Untuk Penggemar Gudeg, Silahkan Mencoba Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Ini

14 Jul 2022 10:40 2234 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Untuk Penggemar Gudeg, Silahkan Mencoba Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Ini

Siapa yang tidak kenal dengan masakan khas Kota Jogja yang sudah melegenda ke seluruh Nusantara yaitu gudeg. Mendengar kata gudek, pikiran akan secara otomatis mengingat masakan yang mirip dengan gudeg ini yaitu sebagai menu pendamping yang diberi nama sambal goreng krecek dengan kacang tolo yang sangat nikmat jika disajikan sebagai lauk pendamping makan nasi putih hangat atau bersama dengan nasi liwet.

Resep sambal goreng krecek dengan kacang tolo ini sangat pas buat penggemar masakan gudeg. Terbuat dari bahan utama yaitu kulit sapi kering yang sangat populer di Jawa Tengah dan Yogyakarta sebagai salah satu masakan yang diolah menjadi kerupuk yang rasanya gurih. Hidangan sambal goreng krecek pada umumnya dipadukan dengan bahan-bahan lainnya misalnya tempe goreng, tumisan kacang merah atau kacang tolo. Permukaan kulit yang agak kasar dengan warna khas kecokelatan yang alami bisa menjadi salah satu pertimbangan anda dalam memilih krecek yang berkualitas.

Beberapa orang memiliki kecendrungan untuk memilih krecek kerbau dibandingkan krecek kulit sapi untuk jenis masakan yang berkuah banyak. Ini disebabkan krecek berbahan dari kulit kerbau berukuran lebih tebal dan tidak mudah hancur saat direbus lama. Tetapi untuk resep sambal goreng krecek ini anda bisa menggunakan krecek kulit sapai sebagai bahan utamanya. Perhatikan kondisi kacang tolo agar lebih cepat matang maka terlebih dahulu direndam dalam air dingin selama beberapa jam, cuci dengan bersih lalu direbus hingga lunak. Selain menggunakan kacang tolo, anda juga bisa menggunakan kacang merah segar. Jadikan sambal goreng krecek kacang tolo sebagai menu pendamping kala anda sedang menikmati nasi gudeg, nasi liwet, nasi kuning atau nasi putih hangat. Nasi uduk atau nasi tumpeng bisa juga dipadankan seperti resep sambal goreng kentang.

Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo

Bahan utama yang harus disediakan adalah :

  • 150 gram krecek dipotong kecil-kecil
  • 500 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 200 gram udang kupas
  • 75 gram kacang tolo direndam lalu rebus hingga empuk
  • 1 sdt Royco Kaldu Ayam
  • 1 sdt gula merah sisir
  • 2 cm lengkuas memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 sdm minyak goreng untuk menumis

Bagaimana cara membuatnya ?

1/ Tumis bumbu halus, lengkuas dan daun salam hingga mengeluarkan aroma wangi.

2/ Tambahkan udang lalu aduk-aduk sampai udang berubah warna yang artinya sudah matang.

3/ Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk hingga mendidih.

4/ Masukkan kacang tolo, krecek, Royco Kaldu Ayam dan gula merah. Masak hingga semua bahan matang dan kuahnya berkurang. Angkat dan sajikan. Untuk 3 porsi.

Selamat mencoba membuat di rumah.

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel