Apa itu Teknologi VAR?

24 May 2022 19:15 212 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Teknologi VAR adalah teknologi yang sangat bermanfaat dalam dunia sepak bola

Dalam dunia sepak bola kita pasti tahu wasit. Wasit adalah pengatur pertandingan di lapangan. Wasit memiliki hak penuh selama pertandingan kepada seluruh pemain dan pelatih dan oficial sebuah tim.

Wasit tidak selamanya selalu tepat dalam mengambil keputusan, dikarenakan bisa jadi tidak terlihat jelas sebuah kejadian yang terjadi dilapangan. Lalu diciptakan lah VAR dalam dunia sepak bola.

VAR ini adalah asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat rekaman video instan dan headset sebagai alat komunikasi. VAR ini bertujuan untuk meminimalisasi faktor kesalahan manusia yang dapat menyebabkan pengaruh besar pada hasil pertandingan. International Football Association Board (IFAB), badan yang mengatur Laws of the Game, menyutujui uji coba pengunaan wasit video pada pertemuan bulan Juni 2016.

Uji coba langsung sistem VAR dimulai pada Agustus 2016 dalam sebuah pertandingan antara dua tim cadangan Major League Soccer. Wasit pertandingan ini, Ismail Elfath meninjau dua pelanggaran pada pertandingan ini dan setelah berkonsultasi dengan asisten wasit video Allen Chapman, memutuskan untuk memberikan kartu merah dan kuning dalam insiden tersebut.

Peninjauan menggunakan video diperkenalkan beberapa bulan kemudian dalam sebuah pertandingan persahabatan internasional antara Prancis dan Italia. A-League di Australia menjadi yang pertama dalam penerapan liga profesional pada 7 April 2017, saat Melbroune City menghadapi Adelaide United. Pertandingan ini berakhir tanpa menggunakan VAR .Intervensi VAR pertama kali dalam pertandingan profesional terjadi pada 8 April saat Wellington Phoenix menghadapi Sydney FC.

VAR mengidentifikasi tindakan handball ilegal di dalam kotak penalti dan memberikan tendangan penalti. Pertandingan berakhir imbang dengan skor 1-1. Major League Soccer di Amerika Serikat berencana memperkenalkan VAR di pertandingan kompetitif untuk musim 2017 setelah MLS All-Star Game 2017 pada 2 Agustus 2017. Bundesliga di Jerman berencana memperkenalkan sistem ini mulai musim 2017-18. Piala Dunia 2018 menjadi piala dunia pertama yang menggunakan VAR dan membuat rekor penalti terpecah menjadi 28, sehingga dalam laga antara Brasil melawan Kosta Rika dan Swedia melawan Swiss, penalti dibatalkan. Ada juga kritik mengenai teknologi VAR ini, Pada Piala Dunia Antarklub FIFA 2016 di Jepang, uji coba VAR pertama dalam sebuah kompetisi klub internasional, pelatih kepala Wasit Zinedine Zidan menyatakan sistem ini menyebabkan kebingungan, dan gelandang Luka Modric mengatakan bahwa dirinya tidak menyukai sistem ini.

Terdapat 4 jenis keputusan yang dapat dilakukan peninjauan ulang. Gol dan adanya pelanggaran dalam proses terjadinya, Keputusan pemberian tendangan penalti, Keputusan pemberian kartu merah (kartu kuning kedua tidak dapat ditinjau ulang), Kesalahan identitas saat memberikan kuning dan merah. Dan itulah teknologi VAR yang kini sangat dibutuhkan.

Tags

About The Author

Berlian Ramadhan 12
Novice

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel