Manfaat Buah Plum untuk Pencernaan

25 Jul 2022 12:10 639 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sumber Serat Membantu Mengatur Sistem Pencernaan : Manfaat Buah Plum

Buah plum adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung sumber serat makanan bisa berfungsi membantu mengatur sistem pencernaan. Menurut studi penelitian pencernaan farmakologi dan terapi journal menjelaskan bahwa buah plum atau plum kering sangat efektif untuk mengobati pencernaan yang mengalami konstipasi jika dibandingkan dengan obat herbal lainnya. Daging buah plum mengandung mineral antara lain kalium, fluoride, fosfor, magnesium, besi, kalsium dan seng. Buah plum bisa memberikan serat makanan dan kalori rendah tanpa adanya lemak yang bisa membahayakan tubuh manusia.

Mengapa buah plum bermanfaat untuk pencernaan ?

1/ Bisa untuk meredakan sembelit

Buah plum diketahui bisa membantu menjaga sistem pencernaan tetap bergerak dengan lancar. Plum mempunyai banyak sorbitol dan gula alkohol yang berfungsi sebagai pencahar alami. Buah plum adalah salah satu obat tradisional untuk sembelit yang mengandung antioksidan dalam jumlah yang besar guna membantu menyumbangkan kesehatan terhadap keseluruhan kondisi tubuh khususnya dalam mengatasi sembelit.

2/ Bisa untuk memperlancar buang air besar

Buah plum mempunyai banyak serat yang ampuh untuk membantu pembentukan tinja tidak mengeras sehingga dapat memperlancar buang air besar. Di dalam daging buah plum ada zat pektin, fruktosa dan belerang yang berfungsi untuk membantu makanan bergerak dengan lancar ke dalam usus besar. Buah plum mempunyai banyak kandungan nutrisi yang bisa meningkatkan gerakan tinja menjadi lancar. Menurut National Eating Disorders Association menjelaskan bahwa ketergantungan pada makanan dengan efek pencahar dapat berakibat elektrolit dan mineral menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan ini akan menyebabkan kerusakan pada saraf dan otot usus besar. Ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi buah plum.

3/ Bisa untuk menurunkan risiko kanker usus besar

Makan buah plum dengan teratur dan rutin ampuh menurunkan resiko kanker usus besar. Menurut pendapat para ilmuwan di Texas A & M University menemukan bahwa di dalam buah plum terdapat kandungan nutrisi yang bisa berfungsi mengubah biokimia dalam usus besar. Maka dari itu dengan rutin mengkonsumsi buah plum setiap hari dapat membantu meningkatkan mikrobiota yaitu bakteri usus yang ada dalam usus besar yang memiliki kekuatan untuk membantu meningkatkan mikrobiota yaitu bakteri usus yang ada di usus besar guna menurunkan resiko kanker usus besar. Buah plum terkenal karena pencahar yang ringan bisa digunakan untuk membantu menjaga pencernaan tetap teratur dan bisa untuk menurunkan resiko kanker usus besar dengan kandungan serat makanan dan polifenol dalam jumlah besar.

4/ Banyak mengandung serat

Yang terakhir adalah buah plum mempunyai serat yang tidak larut tetapi mempunyai fungsi untuk memberikan makanan pada bakteri-bakteri ramah dalam saluran pencernaan. Serat yang terkandung dalam buah plum membantu mempertahankan jumlah bakteri ramah agar bertambah banyak. Bakteri ramah ini memegang peran protektif yang sangat penting untuk membunuh bakteri pathogen yaitu penyebab penyakit yang bisa mencegah pertahanan hidup pada saluran usus. Buah plum mengandung 3 gram serat dan sorbitol dimana jumlah serat tersebut hampir 10 persen dari yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari yaitu rata-rata 25 gram hingga 30 gram serat. Setengah dari serat tersebut adalah serat yang tidak mudah larut dimana ini akan membantu makanan bergerak dengan lancar melalui saluran pencernaan.

Makan buah plum disarankan jangan terlalu berlebihan karena bisa menambah berat badan yang tidak diinginkan. Disarnkan untuk makan 6 buah plum dalam sehari yang rata-rata mengandung 137 kalori dan 21,7 gram gula, jadi pastikan anda untuk tetap mengontrol porsi saat mengkonsumsi buah plum tersebut.

Semoga bermanfaat.

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel