4 Manfaat yang Bisa Diperoleh dengan Menjaga Kebrsihan Area Kerja

4 Jul 2022 20:30 816 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

4 Manfaat Yang Bisa Diperoleh Dengan Menjaga Kebrsihan Area Kerja

Yang dimaksudkan dengan ruang kerja adalah tempat dimana para karyawan/wati menghabiskan banyak waktu dan menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari mereka melakukan tugas-tugasnya. Ruang kerja haruslah menghadirkan rasa nyaman dan sehat. Sehingga karyawan/wati bisa bekerja dengan nyaman dan terhindar dari serangan berbagai jenis penyakit. Ada begitu banyak manfaat menjaga kebersihan lingkungan kerja dengan baik dan rutin. Berikut di bawah ini beberapa manfaat yang akan didapat jika selalu menjaga kebersihan lingkungan kerja setiap hari. Simak penjelasannya.

1/ Penyakit sulit menyerang

Manfaat yang utama adalah penyakit sulit datang. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi kenyamanan saat anda bekerja di kantor. Antara lain jumlah debu di tempat kerja seperti meja, kursi, komputer dan laci-laci. Kemudian buruknya sanitasi dan pengapnya ruangan bisa menjadi salah satu gangguan saat anda mulai bekerja. Ini bisa membuat karyawan/wati tidak nyaman di dalamnya. Kotornya ruang kerja atau lingkungan kerja pada umumnya bisa menjadi sumber timbulnya penyakit. Ruangan-ruangan yang tidak bersih bisa menjadi pemicu munculnya flu, masalah-masalah pernafasan hingga diare. Meja kerja bisa menjadi sarang berjuta-juta bakteri jahat. Bisa jadi terdapat 400 kali lebih banyak bakteri jahat di meja kerja dibandingkan pada tempat duduk di toilet WC kantor.

2/ Meningkatkan Mood Karyawan Kantor

Yang kedua adalah kebersihan area kerja wajib terjaga karena bisa menjaga dan meningkatkan mood karyawan/wati. Bila karyawan/wati yang bekerja dalam kondisi kantor yang kotor, kumuh, berantakan maka bukan tidak mungkin lingkungan bersangkutan menjadi kurang sehat. Ini tentu saja bisa menurunkan motivasi karyawan/wati untuk bekerja dengan optimal dan menurunkan semangat mereka untuk menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Seperti kondisi meja kotor, bisa menjadi pemicu munculnya gangguan psikis seperti sumpek, stres, suntuk hingga cepat merasa lelah dan mengantuk. Maka dari itu sangat penting untuk memastikan menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan kerja dengan profesional.

3/ Menjaga Sistem Kerja Tetap Efektif

Manfaat yang ketiga adalah dengan adanya lingkungan kerja yang bersih dapat menjaga sistem kerja mulai dari produktivitas hingga sosialisasi antar karyawan menjadi kurang efektif setiap harinya. Pada saat suatu kantor atau perusahaan mempunyai lingkungan kerja yang bersih dan sehat, maka bisa menjadi pendukung untuk memberlakukan sistem kerja yang mudah dijalankan sesuai dengan aturan yang telah disepakati. Namun akan menjadi sebaliknya bila kondisi lingkungan kerja kurang terawatt dan kumuh, akan sulit meminta karyawan untuk mengikuti sistem kerja yang sudah ditetapkan. Fasilitas yang mendukung produktivitas karyawan bukan tidak mungkin dapat membantu menjadi tolak ukur kenyamanan para karyawan/wati bekerja di kantor. Contohnya adalah perusahaan Google yang khusus menyediakan banyak fasilitas untuk bekerja termasuk fasilitas untuk merelaksasi diri agar karyawan/wati tidak mudah stres saat bekerja.

4/ Menjaga hubungan kerja antar karyawan menjadi lebih baik

Di dalam lingkungan / area kerja yang kondisinya terjaga kebersihan dan kesehatannya bisa meningkatkan kualitas hubungan antar rekan kerja beserta atasan. Komunikasi dan sosialisasi antar karyawan/wati dapat berjalan lancar antara posisi dan divisi perusahaan bersangkutan. Apabila kondisi lingkungan kerja dalam keadaan kotor dan kumuh maka bisa menjadi pemicu adanya hubungan yang kurang harmonis tidak hanya antar rekan kerja tetapi juga dengan pimpinan menjadi sulit. Bahkan jika sudah berlarut-larut maka menjadi pemicu kemalasan karyawan/wati untuk pergi bekerja karena lingkungan kerja yang tidak sehat akan mengganggu kinerja perkembangan perusahaan menjadi kuarng bagus.

Semoga bermanfaat.

Tags News

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel