini sudah tidak digunakan lagi karena teknologinya yang usang dan kualitas gambar yang cukup buruk untuk standar modern.

  • LCD

Monitor LCD muncul setelah monitor CRT. Monitor ini merupakan monitor yang memanfaatkan cairan kristal yang bisa memberikan hasil warna yang jauh lebih baik daripada monitor CRT. Varian cahaya yang dihasilkan pun lebih banyak dan terdiri dari satuan piksel.

Monitor LCD memiliki kelebihan dengan kualitas gambar dan warna yang lebih tajam dari CRT dan lebih nyaman digunakan.

  • LED

Monitor LED sering disebut sebagai penyempurna monitor LCD. Hal ini dikarenakan monitor LED dapat menghasilkan lebih banyak warna dan ketajaman gambar yang meningkat dibanding LCD.

Monitor LED memiliki teknologi touch screen, kerapatan piksel yang lebih tajam, usia pemakaian yang lebih lama dan panjang, ukurannya yang lebih tipis dan memiliki pencahayaan yang baik.

  • Plasma

Monitor plasma adalah monitor yang berusaha menggabungkan kualitas gambar dari monitor LCD dengan sudut penglihatan CRT yang luas. Monitor ini terbilang cukup ramping dan dapat dilihat dari banyak sudut pandang.

Kekurangan monitor ini adalah harganya yang relatif lebih mahal, tingkat kontras yang tinggi yaitu 10000:1, konsumsi daya yang besar, piksel ditch yang cukup besar dan suhu yang tinggi ketika digunakan.

  • OLED

Monitor OLED atau monitor Organic Light-Emitting Diode adalah jenis monitor yang memanfaatkan semikonduktor pemancar cahaya yang dibuat dari lapisan organik. Monitor ini memiliki bentuk yang tipis, bahkan ada yang sampai kurang dari 1mm.

Monitor OLED memiliki kualitas gambar yang tinggi dan tajam. Namun harganya yang relatif mahal, monitor ini kebanyakan digunakan di telepon pintar.

Nah setelah kalian mengetahui macam-macam jenis monitor, kalian mungkin pernah melihat monitor layar lengkung dan bertanya “apa sih bedanya monitor layar lengkung dengan layar datar?”. Nah kita akan ulas apa perbedaan kedua monitor tersebut.

 

LAYAR LENGKUNG/CURVED MONITOR

  • Ergonomis dan Nyaman

Layar lengkung dikenal dengan kenyamanan saat melihat tampilan. Hal ini dikarenakan sudut pandang yang lebih besar dan luas dibanding dengan layar datar.

  • Resolusi dan Ukuran Layar

Resolusi dan ukuran layar pada monitor lengkung jauh lebih besar dibandingkan dengan layar monitor datar. Hal ini juga yang membuat monitor lengkung jauh lebih nyaman dipakai.

  • Harga yang Lebih Mahal

Harga dari monitor lengkung jauh lebih mahal daripada monitor datar. Hal ini dikarenakan sulitnya untuk membuat dan sedikitnya manufaktur yang dapat membuat monitor lengkung.

  • Biaya Perawatan yang Tinggi

Sama seperti harganya, biaya perawatan monitor lengkung jauh lebih tinggi dari monitor datar. Hal ini dikarenakan sulitnya untuk mengganti part.

 

LAYAR DATAR/FLAT SCREEN

  • Lebih Ringan

Berat layar datar jauh lebih ringan dibandingkan dengan layar lengkung. Hal ini dikarenakan komponen pada layar lengkung yang jauh lebih banyak daripada layar datar.

  • Lebih Murah

Monitor layar datar jauh lebih murah daripada layar lengkung. Hal ini dikarenakan komponen yang dimiliki layar datar jauh lebih sedikit dibandingkan layar lengkung.

  • Kualitas Gambar yang Kurang

Monitor layar datar memiliki kualitas gambar yang kurang maksimal karena resolusi dan ukuran layar yang terbatas.

Tags

About The Author

Rakhsha 28
Novice

Rakhsha

seorang manusia berkacamata
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel