Software atau Perangkat Lunak

28 Jun 2022 13:15 267 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Software

Pernahkah Anda mendengar istilah software atau perangkat lunak? Pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian untuk mendengar isilah tersebut. Apalagi di jaman sekarang yang serba menggunakan komputer. Anda bisa menggunakan beberapa jenis perangkat tersebut untuk berbagai keperluan. Baik itu melakukan proses editing video atau foto, bermain game, dan masih banyak lagi lainnya.

Software adalah data yang diprogram, disimpan, diformat dengan digital dalam fungsi tertentu. Perangkat ini sendiri tidak memiliki bentuk fisik, anda bisa mengoprasikannya lewat komputer. Untuk pembuatannya perangkat ini memerlukan bahasa pemrograman yang ditulis oleh seorang pemrogram atau orang yang ahli akan bidang tersebut. Selanjutnya, perangkat tersebut dikomplikasikan memakai aplikasi kompiler agat dapat menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware atau perangkat keras. Yang dimaksud hardware atau perangkat keras disini adalah komputer. 

Kemudian perangkat lunak yang ada pada perangkat keras tersebut merupakan nyawa dari komputer itu tersendiri. Dengan begitu, tanpa menginstall sistem operasi tersebut komputer anda pun tidak bdapat dijalankan. Karena dengan software itulah yang merupakan suatu perintah program untuk menjalankan kebutuhan pada sebuah komputer. Ada beberapa fungsi software antara lain:

1. Software berfungsi sebagai dasar kebutuhan komputer agar dapat dioperasikan dengan baik.

2. Software memiliki fungsi dalam mengatur hardware atau perangkat keras yang ada pada komputer.

3. Software juga dapat digunakan sebagai penghubung antara beberapa software yang lain dengan hardware komputer

4. Software juga berfungsi sebagai penerjemah perintah pada softwae dan lain yang ada dalam bahasa mesin. Dengan begitu, hardware pada komputer pun bisa mengerti dan menerimannya dengan baik.

Selain fungsi pada software, software juga memiliki berbagai jenisnya yaitu

1. Sistem Operasi (Operatimg System)

     Perangkat lunak jenis ini digunakan untuk mengatur setiap perangkat keras yang sudah terhubung dengan CPU komputer. Selain itu, ia juga berfungsi dalam menerjemahkan aktivitas serta mengatur seluruh proses yang terjadi dan diperintahkan oleh user pada CPU.

2. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

     Jenis perangkat lunak yang satu ini adalah bahasa yang digunakan dalam pembuatan sebuah program. Jika ditelusuri berdasarkan contohnya, terdapat beberapa macam bahsa yang bisa anda ketahui. Seperti JAVA, PHP, HTML, C, C++, dan masih banyak lainnya. 

3. Program Aplikasi

     Program aplikasi disini merupakan sebuah perangkat lunak yang umumnya sudah banyak digunakan dalam menyelesaikan tugas tugas tertentu. Dalam hal ini software dapat berfungsi sesuai dengan tujuan pembuatannya. Salah satu contohnya adalah Excel, Microsoft Word, Calculator, dan yang lainnya. Setelah jenis software ada juga contoh software antara lain

1. Microsoft Office Word

      Software yang satu ini bisa anda gunakan untuk mengetik dan mengedit dokumen dalam sebuah tampilan kertas

2. Microsoft Office Power Point

      Yang digunakan untuk membuat sebuah presentase. Anda bisa menggunakannya untuk edit foto dan lainnnya

3. Microsoft Excel

      Tidak jauh berbeda dengan Microsoft Word perangakat ini digunakan untuk mengedit serta membuat sebuah dokumen dalam bentuk kolom

4. Mozilla Firefox

      Sebuah software yang anda dapat gunakan sebagai peramban web lintas platform bebas dengan sumber terbuka. Itulah contoh-contoh software. Demikian lah pembahasan kali ini tentang software

Tags

About The Author

Berlian Ramadhan 15
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel