Sarapan Sehat dengan Granola Bagus untuk Ibu Hamil dan Menyusui

20 Jul 2022 10:26 1416 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sarapan Sehat Dengan Granola Bagus Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

 

Granola adalah salah satu jenis makanan yang banyak mengandung gizi. Kandungan gizi yang ada dalam granola merupakan gabungan dari berbagai zat gizi penting. Di dalamnya terdapat mineral, serat dan vitamin. Kandungan serat yang ada di dalam granola jumlahnya sangat banyak yaitu sekitar 30 persen serat dari kecukupan serat yang dibutuhkan oleh tubuh setiap 100 gram granola. Juga terkandung beberapa jenis vitamin seperti vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K dan beberapa vitamin B kompleks. Untuk vitamin B kompleks yang ada dalam granola adalah dari jenis asam folat, asam pantotenat, niasin, riboflavin hingga vitamin B6. Granola juga mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, mangan, natrium, potasium selenium, seng dan tembaga. Dilengkapi juga dengan zat gizi mikro seperti lemak, karbohidrat dan protein dalam jumlah besar di setiap potongan granola.

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan zat gizi yang menyehatkan tubuh dalam granola menyebabkan granola cocok untuk dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil dan sedang menyusui. Dimana kandungan makanan di dalamnya menyumbangkan banyak manfaat bagi tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Berikut ini adalah beberapa manfaat granola bagi ibu-ibu menyusui. Silahkan menyimak penjelasan lengkap dari kami tersebut di bawah ini.

1/ Menyehatkan kandungan di Saat Masa Kehamilan

Manfaat granola bagi ibu-ibu menyusui yang pertama adalah menyehatkan kandungan di saat masa-masa kehamilan muda. Granola menjadi salah satu jenis makanan sehat bagi ibu-ibu hamil dan sedang menyusui karena pada umumnya mereka mempunyai nafsu makan yang dinamis dan tidak terkontrol. Maka dari itu, dengan rutin mengkonsumsi granola, mampu merangsang nafsu dan meningkatkan selera makan. Terutama untuk ibu-ibu hamil bisa secara langsung mendapatkan nutrisi dalam jumlah yang mencukupi untuk sang ibu dan juga janin. Asam folat yang ada di dalam granola adalah menjadi salah satu vitamin B kompleks yang penting untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan dan bayi ketika baru lahir.

2/ mengatur kadar tekanan darah

Manfaat yang kedua adalah untuk mengatur tekanan darah yang kurang terkontrol dengan baik. Granola bisa mengatur kadar tekanan darah yang sebelumnya kurang stabil menjadi kembali normal dan terkontrol. Hal ini dikarenakan di dalam granola terdapat kandungan mineral seperti kalium yang mempunyai fungsi khusus terhadap tekanan darah. Juga kandungan kalium mempunyai kontribusi dalam pelebaran pembuluh darah.

3/ Mengandung zat-zat yang dibutuhkan oleh ibu-ibu hamil

Seperti diketahui bahwa granola mempunyai banyak sekali kandungan zat yang menyehatkan. Mulai dari perpaduan kacang-kacangan hingga tanaman nabati. Kacang-kacangan dan juga gandum yang menjadi bagian penting dari granola menyimpan protein yang sangat besar dan inilah yang menguntungkan ibu-ibu hamil atau ibu-ibu menyusui yang tidak boleh mengonsumsi secara langsung protein hewani.

4/ Meningkatkan energi bagi ibu-ibu hamil

Selanjutnya adalah granola bermanfaat untuk menambah energi yang sangat dibutuhkan oleh ibu-ibu hamil dan juga yang sedang menyusui. Kondisinya hampir sama dengan banyak atlet yang rajin mengonsumsi granola setiap hari. Karena di dalam granola terdapat kandungan energi yang jumlahnya bisa untuk menyeimbangkan aktivitas fisik mereka sehari-hari. Cocok juga bagi anda yang mempunyai kebutuhan akan makanan dengan energi tinggi sekalipun anda bukanlah seorang atlet, ibu hamil atau ibu menyusui.

5/ Meningkatkan stamina ibu hamil dan menyusui

Manfaat yang terakhir adalah khusus untuk ibu-ibu hamil dan ibu-ibu menyusui yaitu bisa meningkatkan stamina serta memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan serat yang ada di dalam bahan-bahan granola serta didukung oleh kalsium dan zat besi mampu membantu sistem pencernaan menjadi lebih teratur serta menguatkan stamina bagi ibu hamil dan ibu menyusui.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel