Membuat Camilan Berbentuk Unik Khas Jawa, Resep Getuk Lindri Karamel

21 Jul 2022 11:13 1078 Hits 1 Comments Approved by Plimbi

Membuat Camilan Berbentuk Unik Khas Jawa : Resep Getuk Lindri Karamel

Sekali waktu jika anda sedang libur yaitu di hari sabtu atau minggu mencoba resep getuk lindri karamel untuk sajian nonton TV di rumah dengan keluarga. Kue ini juga bisa dibagi-bagikan buat tetangga dan tamu dadakan. Cita rasa camilan khas Jawa ini yang berbentuk unik mampu memberikan sensasi tersendiri apalagi jika dipadukan dengan Sari Wangi Milk Tea Caramel.

Seperti diketahui bahwa camilan khas Jawa ini sangat populer di Indonesia dan menjadi fvorit anak-anak sehingga sangat mudah dijumpai dijual di pasar-pasar tradisional, toko-toko kue dan warung kaki lima atau kantin di sekolah. Camilan khas dari Magelang di Jawa Tengah ini terbuat dari bahan utama yaitu berupa singkong kukus atau singkong direbus yang kemudian dihaluskan hingga membentuk adonan, barulah dicampur dengan bahan-bahan pelezat lainnya dan terakhir disajikan bersama dengan kelapa parut ditaburi dengan garam dan gula pasir. Konon getuk lindri ini pernah dijadikan sebagai pengganti nasi di masa-masa sulit oleh nenek moyang warga Magelang. Karena seperti diketahui bahwa bahan utamanya yaitu singkong adalah salah satu jenis pangan yang banyak ditemukan pada masa-masa sulit tersebut. Lindri dari keseluruhan nama camilan ini diambil dari nama cetakan kue ini yang bisa membentuk adonan menjadi seperti getuk yang unik tetapi menarik seperti rasanya.

Pada umumnya getuk lindri diberi pemanis dari gula pasir. Namun resep kami kali ini justru menyajikan dengan cara yang lain yaitu dengan tambahan Sari Wangi Milk Tea Caramel. Hasilnya adalah kue dengan cita rasa yang tak biasa, selanjutnya anda bebas membentuk getuk lindri ini sesuai dengan selera (tergantung dari cetakan yang digunakan). Bisa memakai cetakan cookies, cetakan puding atau hanya dengan tangan saja tanpa cetakan yaitu dipadatkan lalu dipotong-potong dalam ukuran sedang. Supaya lebih mengasyikkan maka sajikan getuk lindri bersama dengan segelas minuman segar dingin atau hangat seperti es teh manis, wedang ajhe atau wedang uwuh dan kopi.

Resep Getuk Lindri Karamel

Bahan utama membuat kue ini :

  • 500 gram singkong dikupas dan dicuci bersih
  • 100 gram gula pasir
  • 40 gram margarine
  • ½ butir kelapa muda diparut lalu kukus dan taburi dengan garam dan gula pasir secukupnya
  • 4 bungkus Sari Wangi Milk Tea Caramel

Bagaimana cara membuatnya ?

1/ Cuci bersih singkong yang telah dikupas lalu kukus hingga matang dan empuk yaitu sekitar 30 hingga 45 menit.

2/ Tumbuk singkong rebus hingga menjadi halus sambil dibuang serat-seratnya.

3/ Aduk-aduk singkong bersama dengan margarine dan garam hingga tercampur dengan merata.

4/ Adonan ditambahkan dengan Sari Wangi Milk Tea Caramel.

5/ Siapkan cetakan sesuai dengan selera, tiap adonan getuk dimasukkan ke dalam cetakan seperti cetakan puding mini atau dipadatkan lalu dipotong-potong ukuran sedang.

6/ Sajikan dengan taburan kelapa parut. Untuk 4 porsi.

Selamat mencoba di rumah.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tags Kuliner

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel