Makanan Manis ini Ternyata Baik untuk Kesehatan

26 Jul 2022 13:35 1463 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Makanan Manis Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan, Biasa Sebagai Hidangan Penutup

 

Seperti diketahui bahwa makanan manis banyak digemari orang sepanjang masa yang biasanya berfungsi sebagai hidangan penutup seperti beragam olahan dari cokelat. Namun makanan manis yang dikonsumsi secara berlebihan sering mendapatkan reputasi buruk. Meskipun demikian, sebenarnya terdapat sejumlah manfaat makanan manis bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan dimakan dengan cara yang benar. Berikut di bawah ini kami berikan beberapa manfaat makanan manis bagi kesehatan tubuh. Silahkan menyimak penjelasan kami tersebut di bawah ini.

/ Sumber energi untuk tubuh

Tubuh membutuhkan satu jenis gula yang disebut dengan nama glukosa untuk energi. Glukosa adalah sumber nutrisi untuk otak dan juga sebagai sumber energi yang sangat penting untuk tubuh. Asam dan enzim di dalam tubuh akan memecah glukosa menjadi potongan-potongan kecil untuk selanjutnya diserap dalam usus. Darah dalam tubuh akan membawa glukosa ke semua sel-sel tubuh guna dimanfaatkan sebagai sumber energi. Sedangkan insulain akan membantu glukosa melekat dalam sel-sel darah dengan membuka sel-sel otot, lemak dan hati agar glukosa bisa masuk ke dalamnya dengan mudah. Karbohidrat, protein dan lemak menjadi sumber glukosa yang umum dikonsumsi oleh manusia. Glukosa bisa dijumpai secara alami dalam susu, sayuran dan buah-buahan segar. Seperti sebutir buah apel bermanfaat untuk penderita diabetes karena di dalamnya terkandung sumber glukosa yang aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sel-sel di dalam tubuh mengaplikasikan glukosa bersama dengan asam amino (senyawa penyusun protein) dan lemak menjadi energi. Energi inilah yang nantinya digunakan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Dimana tubuh akan menggunakan gula dan pati dari karbohidrat untuk memasok energi ke dalam otak lalu memberikan energi ke sel-sel di seluruh tubuh. Sisa-sisa glukosa akan disimpan dalam kumpulan kecil yang disebut glikogen terpusat di hati dan otot. Tubuh bisa menyimpan secukupnya glukosa sebagai bahan bakar yaitu sekitar satu hari.

2/ Memperbaiki mood

Kandungan gula di dalam tubuh yang jumlahnya seimbang bisa untuk memperbaiki suasana hati atau mood. Ini dikarenakan makan makanan manis bisa meningkatkan suasana hati karena berfungsi meringankan mood disforik karena memberikan lebih banyak energi. Pada saat mengkonsumsi makanan manis seperti cokelat rendah gula akan mendorong terjadinya peningkatan kadar serotonin di otak yang ampuh untuk mengurangi depresi. Serotonin menjadi neuro transmiter yang memiliki fungsi untuk menenangkan dan meningkatkan suasana hati. Makanan manis bisa meningkatkan produksi hormone dopamin dan mengaktifkan pleasure center pada otak. Proses ini dapat memperbaiki mood sehingga mencegah datangnya depresi. Tetapi jika mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan yang tinggi kandungan gula maka akan menyebabkan kesulitan berpikir jernih, merasa gugup dan cepat merasa lelah. Sementara kadar gula rendah bisa berkontribusi terhadap perubahan suasana hati yang meliputi kesulitan koordinasi, menjadi mudah bingung, sulit berkonsentrasi dan lekas marah.

3/ Menjaga kadar gula darah

Manfaat daripada cokelat putih atau cokelat hitam yang anda konsumsi sebanyak 3 ons sehari-hari ampuh untuk membantu meningkatkan produksi insulin. Resistensi insulin akan menurun secara signifikan setelah anda mengkonsumsi cokelat yang sedikit akan kandungan phytocemichal flavonoid selama 15 hari. Sedangkan makanan manis yang berasal dari madu atau minuman yang dicampur dengan madu mempunyai manfaat perlindungan yang kuat terhadap kondisi gula darah di dalam tubuh. Madu dianggap lebih bagus untuk sering dikonsumsi dibandingkan gula. Madu bisa menjadi sumber energi yang baik untuk tubuh. Dalam madu mengandung karbohidrat yang sangat mudah untuk diubah menjadi glukosa dan nantinya akan diserap sebagai sumber energi. Madu bisa memberikan bantuan untuk meningkatkan kesehatan jantung karena madu ampuh untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar lemak darah serta bisa mengatur detak jantung.

4/ Meningkatkan kemampuan berpikir

Glukosa adalah salah satu bahan bakar untuk otak agar otak bisa bekerja dengan optimal dan sehat. Sekaligus membantu kemampuan otak dalam berpikir secara terfokus dan jernih. Glukosa dapat meningkatkan memori, kemampuan mental dan mempertajam kecepatan dalam berpikir. Salah satu yang menjadi sumber glukosa adalah madu yang mempunyai sifat antioksidan yaitu memberi asupan nutrisi ke dalam sel-sel otak agar dapat terus berkembang guna meningkatkan kemampuan berpikir dan memori. Pada saat anda makan makanan manis maka sistem dopamine mesolimbik akan menjadi aktif. Dopamin adalah salah satu zat kimia di dalam otak yang dilepaskan oleh neuron dan memberikan sinyal bahwa suatu peristiwa yang terjadi di sekitar anda adalah positif. Dengan mengkonsumsi susu dan buah-buahan secara rutin akan membantu menjadikan sumber energi yang optimal untuk otak. Tetapi ingat selalu, jangan makan makanan manis secara berlebihan karena kalori tinggi yang nantinya akan terbentuk di dalam tubuh dapat menghambat konsentrasi. Cokelat hitam mempunyai sifat antioksidan yang kuat karena mengandung stimulant alami seperti kafein yang bisa membantu meningkatkan fokus dan berpikir.

Semoga bermanfaat.

 

 

Tags Kesehatan

About The Author

Utamii 67
Expert

Utamii

Suka membaca dan menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel